7 Doa Hari Selasa Agar Terhindar dari Marabahaya dan Bencana, Semoga Dilindungi Allah!

Jika hari sebelumnya kamu telah mengamalkan doa hari Senin, maka ketika memasuki hari Selasa mari mengamalkan doa hari Selasa agar terhindar dari musibah dan marabahaya.

Meskipun musibah, bencana dan marabahaya adalah ketetapan yang berasal dari Allah SWT, namun sebagai manusia kita juga tetap bisa berikhtiar untuk menghindari hal buruk tersebut.

Doa menjadi salah satu kunci agar kita dapat terhindari dari berbagai hal buruk. Melalui doa, kamu meminta perlindungan dan berserah diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa doa hari Selasa tolak bala dalam Islam beserta artinya.

Baca juga: Bacaan Dzikir Setiap Hari Senin Sampai Minggu Lengkap dengan Artinya.

Kumpulan Doa Hari Selasa dalam Islam

doa hari selasa habib umar
Sumber: blog.evermos.com

1. Doa Selasa Pagi Islami

Bacaan doa hari Selasa berkah pertama adalah doa dari Putri Nabi Muhamamd SAW yakni sayidah Fatimah az-Zahra. Dikutip dari Shahifah al-Fathimiyyah berikut doa hari Selasa oleh Fatimah:

اللَهُمَّ اجْعَلْ غَفْلَةَ النَّاسِ لَنَا ذِكْراً ، وَاجْعَلْ ذِكْرَهُمْ لَنَا شُكْراً ، وَاجْعَلْ صَالِحَ مَا نَقُولَ بِأَلْسِنَتِنَا نِيَّةً فِي قُلُوبِنَا ، اللَّهُمَّ إِنَّ مَغْفِرَتِكَ أَوْسَعَ مِنْ ذُنُوبِنَا ، وَرَحْمَتِكَ أَرْجَى عِنْدَنَا مِنْ أَعْمَالِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَوَفِّقْنَا لِصَالِحِ الأَعْمَالِ ، وَالصَّوَابِ مِنَ الْفِعَالِ

Allahummaj-‘al ghaflatan naasi lanaa dzikra, waj’al dzikrahum lanaa syukra, waj’al shaaliha laa naquulu bialsinatinaa niyyatan fii quluubinaa, allahumma inna maghfirataka awsa’ min dzunuubinaa, warahmataka arjaa ‘indinaa min a’maalinaa, allahumma shali ‘alaa muhammadin wa aali muhammadin, wawaffiqnaa lishalihil a’maali wash-shawaabi minal fi’aal

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah lalainya manusia sebagai zikir bagi kami, dan jadikanlah zikir mereka sebagai syukur bagi kami dan jadikanlah kebaikan yang kami ucapkan memalui lisan kami sebagai niat dalam hati kami.

Yaa Allah, sesungguhnya ampunan-Mu lebih lebih luas daripada dosa kami dan rahmat-Mu lebih kamu harapkan dari amal kami. Ya Allah, sampaikan salat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya dan anugerahkanlah kami taufik supaya dapat mengerjakan amal dengan baik dan bertindak secara benar.”



Baca Juga: 7 Doa Hari Senin agar Mendapat Keberkahan dalam Kehidupan, Bacalah!

2. Doa Hari Selasa Habib Umar

Salah satu keutamaan dari membaca doa hari Selasa Islami adalah terhindar dari bala bencana. Untuk itu, berikut adalah bacaan doa hari Selasa tolak bala yang bisa Anda amalkan.

اللَّهُمَّ يَا كَافِيَ الْبَلَاءِ، اِكْفِنَا الْبَلَاءَ، قَبْلَ نُزُولِهِ مِنَ السَّمَاءِ

Allahumma ya kafiyal bala’ ikfinal bala’ qobla nuzulihi minas sama. (Bacalah sebanyak 7 kali)

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Kuasa untuk menyelamatkan hamba-Nya dari segala bala’ bencana, selamatkanlah kami dari bala bencana yg akan menimpa kami sebelum bala’ bencana itu turun dari langit.”

اللَّهُمَّ يَا عَالِمَ بِمَا يَنْزِلُ، إِكْفِنَا شَرَّ مَا يَنْزِلُ قَبْلَ أَنْ يَنْزِلَ حَتَّى لَا يَنْزِلَ

Allahumma ya aalima bima yanzil, ikfina syarra ma yanzil qobla an yanzil hatta laa yanzil.

