Kultum : Shalawat Penghapus Dosa | Keutamaan Shalawat Nabi SAW

Keutamaan Shalawat Nabi – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan hari ke tiga belas. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Aisyah Farid BSA.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Shalawat Penghapus Dosa” yang menjelaskan bahwa sepatutnya sebagai umat Islam untuk senantiasa bershalawat, karena keutamaannya itu dapat menghapuskan dosa.

Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan lupa subscribe, ya!

Baca juga: Kultum : Bagaimana Cara Menjauhi Sifat Marah? | Dari Istighfar Hingga Menjaga Wudhu

Shalawat Penghapus Dosa 

Dikisahkan, sesungguhnya ada seorang laki-laki melihat wujud yang sangat buruk tidak enak dilihat. Maka kemudian, dia bertanya “Siapakah kamu?” Maka si buruk itu pun menjawab, saya ini adalah amalmu yang buruk.

Kemudian, laki-laki itu bertanya lagi bagaimana aku bisa selamat darimu? Maka dijawab oleh si buruk rupa tersebut Qala assalatu ala nabi muhammadin shalallahu’alaihi wassalam.

Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wassalam, sebagaimana dikatakan oleh Nabi kita Muhammad dalam sabdanya, dengan membaca shalawat kepadaku, Asalatu alaiya du ru al shirat. Shalawat kepadaku adalah cahaya di atas shirat.

Keutamaan Shalawat Nabi SAW 

Shalawat kepada Nabi Muhammad membuat kita mendapatkan cahaya di atas shirat. Kita tidak tahu bagaimana gambaran melintasi shirat, sebenarnya kita mengetahui bahwa di bawah jembatan shirat sudah siap makhluk dan ciptaan Allah yang akan melahap kita yang ada di api neraka.

Ternyata dari kegelapan api neraka itu dalam shalawat kita kepada Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wassalam, Allah menuntut kita dengan cahaya shalawat itu hingga kita insya Allah bisa selamat sampai ke pintu Surga-Nya Allah SWT.

Kalau ini ternyata kembali lagi yang menyelamatkan kita dari perbuatan dosa, menyelamatkan kita dari segala keburukan yaitu tidak lain tidak bukan adalah shalawat kepada Nabi kita Muhammad SAW.

Kehendaknya kita sebagai seorang mukmin yang beriman, mengaku bahwa kita adalah umat Nabi Muhammad SAW. Bagaimana jatah kita dengan shalawat kepada Nabi kita Muhammad SAW.

Dalam riwayat yang lain Nabi bersabda: “Barang siapa orang yang membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat delapan puluh kali. Allah akan mengampuni dosanya selama delapan puluh tahun.”

Ini shalawat yang dikenal dengan shalawat Yaumal Jumuah yang dibaca biasanya pada waktu Ashar.

Baca juga: Kultum : Ciri Ciri Orang Mukmin | Pengertian Seorang Mukmin

Bagaimana Shalawat Nabi yang di Baca Hari Jumat? 

Apa bunyi shalawatnya? Terus bagaimana kita diajarkan oleh para salafrosalihin diantaranya guru mulia kita Al Habib Umar, beliau mengatakan: “Shalawatnya allahuma sollisoli’ala sayyidina muhammadin ‘abdika warosulilan nabiyyil ummy wa’ala ‘alihi wasahbihi wassalam tajribah.” Yang bisa baca delapan puluh Alhamdulillah, kalau bisa dilebihkan syukur Alhamdulillah sampai seratus itu dibaca setiap hari Jumat.

Ternyata Nabi SAW dalam riwayat mengatakan: “Orang yang membaca shalawat kepadaku delapan puluh kali, maka baginya pahala, dihapuskan kesalahannya, dihapuskan dosanya selama delapan puluh tahun.” Masya Allah.

Terkadang umur yang membaca saja tidak sampai umur delapan puluh. Umur yang baca baru tiga puluh. Umur yang baca baru dua puluh, atau yang baca baru umur lima puluh. Subhanallah, ini daripada kemuliaan kepada Nabi kita Muhammad SAW.

Sekian kultum kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Sebagai pengingat untuk kita semua, mari senantiasa untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Shalawat yang kita panjatkan cukup untuk bertawasul kepada Allah, agar Allah berkenan mewujudkan harapan.

Ketika kita berdoa agar harapan dan hajat Rasulullah dikabulkan oleh Allah, sama artinya dengan mendoakan agar hajat kita juga dikabulkan oleh Allah.

Inilah sebabnya banyak ulama yang menyarankan kita membaca shalawat ketika kita memiliki keinginan atau harapan.

Silahkan share artikel kultum ini setiap harinya pada yang lain sebagai pengingat dalam suatu kebaikan.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

×