10 Bacaan Sholawat Nabi Pendek Tapi Dahsyat dan Berkhasiat, Muslim Mari Amalkan!

Sholawat nabi pendek adalah doa atau pujian untuk Nabi sebagai salah satu ibadah kepada Allah SWT yang bacaannya cenderung lebih pendek dan mudah dilafalkan.

Dalam Al-Quran sendiri terdapat perintah langsung kepada umat Manusia untuk bersholawat yang tercantum dalam surah Al Ahzab ayat 33, yang bunyinya:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (Q.S 33:56). 

Bacaan sholawat Nabi ini dapat kita amalkan dimana saja dan kapan saja sembari berharap akan memperoleh keberkahan dan limpahan pahala dari Allah SWT.

Jika kamu sedang mencari bacaan sholawat pendek untuk diamalkan, mari simak di artikel ini!

Baca juga: 46 Doa Sehari-Hari Singkat Mudah Dihafal dan Diamalkan.

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Pendek

Lalu apa saja manfaat dan keutamaan yang akan kita dapatkan dengan bersholawat? Simak penjelasannya di bawah berikut.

  1. Mendapatkan sambutan sholawat dari Rasulullah SAW,
  2. Diampuni dosanya
  3. Menjadi sebab doa cepat terkabul
  4. Mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW
  5. Mengalirkan keberkahan hidup
  6. Mendapatkan pahala
  7. Penghidup di alam kubur
  8. Pembeda diri dari orang kafir dan munafik
  9. mendapatkan sholawat dari malaikat

Kumpulan Sholawat Nabi Pendek dan Artinya

Selain sholawat Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, ada juga macam-macam sholawat lainnya yang dapat dibaca. Berikut adalah sholawat yang pendek dan mudah untuk dihafalkan.



1. Bacaan Sholawat Nariyah yang Pendek 

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْ

Allahumma sholi sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa’iju wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi ‘adada kulli ma’luumin laka.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan, dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta member siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

2. Bacaan Sholawat Nuril Anwar

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُورِ الْأَنْوَارِ وَسِرِّ الْأَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ الْأَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ، سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقُدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرُبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ نِعَمِ اللَّهِ وَإِفْضَالِهِ

Allahumma shalli ‘alaa nuuril anwaari wasirril asraari, watiryaaqil aghyaari wamiftaahi baabil yasaari, sayyidina wamaulaana Muhammadinili muhtaari wa aalihil ath haari wa ash haabihil ahyaari ‘adada ni’amillaahi wa ifdhaalih.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad SAW. Yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan Karunia-Nya.”

3. Bacaan Sholawat Munjiyat

sholawat nabi pendek
Sumber: Dokumentasi Evermos

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il- ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahitunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal gaayaati min jamiss’il-khairaati fil-hyaati wa ba’da-mamaati.

Artinya: ”Ya Allah, Limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.”

4. Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Pendek

Terdapat banyak keutamaan dan khasiat dari sholawat Ibrahimiyah. Untuk mengamalkannya ikuti bacaan berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allohumma solli ‘alaa Muhammad, wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya :”Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaiaman Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

5. Bacaan Sholawat Fatih

Sholawat Fatih adalah salah satu sholawat nabi pendek tapi dahsyat dan sangat berkhasiat.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍنِ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْ رِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Baca juga: Kumpulan Tulisan Arab Sholawat Nabi Penyejuk Hati.

Bacaan Sholawat Nabi Pendek dan Artinya

Selain beberapa sholawat di atas, juga ada macam-macam sholawat pendek lainnya berikut ini:

6. Bacaan Sholawat Qad Dhaqat

Sholawat Qad Dhaqat merupakan salah satu sholawat pendek tapi dahsyat dan berkhasiat. Berikut bacaannya:

الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدِي يَا رَسُولَ اللَّهِ قَدْ ذَاقَتْ حِلاَوَةُ الدَّرْكَنِي

Ash-shalaatu wassalaamu’alaaika yaa Sayyidii yaa Rasulullah qad dhaqats hiilati adriknii.

Artinya: “Rahmat dan keselamatan semoga tetap atas engkau wahai penghulu kami, ya Rasulullah, habis daya upayaku, semoga engkau berkenan menolongku.”

7. Bacaan Sholawat Pendek Khawwash

Khawwash adalah pujian sholawat pendek kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaan sholawat paling pendek:

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Shallallaahu ‘alaa Muhammadin.

Artinya: “semoga Allah SWT memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW.”

Bacaan sholawat pendek tapi dahsyat ini jika sering dibaca, maka Anda akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW dan dilimpahkan segala keberkahan kepada Anda.

8. Bacaan Sholawat Adrikni yang Benar

Salah satu sholawat nabi pendek yang benar adalah sebagai berikut dan bacalah sholawat 3x agar hidup kamu lebih tertata:

الصَلاَةُ وَالسلامُ علَيْكَ يَاسَيِّدِيْ يَارَسْوْلَ اللهِ خُـــذْ بِيَدِيْ قَلَّتْ حِيْلَتِيْ أَدْرِكْنِيْ

Assholatu wassalamu ‘alaika yaa sayyidii Rasulallah, khudz biyadii qollat hiilatii adriknii.

Artinya: “Rahmat dan sejahtera semoga melimpah kepadamu, wahai junjunganku Rasulullah, peganglah tanganku, sedikit sekali upayaku, maka temukanlah aku.”

9. Bacaan Sholawat Nabi Pendek Jibril

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

10. Sholawat Nabi yang Pendek Ta’dzhimul Qiyam

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya.”

Baca juga: Amalkanlah 7 Shalawat Nabi ini Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah.

Cara Bershalawat Kepada Nabi Muhammad

sholawat Nabi pendek
Sumber: canva.com

Dari banyaknya sholawat pendek yang diajarkan Nabi di atas, tentu ada cara atau adab yang kita laksanakan ketika mengamalkannya. Berikut ini penjelasan cara bersholawat yang baik: 

  1. Membaca dengan rasa cinta dan ikhlas
  2. Membaca pada waktu yang mulia
  3. Membaca di tempat yang suci
  4. Membaca dalam keadaan berwudhu
  5. Membacanya dengan istiqomah

Demikianlah ulasan mengenai sholawat nabi pendek dan cemoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. Kamu bisa kunjungi blog Evermos jika ingin membaca informasi menarik lainnya.

Selain itu, apabila kamu ingin menerima penawaran mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal, kamu bisa mengunjungi Evermos.

Atau klik tombol di bawah ini untuk bergabung sebagai reseller Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)