Tuai Pahala! Inilah 7 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

Sudahkah Anda mengetahui betapa istimewanya pada hari Jumat? Keutamaan hari Jumat terasa lebih istimewa dan luar biasa ketimbang hari lainnya. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim sudah sepatutnya menjalankan amalan di hari Jumat yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Nabi Muhammad SAW juga sangat memuliakan hari Jumat, begitu banyak hadis yang menjelaskan terkait hal itu.

Rasulullah bersabda: “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Dengan kita mengerjakan berbagai amalan sunnah Rasulullah, tentu saja balasannya adalah pahala. Bagaimana sudah siapkah untuk menuai pahala? Berikut amalan-amalan yang bisa kita kerjakan paa hari Jumat

Baca juga: Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

7 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah SAW 

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan di Hari Jumat
Sumber: pexels.com

Surat Al Kahfi merupakan salah satu Surat dalam Al Quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam ingin mengamalkan maupun membaca, bahkan yang ingin menghafalnya.

Rasullulah SAW menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari Jumat atau malam Jumat.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.” Hadits diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam al-Hakim.

2. Membaca Surat As-Sajadah dan Surat Al-Insan

Amalan di Hari Jumat
Sumber: pexels.com

Selain Surat Al-Kahfi, kita juga bisa membaca Surat As-Sajadah dan Al-Insan. Begitu pula Rasulullah SAW biasa membaca surat tersebut pada hari Jum’at.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Subuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua” (HR.Muslim nomor 880).

3. Memperbanyak Baca Shalawat Nabi

Amalan di Hari Jumat
Sumber: google/bersosial

Amalan lainnya yang bisa Anda lakukan pada hari Jumat adalah dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi. Tentu saja bershalawat kepada Nabi mempunyai keutamaan yang sangat istimewa seperti pada hadits Rasulullah di bawah ini.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Amalan bershalawat ini bisa kita mulai sejak Kamis petang hingga berakhirnya Jumat tengah malam.

4. Memperbanyak Berdoa dan Berdzikir

Amalan di Hari Jumat
Sumber: google/bersosial

Selain memperbanyak shalawat Nabi, alangkah baiknya kita memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai keutamaan hari Jumat. Sebab terdapat harapan yang mudah Allah kabulkan, bertepatan dengan waktu yang terijabah.

Meskipun kita tidak mengetahui waktu tersebut, yang jelas antara satu kali 24 jam pada hari Jumat. Sehingga alangkah baiknya kita selalu berdoa setiap waktu, untuk memperoleh waktu ijabah tersebut.

“Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.” (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).

Baca juga: Kumpulan Doa Jumat Berkah dan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah

5. Membersihkan diri pada Hari Jumat

Amalan di Hari Jumat
Sumber: google/bersosial

Seperti ibadah lainnya dalam islam, membersihkan diri  dengan semaksimal mungkin juga termasuk ibadah yang mulia.

Selain itu, kita juga juga melakukan sunnah untuk membersihkan anggota tubuh seperti mencukur rambut, menggunting kuku, serta mandi.

Imam Nawawi dan para ulama Syafiiyah rahimahumullah menegaskan bahwa dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat.

6. Memperbanyak Berbuat Baik

Amalan di Hari Jumat
Sumber: pexels.com

Berbuat baik memang harus kita lakukan tidak mengenal waktu. Akan tetapi, salah satu keistimewaan hari Jumat ialah akan Allah lipatgandakan pahala kebaikan sepuluh kali lipat ketimbang hari lain.  Hal ini berlaku bagi siapa saja yang melakukan perbuatan baik.

Masya Allah… Alangkah baiknya kita bisa berlomba-lomba dalam kebaikan, agar mendapatkan pahala yang berlipat. Tetapi perlu kita tahu juga bahwa selain kebaikan, jika kita berbuat hal keburukan pada hari Jumat pun akan Allah lipatgandakan dosanya. Naudzubillah himindzalik.

Syekh Abu Bakr bin Syatha pernah mengatakan:

“Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata, Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya).

7. Bersedekah

Amalan di Hari Jumat
Sumber: google/bersosial

Hari Jumat adalah hari yang paling utama ketimbang hari-hari yang lain. Pada hari Jumatlah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Baik dalam bentuk harta maupun bantuan.

Apalagi sedekah merupakan amalan yang sering ada dalam Al Quran dan Hadist. Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

Demikianlah informasi mengenai amalan yang bisa kita lakukan pada hari Jumat. Semoga Allah senantiasa meridhai apa yang telah kita kerjakan, dan membalas pahala sesuai dengan kehendak-Nya.

Selamat hari Jumat! Semoga kita selalu berada dalam lindungan-Nya dan keberkahan selalu mengiringi kita semua. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Boleh bagikan artikel ini untuk mengingatkan pada sesama, agar kita bisa menuai pahala yang Allah beri.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Jangan lewatkan pada situs blog Evermos.

 

 

×