Bacaan Doa Hari Sabtu Berkah dan Artinya yang Dianjurkan Rasulullah

Membaca doa sehari-hari memang sangat dianjurkan bagi seorang muslim, dan ternyata ada doa spesifik yang dapat kita baca dalam menyambut hari-hari tertentu, seperti doa hari Sabtu.

Hari Sabtu atau akhir pekan memang menjadi hari yang paling dinanti-nanti kebanyak orang. Apakah kamu salah satunya?

Untuk menyambut akhir pekan yang ceria, yuk amalkan doa hari Sabtu beserta dzikirnya agar harimu penuh keberkahan!

Kumpulan Doa Hari Sabtu dalam Islam dan Artinya 

Doa Hari Sabtu
Sumber: google/bersosial

Berikut ini adalah bacaan doa hari Sabtu dalam Islam beserta artinya yang dapat kamu amalkan di Sabtu pagi hingga malam.

1. Doa di Hari Sabtu Anjuran Rasulullah 

Rasulullah SAW selalu mengamalkan doa untuk memulai hari agar lebih berkah. Suatu hari beliau pernah mengajarkan putrinya, Siti Fatimah sebuah doa untuk memulai aktivitas. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا خَزَائِنَ رَحْمَتِكَ، وَهَبْ لَنَا رَحْمَةً لَا تُعَذِّبْنَا بَعْدَهَا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَارْزُقْنَا مِنْ فَضْلِكَ الْوَاسِعِ رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا، وَكَا تُهْوِيجْنَا وَلَا تُفْرِقْنَا إلَىٰ أَحَدٍ سِوَاكَ، وَزِقْنَا لَكَ شُكْرًا وَإلَيْكَ فَقْرًا وَفَاقَةً، وَبِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ غِنًى وَتَعَافُّفًا، اللَّهُمَّ وَسِّعْ عَلَيْنَا فِي الدُّنْيَا، اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ أَنْ تَزْوِيَ وَجْهَكَ عَنَّا فِي حَالٍ وَنَحْنُ نَرْغَبُ إلَيْكَ فِيهِ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَأَذِنَا لَا تُحِبُّ وَاجْعَلْهُ لَنَا قُوَّةً فِيمَا تُحِبُّ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma iftah lanaa khazaaina rahmatika, wa hablanaa rahmatan laa tu’adzdzibnaa ba’dahaa fid dunyaa wal aakhirah, warzuqnaa min fadhlikal waasi’i rizqan halaalan thayyiban, wa kaa tuhwijnaa walaa tufriqnaa ilaa ahadin siwaaka wa ziqnaa laka syukran wa ilaika faqran wa faaqah, wa bika ‘amman siwaaka ghinaa wa ta’affufan, Allhumma wassi’ ‘alainaa fid dunyaa, allhumma inna na’uudzu bika an tazwiya wajhaka ‘annaa fii haalin wa nahnu narghabu ilaika fiihi, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa aali muhammadin wa a’thinaa laa tuhibbu waj’alhu lanaa quwwatan fiimaa tuhibbu yaa arhamar raahimin.

Artinya : “Ya Allah, bukalah bagi kami khazanah rahmat-Mu. Karuniakan kami Rahmat yang setelah itu Engkau tak siksa kami di dunia maupun di akhirat. Berilah kami rizki yang halal dan baik dari keutamaanmu yang luas. Jangan buat kami butuh pada seorang pun selain-Mu. Tambahkan rasa syukur kami pada-Mu. Tingkatkan kebutuhan kami kepada-Mu. Dan buatlah kami tidak perlu pada selain-Mu. Ya Allah, luaskan rahmat-Mu bagi kami di dunia. Kami berlindung dari berpalingnya wajah-Mu pada kami. Sementara kami berharap kepada-Mu. Ya Allah sampaikan salawat kepada Nabi dan keluarganya. Berilah kami apa yang Engkau cintai. Jadikanlah pberian tersebut kekuatan kami atas apa yang Engkau cintai. Wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.”

2. Doa di Pagi Hari Sabtu 

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).



