Bacaan Doa Hari Sabtu yang Dianjurkan Oleh Rasulullah SAW

Assalamualaikum, selamat berakhir pekan dan beristirahat semuanya. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu membaca doa agar dilindungi oleh Allah SWT. Untuk itu, di hari Sabtu yang cerah ini yuk bersama-sama kita membaca doa hari sabtu yang dianjurkan oleh Rasulullah ini.

Doa di Hari Sabtu Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Doa Hari Sabtu
Sumber: google/bersosial

Putri Rasulullah SAW Adalah Siti Fatimah Az-Zahra. Siti Fatimah selalu diajarkan untuk melantunkan bacaan doa di setiap hari dalam aktivitasnya

Di hari Sabtu, Rasulullah SAW mengajarkan putrinya untuk membaca doa berikut ini :

Bacaan Doa Hari Sabtu Fatimah Az-Zahra

Allahumma iftah lanaa khazaaina rahmatika, wa hablanaa rahmatan laa tu’adzdzibnaa ba’dahaa fid dunyaa wal aakhirah, warzuqnaa min fadhlikal waasi’i rizqan halaalan thayyiban, wa kaa tuhwijnaa walaa tufriqnaa ilaa ahadin siwaaka wa ziqnaa laka syukran wa ilaika faqran wa faaqah, wa bika ‘amman siwaaka ghinaa wa ta’affufan,

Allhumma wassi’ ‘alainaa fid dunyaa, allhumma inna na’uudzu bika an tazwiya wajhaka ‘annaa fii haalin wa nahnu narghabu ilaika fiihi, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa aali muhammadin wa a’thinaa laa tuhibbu waj’alhu lanaa quwwatan fiimaa tuhibbu yaa arhamar raahimin.

Artinya : Ya Allah, bukalah bagi kami khazanah rahmat-Mu. Karuniakan kami Rahmat yang setelah itu Engkau tak siksa kami di dunia maupun di akhirat. Berilah kami rizki yang halal dan baik dari keutamaanmu yang luas. Jangan buat kami butuh pada seorang pun selain-Mu.

Tambahkan rasa syukur kami pada-Mu. Tingkatkan kebutuhan kami kepada-Mu. Dan buatlah kami tidak perlu pada selain-Mu. Ya Allah, luaskan rahmat-Mu bagi kami di dunia. Kami berlindung dari berpalingnya wajah-Mu pada kami. Sementara kami berharap kepada-Mu. Ya Allah sampaikan salawat kepada Nabi dan keluarganya. Berilah kami apa yang Engkau cintai. Jadikanlah pberian tersebut kekuatan kami atas apa yang Engkau cintai. Wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Selain dengan berdoa, tentu kita juga perlu melakukan ikhtiar dalam mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, mari berikhtiar bersama untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berlimpah dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Doa Hari Sabtu yang Sering Cucu Rasulullah SAW Bacakan

Doa Hari Sabtu
Sumber: shutterstock.com

Doa yang satu ini adalah bacaan dari Imam Ali Zainal Abidin, yaitu cucu Rasulullah yang merupakan putra Husain bin Ali. Bacaan doa ini ada dalam kitab Mafatihul Jinan karya Imam Ali Zainal Abidin.

Berikut adalah bacaan doanya :

