Doa Hari Minggu Arab, Latin dan Artinya, Pahalanya Dahsyat!

Salah satu hari dalam satu minggu adalah hari Ahad atau hari Minggu. Hari tersebut merupakan hari pertama dalam hitungan hari dalam Islam. Hal yang perlu kita lakukan adalah membaca doa hari Minggu agar terhindar dari kejahatan dan kesyirikan.

Kata “Ahad” sendiri bermakna ‘satu’, karena dalam Islam hari Ahad sendiri merupakan hari pertama sebelum hari kedua yaitu hari Senin.

Kita sering menyebut hari Ahad sebagai hari weekend. Biasanya hari-hari ini orang-orang melakukan liburan dan rekreasi tempat-tempat liburan untuk menghilangkan stress setelah enam hari melakukan aktivitas yang menyibukkan dirinya.

Sebagai umat islam, hendaknya kita membaca doa setiap hari, termasuk doa khusus pada hari Ahad ini.

Simak penjelasan doa khusus untuk hari Minggu ini hingga tuntas ya!

Doa di Hari Minggu Pagi 

Doa Hari Minggu
Sumber: google/bersosial

Minggu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengawali aktivitas, khususnya aktivitas olahraga atau rekreasi setelah seminggu penuh bekerja.  Tentunya kita perlu awali dengan doa menyambut pagi.

Imam al-Qahtani dalam kitab Hisnul Muslim menyebutkan suatu doa yang pas untuk dibaca pada pagi hari, juga bisa dibaca pada Minggu pagi.

Berikut doa minggu pagi yang bisa kita panjatkan:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمَلَك لله، وَالْحَمْدُ لله، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ، رَبِّ أَسْأَلُك خير ما في هذا اليوم وخير ما بعده وأعوذ بك من شر ما في هذه الليلة وشر ما بعدها ربِّ أعوذ بك من الكسل وسوء الكبر، ربَّ أعوذ بك من عذابٍ في النار وعذاب في القبر.

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as’aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar robbi, a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

Doa Hari Minggu Agar Terhindar dari Kejahatan dan Kesyirikan

Doa Hari Minggu
Sumber: google/bersosial

Baca doa ini agar seseorang terhindar dari kesyirikan, kejahatan, dan melakukan dosa di hari tersebut. Berikut doa hari Ahad, yaitu sebagai berikut:

اللّهُمَّ إِنّي أَبْرَءُ إِلَيْكَ في يَوْمي هذا وَما بَعْدَهُ مِنَ الآحادِ، مِنَ الشِّرْكِ وَالْإلحْادِ ،وَأُخْلِصُ لَكَ دُعائي تَعَرُّضاً لِلْإجابَةِ، وَأُقيمُ عَلى طاعَتِكَ رَجآءً لِلْإثابَةِ

Allahumma inni Abrau ilaika fi yaumi hadza wa maa ba’dahu minal aahaad minasy syirki wal ilhad. Wa ahlishu laka du’ai ta’arrudhan lil ijaabah. Wa uqimu ala thaitika rajaan lil itsabah.

Artinya: “Ya Allah aku ingin membebaskan diriku dari syirik dan kejahatan pada hari ini dan hari-hari Ahad setelahnya dan aku ikhlas atas doaku tanpa mengharap untuk dikabulkan dan aku akan menegakkan taatku untuk berharap pahala dari-Mu.”

Itulah doa yang dapat kita baca pada hari Ahad atau Minggu, agar terhindar dari kesyirikan dan melakukan dosa di masa-masa weekend.

Doa Hari Minggu yang Dipanjatkan oleh Fatimah Az-Zahrah

Doa Hari Minggu
Sumber: google/bersosial

اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ يَوْمِي هَذَا فَلَاحاً ، وَآخِرَهُ نَجَاحاً ، وَأَوْسَطَهُ صَلَاحاً ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَاجْعَلْنَا مِمَّنْ أَنَابَ إِلَيْكَ فَقَبِّلْتَهُ ، وَتَوَكَّلْ عَلَيْكَ فَكَفَيْتَهُ ، وَتَضَرَّعَ إِلَيْكَ فَرَحِمْتَهُ

Allahummaj’al awwala yamii hadza falaaha, wa aakhirahu najaahaa, wa awsathahu shalaaha, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa aali muhammad, waj’alnaa mimman anaaba ilaika faqabbiltahu, watawakkal ‘alaika fakaffaitahu, wa tadharra’a ilaika farahimtahu.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah awal hariku ini sebagai kesuksesan dan akhirnya pun dipenuhi dengan keberhasilan serta pertengahannya diliputi dengan kebaikan. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan jadikanlah kami termasuk orang yang bertaubat kepada-Mu lalu Engkau menerima taubatnya dan orang yang bertawakkal kepada-Mu lalu Engkau melindunginya dan orang yang merendah di hadapan-Mu lalu Engkau mengasihaninya.”

Selalu Membaca Al-Qur’an Setiap Hari 

Doa Hari Minggu
Sumber: unsplash.com

Selain paparan doa di atas, umat Islam juga perlu untuk selalu membaca ayat Al-Qur’an setiap hari. Terutama setelah salat wajib lima waktu.

Membaca Al-Qur’an penting untuk kita lakukan, supaya kita hati yang tenang dan tentram.

Selain itu, keutamaan dari membaca Qur’an ini ini pun kita akan mendapatkan pahala yang banyak.

Sebagaimana Ibnu Mas’ud RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ حرفا من كتاب الله فله حسنة والحسنة بعشر أمثالها لا أقول الم حرف ولكن ألف حرف ولام حرف وميم حرف

Artinya: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi)

Demikianlah ulasan mengenai doa hari minggu ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

Anda juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa sehari-haridoa hari senindoa hari Selasadoa hari Rabudoa hari Kamisdoa hari Jumat, dan doa hari Sabtu.

Doa Hari Minggu Islam

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.” (QS. Ali Imran: 8).

Doa di Hari Minggu Agar Berkah

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri

Doa Hari Minggu Pagi

Allahumma finii bi halaalika ‘an haraami, wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah hamba mohon cukupkanlah kami dengan segala bentuk rezeki yang halal dan jauhkanlah kami rezeki yang haram. Selain itu, cukupkanlah juga aku dengan karunia-Mu dan bergantung hanya kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563)

Manfaat Membaca Doa Bagi Muslim

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dengan berdoa, kita telah melaksanakan perintah yang diberikan Allah.

Doa dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta sarana memohon pertolongan kepada Allah SWT.

2. Dapat Mengubah Takdir

Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, doa juga dipercaya dapat mengubah takdir.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW berikut.

“Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

3. Dikabulkan Keinginannya

Makna dari berdoa adalah meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Berdoa menjadi jembatan hubungan antara CiptaanNya dengan PenciptaNya.

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Quran di Surah Al Baqoroh, “Aku akan mengabulkan permintaan hambaku jika ia berdoa.”

4. Sebagai senjata orang beriman

Orang yang beriman tidak mudah tergoyahkan perasaannya karena suatu keadaan.

Dengan membacanya tentunya dapat menjadi senjata atau kekuatan bagi orang-orang yang beriman.

Manfaat dari berdoa juga dapat menjadi kekuatan bagi seorang mukmin untuk menempuh permasalahan yang dihadapinya.

Selain berdoa, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki.

Caranya mudah, Anda hanya tinggal mendaftarkan diri menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai doa hari minggu ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×