Home » Amalkanlah 7 Shalawat Nabi ini Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah

Amalkanlah 7 Shalawat Nabi ini Agar Mendapat Syafaat dari Rasulullah

by Siti Choerunnisa
0 comment

Membaca shalawat Nabi merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah sekaligus menjadi bentuk penghormatan kepada Rasulullah SAW.

Membaca shalawat Nabi bisa Anda jadikan amalan sehari-hari. Shalawat sendiri merupakan bentuk jamak dari kata shalat, yang berarti doa.

Jadi, ketika Anda membaca shalawat nabi, maka itu artinya Anda sedang memohon atau meminta doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW.

Namun ternyata melafalkan shalawat tidak hanya mendatangkan syafaat untuk Rasulullah, Nnamun juga bagi umat muslim yang membacakannya.

Anjuran bershalawat ini tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Shalawat kepada Nabi Muhammad biasanya dilakukan dengan melafalkan kalimat “Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.”

Namun ternyata terdapat sejumlah bacaan shalawat yang bisa diamalkan oleh umat muslim. Apa saja bacaan shalawat nabi yang bisa Anda amalkan? Langsung saja kita simak kumpulan shalawat nabi yang sering dilatunkan umat islam berikut ini.

7 Bacaan Shalawat Nabi yang Bisa Mendatangkan Syafaat

1. Shalawat Nariyah

Shalawat Nabi

Sumber: shutterstock.com

Yang pertama ada Shalawat nariyah, yakni shalawat nabi yang biasa kita dengar ketika sedang menunggu adzan magrib, atau sesudah  mengaji di Taman Pendidikan Alquran.

Shalawat Nariyah ini disusun oleh Syekh Nariyah yang hidup di zaman Rasulullah SAW. Berikut adalah bacaannya :

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Baca Juga : Kumpulan Doa Jumat Berkah dan Sunnah yang Sesuai dengan Anjuran Rasulullah

Keutamaan Shalawat Nariyah :

Jika kita rutin membacanya, maka keinginan dan segala urusan bisa dengan mudah dan cepat terkabulkan.

agar terhindar dari segala musibah dan malapetaka.

Menurut Imam al Qurthubi dengan membacxa sholawat ini, Allah akan melepaskan kedukaan, kebimbangan, dan kesusahan dan bisa terhindar dari segala malapetaka.

Membaca sholawat ini pun bisa Melancarkan rezeki dan membuka pintu kebajikan, Imam as-Sanusi mengatakan bahwa seakan-akan rezekinya turun langsung dari langit dan dikeluarkan oleh bumi.

Cara mendapatkan yang dicita-citakan ini adalah dengan membaca shalawat nariyah sebanyak 4444 kali maka insyaAllah akan terkabul dengan cepat.

Selanjutnya, Imam al Qurthubi mengatakan bahwa

“Barang siapa membaca shalawat ini (al-Nariyah/al-Tafjiriyah) 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan melapangkan kesulitannya, mengusir kesedihannya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya menurut kadar imannya, meninggikan derajat nya, membaguskan keadaannya, meluaskan rejekinya, membukakan pintu-pintu kebaikan, dan melindunginya dari kehacuran sepanjang tahun, menyelamatkan dari berbagai musibah kelaparan dan kemiskinan, dicintai oleh semua mahluk, dan dikabulkannya doa dari segala doa.”

Baca Juga : Tuai Pahala! Inilah 7 Amalan di Hari Jumat yang Sesuai dengan Anjuran Rasulullah

2. Shalawat Munjiyat

shalawat nabi

Sumber: google/bersosial

Sholawat Munjiyat ini memiliki arti sebagai ‘Sholawat Penyelamat’. Bacaan sholawat ini dianjurkan untuk dibaca sebagai dzikir setelah melaksanakan sholat hajat, serta dilafalkan pada awalan bacaan doa-doa, khususnya pada saat bacaan doa tahlil.