بِسْمِ اللهِ الرَّحمنِ الرَّحِيمِ بِسْمِ اللهِ كَلِمَةِ الْمُعْتَصِمِيْنَ وَ مَقَالَةِ الْمُتَحَرِّزِيْنَ، وَ أَعُوذُ بِاللهِ تَعَالَى مِنْ جَوْرِ الْجَائِرِيْنَ، وَ كَيْدِ الْحَاسِدِيْنَ، وَ بَغْيِ الظَّالِمِيْنَ، وَأَحْمَدُهُ فَوْقَ حَمْدِ الْحَامِدِيْنَ اللَّهُمَّ أَنْتَ الْوَاحِدُ بِلاَ شَرِيْكٍ، وَالْمَلِكُ بِلاَ تَمْلِيْكٍ، لاَ تُضَادُّ فِي حُكْمِكَ، وَ لاَ تُنَازَعُ فِي مُلْكِكَ، أَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَ رَسُولِكَ، وَ أَنْ تُوْزِعَنِي مِنْ شُكْرِ نُعْمَاكَ مَا تَبْلُغُ بِي غَايَةَ رِضَاكَ، وَ أَنْ تُعِيْنَنِي عَلَى طَاعَتِكَ وَ لُزُوْمِ ‏عِبَادَتِكَ، وَاسْتِحْقَاقِ مَثُوْبَتِكَ بِلُطْفِ عِنَايَتِكَ، وَ تَرْحَمَنِي بِصَدِّي مَعَاصِيْكَ مَا أَحْيَيْتَنِي، وَ تُوَفِّقَنِي لِمَا يَنْفَعُنِي مَا أَبْقَيْتَنِي، وَ أَنْ تَشْرَحَ ‏بِكِتَابِكَ صَدْرِي، وَ تَحُطَّ بِتِلاَوَتِهِ وِزْرِي، وَ تَمْنَحَنِيَ السَّلاَمَةَ فِي دِيْنِي وَ نَفْسِي, وَلاَ تُوْحِشَ لِي أَهْلَ أُنْسِي وَ تُتِمَّ إِحْسَانَكَ فِيْمَا بَقِيَ مِنْ ‏عُمْرِي كَمَا أَحْسَنْتَ فِيْمَا مَضَى مِنْهُ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahim. Bismillahi kalimatil mu‘tashimina wa maqolatil mutaharrizin wa a‘uzu billahi ta‘ala min jauril ja-irina wa kaidil hasidana wa baghyidz dzalimina wa ahmaduhu fauqo hamdil hamidina. Allahumma antal wahidu bila syarikin wal maliku bila tamlikin la tudhoddu fi hukmika wa la tunaza‘u fi ‎mulkika. As-aluka an tushalliya ‘ala muhammadin ‘abdika wa rasulika wa an tuzi‘ani min syukri nu‘maka ma ‎tablughu bi ghayata ridhaka wa an tu‘inani ‘ala tho‘atika wa luzumi ‘ibadatika wastihqoqi matsubatika ‎biluthfi ‘inayatika wa tarhamani bishaddi ma‘ashika abadan ma ahyaitani wa tuwaffiqoni lima yanfa‘uni ‎ma abqaitani wa an tasyraha bikitabika shodri wa tahuththa bitilawatihi wizri wa tamnahaniyas ‎salamata fi dini wa nafsi wala tuhisya li ahla unsi wa tutimma ihsanaka fima baqiya min ‘umri kama ‎ahsanta fima madha minhu ya arhamarrohimin. ‎

Arti Bacaan Doa Hari Sabtu Islami

Artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah, kalimat orang-orang yang bepegang, dan ucapan mereka yang berlindung, dan aku berlindung kepada Allah Yang Maha Tinggi dari kejahatan mereka yang jahat, tipu-daya mereka yang dengki, dan kezaliman mereka yang zalim, dan aku memuji-Nya di atas mereka yang menyampaikan pujian.

Ya Allah, Engkau yang satu tanpa sekutu, raja tanpa ada yang berkuasa atas-Nya, tidak bisa ditentang hukum-Mu dan tidak bisa diruntuhkan kerajaan-Mu. Aku memohon kepada-Mu untuk Engkau curahkan salawat kepada Muhammad hamba dan rasul-Mu. Engkau ilhamkan kepadaku untuk mensyukuri karunia-Mu yang dengannya. Kau menyampaikanku kepada keridhaan-Mu, Engkau tolong aku untuk dapat mematuhi-Mu dan konsisten dalam pengabdian kepada-Mu sehingga berhak mendapatkan balasan-Mu dengan kelembutan pertolongan-Mu.

Kau sayangi aku dengan memalingkanku dari segala maksiat kepada-Mu selama Engkau hidupkan aku. Engkau mudahkan aku terhadap segala perkara yang berguna buatku selama Engkau kekalkan ak.  Engkau lapangkan dadaku dengan kitab-Mu. Kau gugurkan dosaku dengan pembacaannya, Engkau beri aku keselamatan di dalam ajaranku dan dalam diri

Engkau tidak jauhkan orang yang perhatian kepadaku dan Engkau sempurnakan kebaikan-Mu pada sisa usiaku sebagaimana Engkau telah berbuat baik pada usiaku yang telah berlalu, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

Doa Di Pagi Hari Sabtu

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Amalkan bacaan doa hari sabtu pagi berikut dan dapatkan keberkahan dalam rangkaian aktivitas.

Doa Hari Sabtu Berkah

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

Dzikir Hari Sabtu dan Amalan Hari Sabtu

Selain berdoa, kita juga perlu melengkapi ibadah kita salah satunya dengan mengamalkan zikir Sabtu ini?

