Bacalah Doa Hari Kamis Ini, Keutamaannya Luar Biasa!

Hari kamis merupakan salah satu hari yang istimewa dan memiliki beberapa keutamaan dalam islam. Oleh karenanya, Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa hari kamis dan berpuasa senin kamis.

Namun, lebih dari sekedar hari yang istimewa, dalam Islam ternyata terdapat beberapa pesan yang ingin disampaikan untuk menyambut hari kamis.

Lantas, apa saja sebenarnya keutamaan yang ada pada hari kamis beserta doanya? Karenanya, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Keutamaan Hari Kamis

Pencatatan Amal Ibadah Manusia

doa hari kamis
Sumber: shutterstock.com

Terdapat beberapa tuntunan yang menjelaskan tentang keutamaan hari Kamis. Seperti misalnya dalam suatu hadist menyebut bahwa amal manusia masuk ke catatan Allah SWT di hari Senin dan Kamis.

Maka dari itu adanya anjuran dari Rasulullah SAW untuk melakukan puasa sunah di dua hari tersebut  Beliau juga rutin mengamalkan ibadah tersebut.

Hadist tersebut adalah Riwayat dari Abu Hurairah RA yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ.”

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (H.R. Shahih Muslim)

Terbukanya Pintu Surga

doa hari kamis
Sumber: google/bersosial

Keutamaan selanjutnya dari hari Kamis adalah dengan bukanya pintu surga pada hari Senin dan Kamis Adalah Allah mengampuni dosa orang-orang Mukmin. Kecuali orang yang menyekutukan Allah dan sedang bermusuhan.

Sebagaimana ada dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.”

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan,

 

‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Shahih Muslim).

Doa Mustajab di Hari Kamis

doa hari kamis
Sumber: google/bersosial

Karena berbagai keutamaannya, maka Rasulullah pun menganjurkan kita untuk membaca doa di hari kamis. Untuk bacaan doanya, terangkum dalam kitab ‘Shahifah Al-Fathimiyyah’.

Kitab ini berisi kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah Muhammad SAW.

Bacaan doa yang selalu dipanjatkan oleh Fatimah Az-Zahra setiap hari kamis adalah berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالْتُقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى ، وَالعَمَلَ بِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ قُوَّتِكَ لِضَعْفِنَا ، وَمِنْ غِنَاكَ لِفَقْرِنَا وَفَاقَتِنَا ، وَمِنْ حِلْمِكَ وَعِلْمِكَ لِجَهْلِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَأعِنَّا عَلَى شُكْرِكَ وَذِكْرِكَ ، وَطَاعَتِكَ وَعِبَادَتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

“Allhumma innii as’aluka hudaa wattuqaa wal ‘afaafa wa ghinaa wal ‘amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as’aluka mon quwwatika lidha’finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa ‘ilmika li jahlinaa, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘aali muhammadin, wa a’innaa ‘alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa’atika wa ‘ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin.”

Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Doa Pagi Hari Kamis

Melansir dari Kitab Al Adzkar karya Imam An Nawawi, inilah Doa Pagi Hari Kamis yang dianjurkan,

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.”

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa Hari Kamis Pagi Islami

“Allahumma baarik ummati fi bukurihaa”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Kata Doa Pagi Hari Kamis

  • “Hari ini hari Kamis. Jadikan senyum manis seperti madu. Orang tidak bosan. Buang semua rasa iri. Tanamkan semangat ingin maju, selalu berharap hidup sejahtera.
  • “Jika kegagalan hanya seperti hujan dan kesuksesan seperti sinar matahari, seharusnya kita berdua melihat pelangi yang indah. Selamat hari Kamis!”
  • “Tetap pada tujuan adalah harga tinggi yang harus dibayar. Jangan pernah menyerah karena tujuan kita yang sebenarnya adalah mengejar kehidupan ini. Selamat hari Kamis dan jangan lupa bersyukur.”
  • “Cinta yang bertahan akan kembali. Seperti pada hari Kamis, dia selalu pergi, tetapi dia kembali dan datang dengan sangat konsisten.”
  • “Mimpi. Percaya. Ulangi. Halo. Selamat pagi. Semoga kegiatan Kamismu berjalan lancar.”

Doa Mustajab Di Hari Kamis

Selain membaca doa mustajab di Hari Kamis, Anda juga dapat mengamalkan dzikir kamis berikut.

سُبْحَانَ اللهَ اْلعَظِيْمَ وَبِحَمْدِهِ
Subhaanalloohal ‘azhiima wa bihamdih.
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang Maha Besar dan segala puji bagi-Nya.”

Doa Hari Kamis Malam

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

“Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasibku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai dengan kemampuanku, aku berlindung dengan ridha-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku, maka ampuni dosa-dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Demikianlah ulasan mengenai doa hari kamis ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

Anda juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa sehari-hari, doa hari senin, doa hari Selasa, doa hari Rabu, doa hari jumat, doa hari sabtu, dan doa hari minggu.

Selain berdoa, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki.

Jangan khawatir, mari bergabung menjadi reseller Evermos untuk mendapat kesempatan memiliki bisnis online sendiri dengan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Caranya mudah, Anda hanya tinggal mendaftarkan diri menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga isa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai doa hari kamis ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×