Inilah Bacaan Sholawat Jibril dan Artinya serta Keutamaannya | Amalkan!

Bacaan Sholawat Jibril – Sholawat Jibril adalah salah satu bacaan sholawat yang populer di kalangan umat Muslim. 

Sholawat ini dikenal karena mengandung doa yang sangat baik untuk menambah keimanan dan kebahagiaan dalam hidup.

Selain itu sholawat Jibril diambil dari kisah di mana Malaikat Jibril datang ke Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan beberapa doa kepada beliau. 

Doa-doanya kemudian disebut sebagai Sholawat Jibril. Sholawat ini memiliki banyak manfaat bagi mereka yang membacanya, antara lain untuk menghilangkan kesedihan, menambah keimanan, memohon keberkahan dalam hidup, dan banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang bacaan sholawat Jibril dan manfaat membacanya.

Apa Itu Bacaan Sholawat Jibril?

Bacaan Sholawat Jibril
Sumber: google.com/bersosial

Melansir dari gramedia.com, sholawat Jibril adalah salah satu sholawat nabi yang lebih pendek pendek. 

Sholawat ini diberi nama sholawat Jibril karena yang pertama melafalkan sholawat ini adalah malaikat Jibril ketika memberikan pengajaran pada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, sholawat Jibril merupakan salah satu jenis sholawat yang paling sering diamalkan oleh umat Muslim karena penuh makna dan singkat. 

Anda dapat membaca sholawat jibril di sela-sela aktivitas yang sedang dijalani sebanyak 1000x.



Pengertian lain dari sholawat Jibril adalah sebagai berikut:

Sholawat Jibril adalah doa yang diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Doa ini kemudian disebut sebagai Shalawat Jibril karena mengandung shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW serta kepada para malaikat yang dihormati dalam agama Islam, yaitu Malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil.

Sholawat Jibril merupakan salah satu bacaan shalawat yang populer di kalangan umat Muslim. 

Doa ini memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya, antara lain untuk menambah keimanan dan kebahagiaan dalam hidup, memohon keberkahan dalam hidup, dan menghilangkan kesedihan.

Bacaan Sholawat Jibril dan Artinya

Bacaan Sholawat Jibril
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah bacaan sholawat Jibril dan artinya yang bisa Anda baca dan amalkan:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى جِبْرِيلَ، وَمِيكَائِيلَ، وَإِسْرَافِيلَ، وَعَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، وَسَلِّمْ تَسْلِيمًا كَثِيرًا.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Jibril, Mika’il, Israfil, serta kepada Muhammad, keluarga dan sahabatnya, semoga limpahan shalawat yang melimpah tercurah kepada mereka.”

Dalam Islam, shalawat atau shalawat adalah doa yang ditujukan untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. 

Bacaan sholawat Jibril merupakan salah satu jenis sholawat yang paling disukai karena mengandung doa-doa yang sangat baik dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Kapan Bacaan Sholawat Jibril Dibaca?

Kemudian bacaan sholawat Jibril juga bisa dibaca di beberapa waktu sebagai berikut:

Sholawat Jibril sering dibaca dalam berbagai kegiatan keagamaan, seperti dalam sholat, dzikir, maupun saat berdoa secara pribadi. 

Selain itu, shalawat ini juga sering dibaca dalam acara-acara keagamaan atau kegiatan sosial yang diadakan oleh komunitas Muslim.

Dalam Islam, shalawat atau shalawat adalah doa yang ditujukan untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. 

Kemudian shalawat Jibril, ada banyak jenis shalawat lainnya yang diajarkan dalam agama Islam, seperti Shalawat Nariyah, Shalawat Badar, Shalawat Fatih, dan banyak lagi.

Secara keseluruhan, Sholawat Jibril merupakan doa yang sangat bermanfaat bagi kehidupan spiritual dan mental umat Muslim.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Bacaan Sholawat Jibril

Doa
Sumber: google.com/bersosial

Tak hanya itu, membaca sholawat Jibril juga memiliki beberapa manfaat dan keutamaan, yakni sebagai berikut.

Manfaat dari membaca Sholawat Jibril adalah meningkatkan keimanan dan kebahagiaan dalam hidup. 

Selain itu, sholawat ini juga dapat membantu menghilangkan kesedihan, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan mental. Banyak orang yang merasakan manfaat dari membaca sholawat ini secara teratur dan mengamalkannya sebagai bagian dari ibadah mereka.

Selanjutnya, membaca Sholawat Jibril juga dianggap sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada para malaikat yang dihormati dalam agama Islam. 

Dengan membaca sholawat ini, umat Muslim dapat menunjukkan rasa syukur dan penghargaan mereka terhadap keberadaan para malaikat yang merupakan utusan Allah SWT.

Sholawat Lainnya yang Harus Diamalkan agar Hidup Lebih Mudah

Bacaan Sholawat Jibril
Sumber: google.com/bersosial

Selain bacaan sholawat Jibril, ada juga beberapa sholawat lainnya yang bisa Anda baca agar hidup lebih tenang dan mudah.

1. Sholawat Ibrahimiyah

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan sholawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Dan berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

2. Sholawat Nariyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، وَسَلِّمْ تَسْلِيمًا كَثِيرًا، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، وَبَارِكْ وَسَلِّمْ تَسْلِيمًا كَثِيرًا

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, serta berikanlah keselamatan sebanyak-banyaknya kepada mereka. Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, serta berikanlah berkah dan keselamatan sebanyak-banyaknya kepada mereka.”

3. Sholawat Badar

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, serta kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad. Wahai Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, serta kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, serta kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, serta kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad.”

Selain sholawat-sholawat di atas, masih ada banyak lain yang bisa Anda baca dan amalkan. Demikianlah pembahasan tentang bacaan sholawat Jibril dan keutamaannya. Semoga bermanfaat!

Selain dengan membaca, sholat juga bisa hanya Anda dengarkan dan sudah pasti mendapat pahala. Dengarkan bacaan sholawat di bawah ini agar hidup Anda lebih tenang:


Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

MULAI JUALAN SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)