Adapun beberapa adab atau noema etika yang harus Anda lakukan ketika hendak mengamalkan zikir tentang ketauhidan  adalah cara untuk mengamalkan zikir Sabtu:

1. Dzikir Hari Sabtu

  1. Bersuci, bisa dengan wudhu atau mandi.
  2. Tenang dan diam.
  3. Duduk di sebuah tempat yang suci.
  4. Zikir sambil menghadap kiblat.
  5. Menekankan kalimat zikir “La ilaha illallah” dengan khusyu’ dan penuh penghayatan.
  6. Abaikan segala entitas selain Allah, Tuhan Sahabat Muslim semua.
  7. Bacalah zikir sebanyak 100 kali atau semampunya.

2. Amalan Hari Sabtu

Agar hari Sabtu lebih produktif dan tetap menjalankan ibadah-ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT, Anda bisa mengamalkan beberapa amalam di hari Sabtu.

Beberapa amalan yang bisa Anda lakukan di hari Sabtu misalnya sholat dan doa Sabtu pagi islami, kemudian membaca Al-Quran, selanjutnya dialnjutkan dengan berdzikir dan bersholawat.

Dengan begitu hari Sabtu Anda akan lebih bermanfaat.

Manfaat Dzikir Hari Sabtu

Mengatakan “la illaha illa allah” sama halnya menegaskan keimanan Anda. Selain itu, mengucapkan kalimat dzikit ketauhidan juga memiliki banyak manfaat di sisi Allah ?

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa memotivasi Anda untuk berzikir “la illaha illa allah” dengan istiqomah.

1. Wajahnya Bersinar Pada Hari Kiamat

Jika Anda senantiasa mengamalkan zikir Sabtu ini, maka ketika hari akhir itu tiba, maka wajah Anda akan bersinar. Nabi Muhammad sendiri pernah mengatakan, bahwa siapapun umatnya yang zikir 100 kali dengan mengucapkan kalimat syahadat, maka wajahnya akan bersinar bagai bulan purnama saat hari kiamat.”

2. Diampuni Dari Segala Dosa

Jika Anda ingin segala dosa masa lalu digugurkan dan dimaafkan, maka amalkan dengan konsisten zikir hari Sabtu ini. Kalimat zikir Sabtu ini tidak hanya bisa menggugurkan dosa saat ini saja, namun juga Dosa di masa lalu dan di masa yang akan datang.

Rasulullah pernah berkata, siapapun umatnya yang mengucapkan kalimat syahadat ini, maka ia akan diampuni segala dosanya.

3. Aman Dari Siksaan Api Neraka

Mengamalkan zikir Sabtu juga bisa membantu Anda terhindar dari siksaan api neraka. Nabi Muhammad pernah berkata, bahwasannya siapapun umatnya yang selalu membasahi mulutnya dengan kalimat zikir, maka umat itu akan dilindungi oleh Nabi. Siapapun yang dilindungi oleh Nabi, maka ia tentu akan terlindungi pula dari siksaan neraka.

4. Dihantarkan Masuk Surga

Apabila Anda mau istiqomah mengucapkan kalimat zikir Sabtu ini dengan penuh keikhlasan dan kemurnian di dalam hatinya, maka amalan zikir ini bisa mengantarkan Anda untuk bisa masuk ke dalam surga-Nya.

Tidak Ditanya Tentang Dosanya di Akhirat

Mengamalkan zikir Sabtu juga bisa membuat Anda  terhindar dari pertanyaan mengenai dosa apa saja yang telah dilakukan selama di dunia. Sebagaimana disampaikan oleh Rasul dalam hadisnya :

“Barang siapa yang awal perkataannya laa ilaha illalloh dan akhir perkataannya laa ilaha illalloh dan melakukan seribu kesalahan (dosa kecil) dan jika dia hidup seribu tahun, maka Allah tidak akan menanyakan satu dosa pun”.

Banyak sekali bukan manfaat yang akan Sahabat Muslim dapatkan jika mau istiqomah mengamalkan Dzikir hari sabtu ini.

Demikianlah ulasan mengenai doa hari sabtu ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

Anda juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa sehari-haridoa hari senindoa hari Selasadoa hari Rabudoa hari Kamisdoa hari Jumat, dan doa hari minggu.

Selain berdoa, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki.

Jangan khawatir, mari bergabung menjadi reseller Evermos untuk mendapat kesempatan memiliki bisnis online sendiri dengan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Caranya mudah, Anda hanya tinggal mendaftarkan diri menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini dan langsung mulai berjualan.

YUK, GABUNG DISINI!

 

Sekian artikel mengenai doa hari sabtu ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×