Baca juga: Bacaan Dzikir Setiap Hari Senin Sampai Minggu Lengkap dengan Artinya.

3. Doa Menyambut Hari Sabtu 

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالِي وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَنِي وَأَطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ وَأَحْسِنْ أَعْمَالِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

4. Doa Hari Sabtu Berkah 

اللهمَّ بارِكْ لي في يَوْمِ السَّبْتِ وَاجْعَلْهُ حَظِّي وَنَصِيبِي، وَاقْدِرْ لي مِنْ خَيْرِ ما فيهِ وَفِيهِ، وَاصْرِفْ عَنَّي شَرَّ ما فيهِ وَفِيهِ، وَاخْتِمْ لي بِالرِّضَا وَالقَبُولِ يا أرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma barik li fi yawmi as-sabt wa’j’alhu hazzi wa nasibi, waqdir li min khayri ma fihi wa fihi, wasrif ‘anni sharr ma fihi wa fihi, wa’khtim li bir-rida wal-qabooli ya arhamar-rahimin.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah hariku di hari Sabtu dan jadikanlah itu sebagai nasib dan pemberianku. Tetapkanlah untukku dalamnya segala kebaikan dan hindarkan dariku segala keburukan. Tutuplah hariku dengan keridhaan dan penerimaan-Mu, wahai Yang Maha Penyayang.”

Baca juga: Kumpulan Doa Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan.

Amalan Hari Sabtu dalam Islam

doa hari sabtu
Sumber: canva.com

Dalam rangka menyambut hari Sabtu yang ceria, tidak hanya doa-doa di atas yang dapat kamu amalkan. Berikut ini adalah beberapa amalan lainnya yang bisa kamu kerjakan di hari Sabtu.

1. Mengamalkan Dzikir Hari Sabtu 

Amalan tambahan pertama di hari Sabtu adalah membaca zikir harian Sabtu. Ketika menyambut hari Sabtu, kamu bisa bersuci dan duduk dengan tenang menghadap kiblat terlebih dahulu. Kemudian, amalkan bacaan dzikir berikut ini:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ

La ilaha illallah.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”

Bacalah dzikir di atas sebanyak 100 kali atau semampunya dengan penuh penghayatan.

  • Dengan mengamalkan dzikir di atas dan disertai dengan doa hari Sabtu, kamu dapat merasakan beberapa manfaat berikut ini:
  • Memiliki wajah yang bersinar pada hari Kiamat.
  • Diampuni segala dosa di masa lampau.
  • Terhindari dari siksaan api neraka.
  • Dihantarkan masuk ke Surga.

2. Membaca Surat yang Bagus Dibaca di Hari Sabtu

Setelah mengamalkan dzikir di atas, kamu juga bisa lanjutkan dengan bacaan surat hari Sabtu. Surat yang bagus dibaca di hari Sabtu yaitu surah Al-Falaq dan surah An-Nas.

Kedua surat Al-Quran ini dapat kamu amalkan ketika melaksanakan sholat wajib maupun sunnah di hari Sabtu. Misalnya, dengan membaca surat Al-Falaq di rakaat pertama, dan surat An-Nas di rakaat kedua.

Selain di waktu sholat, kamu juga bisa amalkan kedua surat tersebut di sela-sela waktu kosong di akhir pekan.

Itulah beberapa doa, dzikir, dan amalan lainnya yang dapat kamu kerjakan di hari Sabtu berkah. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa bermanfaat untuk kamu dalam rangka menyambut akhir pekan, ya!

Tak hanya hari Sabtu, kamu juga dapat amalkan doa hari-hari lainnya, mulai dari doa hari senindoa hari Selasadoa hari Rabudoa hari Kamisdoa hari Jumat, dan doa hari minggu.

Selain itu, jika kamu ingin mulai usaha sampingan berjualan online tanpa modal, kamu dapat kunjungi Evermos untuk memperoleh penawaran menarik.

Melalui platform Evermos, siapapun yang tertarik dengan berbisnis dapat menjalankan usaha tanpa modal dengan produk-produk lokal yang murah tapi berkualitas.

Menarik bukan? Yuk, klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis di Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)