6 Doa Hari Kamis dengan Segudang Keutamaannya, Baca dan Amalkan!

Kamis merupakan salah satu hari yang istimewa dan memiliki beberapa keutamaan dalam Islam. Oleh karenanya, Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa hari Kamis dan berpuasa sunnah salah satunya pada hari Kamis.

Namun, lebih dari sekedar hari yang istimewa, dalam Islam ternyata terdapat beberapa pesan yang ingin disampaikan untuk menyambut hari Kamis.

Lalu apa saja sebenarnya keutamaan yang ada pada hari Kamis beserta doanya? Simak ulasan pada artikel ini untuk tahu doa-doanya!

Baca juga: Bacaan Dzikir Setiap Hari Senin Sampai Minggu Lengkap dengan Artinya, Mudah untuk Diamalkan!

Keutamaan Hari Kamis Menurut Islam

1. Pencatatan Amal Ibadah Manusia

doa hari kamis
Sumber: shutterstock.com

Terdapat beberapa tuntunan yang menjelaskan tentang keutamaan hari Kamis. Seperti misalnya, dalam suatu hadits menyebut bahwa amal manusia masuk ke catatan Allah SWT di hari Senin dan Kamis.

Sehingga Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa sunnah di dua hari tersebut. Selain itu, beliau juga rutin mengamalkan ibadah puasa sunnah dan doa-doa tersebut.

Ini tertuang pada hadits riwayat dari Abu Hurairah RA yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.” (H.R. Shahih Muslim)



2. Terbukanya Pintu Surga

doa hari kamis
Sumber: google/bersosial

Mengutip dari situs Detik, keutamaan selanjutnya dari hari Kamis adalah dengan bukanya pintu surga pada hari Senin dan Kamis. Sehingga doa di hari Kamis, adalah waktu ketika Allah mengampuni dosa orang-orang Mukmin.

Namun, hanya orang yang menyekutukan Allah dan sedang bermusuhan yang tidak Allah SWT hapuskan dosa-dosanya.

Sebagaimana terdapat dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.

Lalu dikatakan, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Shahih Muslim).

Kumpulan Doa Hari Kamis Arab, Latin, dan Artinya

1. Doa Mustajab di Hari Kamis

doa hari kamis
Sumber: google/bersosial

Karena berbagai keutamaannya, maka Rasulullah SAW pun menganjurkan kita untuk membaca doa hari Kamis berkah. Untuk bacaan doa Kamis berkah, telah terangkum dalam kitab Shahifah Al-Fathimiyyah.

Kitab ini berisi kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah Muhammad SAW. Berikut bacaan doanya,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالْتُقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى ، وَالعَمَلَ بِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ قُوَّتِكَ لِضَعْفِنَا ، وَمِنْ غِنَاكَ لِفَقْرِنَا وَفَاقَتِنَا ، وَمِنْ حِلْمِكَ وَعِلْمِكَ لِجَهْلِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَأعِنَّا عَلَى شُكْرِكَ وَذِكْرِكَ ، وَطَاعَتِكَ وَعِبَادَتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allhumma innii as’aluka hudaa wattuqaa wal ‘afaafa wa ghinaa wal ‘amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as’aluka mon quwwatika lidha’finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa ‘ilmika li jahlinaa, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘aali muhammadin, wa a’innaa ‘alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa’atika wa ‘ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Tonton video manfaat doa hari Kamis di bawah ini:

2. Doa Hari Kamis Berkah Saat Pagi 

Melansir dari kitab Al Adzkar karya Imam An Nawawi, inilah doa pagi hari Kamis yang dianjurkan untuk kita panjatkan kepada Allah SWT,

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

3. Doa Hari Kamis Pagi Islami

Ketika menyambut pagi pada hari Kamis, Anda bisa melantunkan doa Kamis berkah. Berikut adalah doa di hari Kamis pagi lainnya yang bisa Anda panjatkan ketika hendak memulai aktivitas.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِيْ بُكُوْرِهَا

Allahumma baarik ummati fi bukurihaa.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Doa merupakan bentuk komunikasi utama manusia dengan Allah SWT. Anda mungkin pernah bertanya, mengapa tidak semua doa yang Anda panjatkan terkabul. Jika ingin tahu jawabannya, baca disini: 10 Alasan Mengapa Tidak Semua Doa yang Dipanjatkan Selalu Dikabulkan Allah.

4. Doa untuk Hari Kamis yang Berkah 

Selain membaca doa mustajab di hari Kamis, Anda juga dapat mengamalkan dzikir Kamis berikut.

سُبْحَانَ اللهَ اْلعَظِيْمَ وَبِحَمْدِهِ
Subhaanalloohal ‘azhiima wa bihamdih.
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang Maha Besar dan segala puji bagi-Nya.”

5. Doa Malam Kamis 

Setelah mengamalkan doa di pagi hari Kamis di atas, pada sore atau malamnya, Anda dapat mengamalkan doa di hari Kamis malam ini sebagai pelengkap.

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasibku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan ridha-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

6. Kata Doa Pagi Hari Kamis Berupa Dzikir

Selain doa-doa di atas, kita juga bisa berdzikir sepanjang hari Kamis agar kita mendapatkan amalam dan keistimewaan hari Kamis. Berikut beberapa dzikirnya.

Berikut adalah contoh dari doa pagi hari Kamis dalam Islam:

  • Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)
  • Laa ilaaha illallah (Tidak ada Tuhan selain Allah)
  • Astaghfirullah (Aku memohon ampun kepada Allah)
  • Allahu Akbar (Allah Maha Besar)
  • Subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya)
  • Ya Hayyu Ya Qayyum (Wahai Dzat yang Maha Hidup dan Maha Berdiri sendiri)
  • Bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi syai’un fil ardi wa la fis samaa’i wa huwas sami’ul ‘alim (Dengan menyebut nama Allah yang apabila disebut, tidak ada yang bisa mendatangkan mudarat di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)
  • Hasbunallah wa ni’mal wakil (Cukuplah Allah bagiku, dan Dia adalah sebaik-baik penolong)
  • Allahumma inni a’udhu bika min al-kasali wa su’il kibari (Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kemalasan dan kejelekan usia tua)
  • Allahumma inni as’alukal ‘afiyah (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan dan keselamatan dalam urusan dunia dan akhirat)

Demikianlah ulasan mengenai doa hari Kamis ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

Anda juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa sehari-hari, doa hari senin, doa hari Selasa, doa hari Rabu, doa hari jumat, doa hari sabtu, dan doa hari minggu.

Berikhtiar Mendapatkan Penghasilan dengan Bisnis Tanpa Modal

Sekian artikel mengenai doa hari Kamis ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Anda bisa membaca informasi menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

Selain berdoa, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki. Jangan khawatir, mari bergabung menjadi reseller Evermos untuk mendapat kesempatan memiliki bisnis online sendiri dengan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Caranya mudah, Anda cukup mendaftarkan diri menjadi reseller Evermos. Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga isa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos. Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi,untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha tapi Terkendala modal. Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal. Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, seperti bisnis tanpa modal, memiliki toko online sendiri, bertemu dengan supplier terpercaya, tidak perlu pusing memikirkan stok dan pengiriman barang, hingga berbagai manfaat lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)