Artinya: Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha mengetahui segala apa yg akan turun, selamatkanlah kami dari kejahatan yg akan turun, sehingga tidak turun. (Bacalah doa ini berulang 3 kali)

3. Bacaan Sholawat Hari Selasa

Agar lebih afdol, maka selain berdoa, kita juga bisa mengamalkan dzikir dengan bacaan seperti berikut ini.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma Solli ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wasohbihi wasalim.

Artinya: “Sholawat ke atas penghulu kami Muhammad dan pada keluarganya.”

Selain bacaan sholawat hari Selasa di atas, temukan sholawat lainnya disini: 10 Bacaan Sholawat Nabi Pendek Tapi Dahsyat dan Berkhasiat, Muslim Wajib Amalkan!

4. Doa Tolak Bala Hari Selasa

اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ، وَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ، وَ الْبُخْلِ وَ الْجُبْنِ، وَ ضَلَعِ الدَّيْنِ، وَ غَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udhu bika minal-hammi wal-hazan, wal-‘ajzi wal-kasal, wal-bukhli wal-jubn, wa dala’id-dayni wa ghalabatir-rijal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari kekikiran dan pengecutan, dari beban hutang dan tekanan manusia.” (HR. Bukhari)

Baca juga: 13 Doa Minta Rezeki yang Halal dan Penuh Berkah, Amalkan!

5. Doa di Pagi Hari Selasa 

Inilah doa Selasa pagi sebagai dzikir pembawa keberkahan dan keselamatan dunia akhirat.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji-Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku.

Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.” (HR. Bukhari)

6. Doa Hari Selasa Pagi untuk Menjemput Rezeki

Bacalah doa hari Selasa pagi Islami berikut ini sebelum bekerja dan menjemput rezeki.

اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا , وَ رِزْقًا طَيِّبًا , وَ عَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi’a, wa rizqan tayyiba, wa ‘amalan mutaqabbala.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang halal dan baik, serta amal perbuatan yang diterima oleh Allah. Kita bisa membacanya di pagi hari sebagai doa memohon keberkahan dan rejeki.

Baca Juga: 12 Doa Hari Rabu Penuh Berkah dan Rezeki Berlimpah, Amalkan di Waktu Sholat agar Mustajab!

Amalan Hari Selasa Agar Terhindar dari Bala

doa hari selasa
Sumber: blog.evermos.com

Kamu tentu tidak ingin mendapatkan bala atau musibah di hari Selasa. Meskipun musibah datang dari Allah SWT, namun kamu juga bisa berikhtiar untuk menghindarinya dengan amalan berikut:

1. Membaca Doa Setiap Selesai Sholat 

Amalan hari Selasa agar terhindar dari bala tentunya dengan mengamalkan doa-doa tolak bala di atas. Kamu bisa membacanya sebanyak 7 kali di pagi hari.

Selain itu, amalkan juga doa di atas setiap selesai sholat sembari berharap perlindungan Allah Swt.

2. Membaca Surat Al Mulk 

Selain membaca doa, amalkan juga surat Al Mulk di hari Selasa. Kamu bisa membacanya di pagi hari ketika hendak memulai aktivitas kerja, kuliah maupun sekolah.

Dengan membaca surat Al Mulk, menandakan bahwa kamu berserah diri kepada Allah SWT atas segala hal baik dan buruk yang bisa saja menimpamu di hari Selasa.

Demikianlah ulasan mengenai doa hari senin ini. Semoga dengan mengamalkan doa-doa di atas, hari Senin kamu selalu ceria dan penuh berkah!

Kamu juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa hari rabudoa hari kamisdoa hari jumatdoa hari sabtu, dan doa hari minggu.

Selain itu, jika kamu ingin mulai usaha sampingan berjualan online tanpa modal, kamu dapat kunjungi Evermos untuk memperoleh penawaran menarik.

Melalui platform Evermos, siapapun yang tertarik dengan berbisnis dapat menjalankan usaha tanpa modal dengan produk-produk lokal yang murah tapi berkualitas.

Menarik bukan? Yuk, klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis di Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)