Kultum : Ciri Ciri Orang Mukmin | Pengertian Seorang Mukmin

Ciri Ciri Orang Mukmin — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke Delapan. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Rayk Manggala ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “hadist dan ciri ciri orang mukmin” yang bisa mengingatkan kita untuk selalu bersabar dan bersyukur.

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Apa Itu Mukmin

ciri ciri orang mukmin
Sumber: shutterstock.com

Mukmin adalah golongan orang yang beriman. seorang mukmin yang taat akan selalu menjalankan perintah agama. Hal ini menandakan bahwa seseorang telah memiliki penyerahan sepenuhnya kepada kehendak Allah dan memiliki iman di hatinya.

Kita mungkin sering mendengar kata muslim dan mukmin yang terlintas seperti sama.Namun, tahukah Anda bahwa kedua hal ini memiliki arti yang sangat berbeda.

Seorang mukmin sudah pasti seorang muslim, namun seorang muslim belum tentu menjadi mukmin.

Lantas, apa yang menjadi penanda bagi seorang muslim dan mukmin?

Muslim adalah seorang yang ada beragama islam, telah mendapat islam dan percaya ajaran-ajarannya.

Sedangkan Mukmin adalah seorang muslim yang lebih tinggi derajat keimanannya. Hatinya dipenuhi rasa takut akan Allah SWT  dan selalu mematuhi ajaran dalam Quran.

Ada pun sebuah dalil mengatakan bahwa rata-rata dari kita saat ini mengaku sebagai seorang mukmin. Padahal belum sampai sana perjalanan menjadi seorang mukmin adalah panjang.

“Ketika orang-orang Arab Badui itu berkata, ‘Kami telah beriman Katakanlah, ‘Kalian belum beriman, tapi katakanlah, ‘Kami telah berislam (tunduk)’, karena iman itu belum masuk ke dalam hati kalian. Dan jika kalian taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Hujurat: 14)

Baca Juga : Kultum : Doa Dijauhkan Dari Orang Dzolim dan Cara Menghadapinya

Pengertian Seorang Mukmin Adalah


التَّائِبُونَ الْعَابِدُونَ الْحَامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدُونَ الْآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَالْحَافِظُونَ لِحُدُودِ اللَّهِ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

“Mereka itu adalah orang-orang yang bertobat, beribadah, memuji (Allah), mengembara (demi ilmu dan agama), rukuk, sujud, menyuruh berbuat makruf dan mencegah dari yang mungkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang yang beriman..” (QS. At-Taubah: 112)

Ciri Ciri Orang Mukmin

ciri ciri orang mukmin
Sumber: shutterstock.com

Untuk menjelaskan ini, Ustadz Rayk Manggala pun menyebutkan sebuah hadist yang menjelaskan mengenai ciri ciri orang mukmin adalah sebagai berikut

Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999).

Jadi. semoga kita bisa menjadi manusia yang selalu beriman pada Allah SWT.

Adapun ketika dia ditimpa kesulitan dan kesukaran ia bersabar, sehingga ia bisa bersyukur ketika mendapatkan kesenangan setelah melalui berbagai kesukaran.

Inilah dua potensi besar yang nabi Muhammad yang nabi ajarkan pada umatnya. Semoga kita semua termasuk kepada hamba-hamba allah yang beriman.

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz Rayk Manggala mengenai Ciri Ciri Orang Mukmin ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita lancar dan selalu mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×