Berikut adalah bacaan shalawatnya:

‎اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.“

Keutamaan Shalawat Munjiyat :

Hasan bin ‘Ali al-Aswânî berkata bahwa:

 “Barangsiapa yang membaca shalawat ini dalam setiap perkara penting atau bencana sebanyak seribu kali, niscaya Allah akan melepaskan bencana itu darinya, dan menyampaikan apa yang diinginkannya, terkabul hajatnya.” Diriwayatkan juga dari Ibn al Fakihani, dari Syaikh al Shalih Musa al Darir, berkata bahwa suatu saat beliau pernah berlayar di sebuah laut. Tiba-tiba angin (angin taufan) telah melanda kapal yang beliau tumpangi.

Baca Juga : Bacakan Shalawat Ini Untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

3. Shalawat Fatih

shalawat nabi

sumber : unsplash.com

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi , wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzhim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Keutamaan Shalawat Fatih

Shalawat ini memiliki banyak keutamaannya yakni :

  1. menjadi pengampun dosa
  2. mendapat syafaat dari Rasulullah
  3. mendapat jalan keluar dari kesulitan
  4. mudah menangkap pelajaran
  5. melindungi diri dari gangguan jin
  6. mendapat rezeki yang luas.
  7. Mendapat anugerah kesabaran,
  8. terhindar diri dan keluarganya dari malapetaka.

Sholawat Nabi ini baik untuk dibaca kapan pun. Namun sebaiknya dibaca setelah sholat.

Saking istimewanya bacaan shalawat ini, Syekh Ahmad at Tijany pernah berkata

“Keistimewaan sholawat al-Fatih sangat sulit di terima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100.000x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca sholawat al-Fatih 1x.”

4. Shalawat Ibrahimiyah

shalawat nabi

sumber : google/bersosial

Sholawat Ibrahimiyah merupakan doa yang dipanjatkan untuk Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini biasanya dibaca selesai tahiyat akhir dalam sholat. Berikut adalah bacaannya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

5. Shalawat Nur Al Anwar

shalawat Nabi

Sumber: google/bersosial

‎اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُورِ الأَنْوَارِ. وَسِرِّ الأَسِرَارِ. وَتِرْيَاقِ الأَغْيَارِ. وَمِفْتَاحِ بَابِ الْنَسَارِ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ. وَآلِهِ الأَطْهَارِ. وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ. عَدَد نِعَمِ الله وَأِفْضَالِهِ

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya”.

Keutamaan Shalawat Nur Al-Anwar

Siapapun yang membaca shalawat ini maka akan mudah mendapatkan apa yang menjadi hajat, serta bisa menghilangkan problem yang sedang melanda.

Kita pun bisa terjaga dari godaan hawa nafsu, setan, dan musuh-musuh manusia lainnya. Istimewanya kita bertemu nabi dalam mimpi.

Sayyid Ahmad al Badwi juga mengatakan jika dibaca setiap selesai shalat fardhu, maka akan terhindar dari segala mara bahaya dan memperoleh rizki dengan mudah.

Jika dibaca 7 kali sebelum tidur, insya Allah akan terhindar dari sihir yang dilakukan orang jahat. Jika dibaca 100 kali sehari semalam, akan memperoleh cahaya Illahi, menolak bencana, mendapat rizki lahir batin.

6. Shalawat Matsurah

shalawat nabi

Sumber: google/bersosial

Bacaan Shalawat ini sering kita baca saat menunaikan ibadah sholat subuh, yakni terselip pada bacaan doa qunut. Berikut adalah bacaannya:

“Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihi wasallim.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

7. Shalawat Bani Hasyim

shalawat nabi

Sumber: google/bersosial

Allahumma shalli ‘alán-nabiyil Håsyimiyyi Muhammadin wa’ala alihi wa sallim tasliman.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah rumat serta salam kepada seorang nabi keturunan bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera”

Keutamaan Sholawat Bani Hasyim :

Shalawat ini sangat baik untuk Anda baca sebanyak-banyaknya, baik lisan atau di dalam hati. Saat kita berada dalam kesusahan atau ketika merasa takut.

Demikian ulasan mengenai 7 bacaan shalawat Nabi yang bisa mendatangkan syafaat.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadikan kita manusia yang selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Amalkan bacaan shalawat ini secara rutin, ya. Tidak hanya bisa dibacakan saat  maulid nabi saja. Kumpulan shalawat ini bisa dibacakan saat sebelum atau sesudah shalat fardhu. Selamat mengamalkan!

Untuk membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Related Posts