7 Bacaan Doa Hari Senin Pagi yang Islami dan Penuh Berkah

Pernahkah kamu menyambut hari Senin pagi dengan perasaan yang campur aduk? Rasanya ingin segera akhir pekan lagi untuk istirahat dan bersenang-senang. Nah, untuk menyambut Senin yang ceria, mari amalkan doa hari Senin yang Islami.

Islam memang menganjurkan kita untuk membaca doa setiap hari, bahkan ketika menyambut hari-hari tertentu. Sama halnya dengan hari Senin, ada bacaan khusus yang dapat kamu amalkan.

Senin adalah salah satu hari yang istimewa dalam Islam. Pada hari ini, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah. Karena itu juga hari Senin haruslah disambut dengan suka cita.

Agar awal pekanmu tak terasa berat, berikut bacaan doa hari Senin berkah beserta artinya.

Baca juga: Bacaan Dzikir Setiap Hari Senin Sampai Minggu Lengkap dengan Artinya.

Kumpulan Doa Hari Senin Islami dan Artinya

doa hari senin
Sumber: canva.com

1. Doa Hari Senin Pagi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي لَمْ يُشْهِدْ أَحَدًا حِيْنَ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَ اْلأَرْضَ, وَلاَ اتَّخَذَ مُعِيْنًا حِيْنَ بَرَأَ النَّسَمَاتِ, وَ لَمْ يُشَارَكْ فِي اْلإِلَهِيَّةِ وَ لَمْ يُظَاهَرْ فِي الْوَحْدَانِيَّةِ, كَلَّتِ اْلأَلْسُنُ عَنْ غَايَةِ صِفَتِهِ, وَ الْعُقُوْلُ عَنْ كُنْهِ مَعْرِفَتِهِ, وَ تَوَاضَعَتِ الْجَبَابِرَةُ لِهَيْبَتِهِ, وَ عَنَتِ الْوُجُوْهُ لِخَشْيَتِهِ, وَ انْقَادَ كُلُّ عَظِيْمٍ لِعَظَمَتِهِ

Bismillâhir rahmânir rahîm. Alhamdu lillâhil ladzî lam yusyhid ahadan hîna fatharas samâwâti wal ardh, wa lattakha dza mu‘înan hîna bara`an nasamât, wa lam yusyârak fil ilâ hiyyah, wa lam yuzhâhar fil wahdâniyyah, kallatil alsunu ‘an ghâyati shifatih, wal ‘uqûlu ‘an kunhi ma‘rifatih, wa tawâdha ‘atil jabâbiratu lihaibatih, wa ‘anatil wujûhu likhasyyatih, wanqâda kullu ‘azhîmin li‘azhamatih.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Segala puji kepunyaan Allah yang tidak mempersaksi kan kepada satu pun (makhluk-Nya) ketika Dia menciptakan seluruh langit dan bumi, dan tidak menjadikan pembantu ketika Dia sebarkan jiwa, Dia tidak disekutui dalam ketuhanan-Nya dan tidak dikalahkan dalam keesaan-Nya. Menjadi kelu segala lidah untuk mengungkapkan kedalaman sifat-Nya, menjadi lemah semua akal untuk memahami hakikat ma‘rifat-Nya, para penguasa kejam tunduk kepada kehebatan-Nya dan semua wajah menunduk karena takut kepada-Nya, dan semua yang dipertuan agung tunduk kepada kebesaran-Nya. Segala puji kepunyaan Allah dengan beruntun lagi terus menerus, dengan berturut-turut dan selamanya, shalawât Allah kepada Rasûl-Nya selama-lamanya dan salâm-Nya dengan terus-menerus tidak berkesudahan.”

2. Doa Hari Senin Berkah 

اللَّهُمَّ أَعِنِّي فِي كُلِّ يَوْمٍ مِنَ الْأَيَّامِ نِعْمَتَيْنِ، سَعَادَةً فِي أَوَّلِهِ بِذَاتِكَ، وَنِعْمَةً فِي آخِرِهِ بِمَغْفِرَتِكَ، يَا مَنْ هُوَ اللَّهُ وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ سِوَاهُ

Allaahumma aulinii fii kulli yaumitsnain ni‘mataini tsintain, sa‘aadatan fî awwalihi bithaa‘atik, wa ni‘matan fii aakhirihi bimaghfiratik, yaa man huwal ilaahu walaa yaghfirudz dzunuuba siwaah.

Artinya: “Ya Allah berikanlah padaku pada setiap hari Senin dua kenikmatan, yaitu keberuntungan pada awalnya dengan ketaatan kepada-Mu dan kenikmatan di akhirnya dengan ampunan-Mu, wahai yang Dia adalah Tuhan, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Dia.



3. Doa Hari Senin Agar Dapat Rezeki

فَلَكَ الْحَمْدُ مُتَوَاتِرًا مُتَّسِقًا وَ مُتَوَالِيًا مُسْتَوْسِقًا, وَ صَلَوَاتُهُ عَلَى رَسُولِهِ أَبَدًا وَ سَلاَمُهُ دَائِمًا سَرْمَدًا. اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ يَوْمِي هَذَا صَلاَحًا, وَ أَوْسَطَهُ فَلاَحًا, وَ آخِرَهُ نَجَاحًا. وَ أَعُوذُ بِكَ مِنْ يَوْمٍ أَوَّلُهُ فَزَعٌ, وَ أَوْسَطُهُ جَزَعٌ, وَ آخِرَهُ وَجَعٌ

Falakal hamdu mutawaatiran muttasiqan wa mutawaaliyan mustausiqaa, wa shalawaatuhu ‘alaa rasuulihi abadan wa salaamuhu daa`iman sarmadâ. Allahummaj‘al awwala yaumii hâdzaa shalaahaa, wa ausathahu falâhâ, wa ãkhirahu najâhâ, wa a‘ûdzu bika min yaumin awwaluhu faza‘, wa ausathahu jaza‘, wa ãkhiruhu waja‘.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah permulaan hariku kemaslahatan, pertengahannya keberhasilan dan akhirnya keberuntungan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari hari yang awalnya ketakutan, pertengahannya kegelisahan dan akhirnya kesakitan.”

4. Doa Hari Senin yang Panjang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ لِكُلِّ نَذْرٍ نَذَرْتُهُ, وَ كُلِّ وَعْدٍ وَعَدْتُهُ, وَ كُلِّ عَهْدٍ عَاهَدْتُهُ ثُمَّ لَمْ أَفِ بِهِ. وَ أَسْأَلُكَ فِي مَظَالِمِ عِبَادِكَ عِنْدِي, فَأَيُّمَا عَبْدٍ مِنْ عَبِيْدِكَ أَوْ أَمَةٍ مِنْ إِمَائِكَ, كَانَتْ لَهُ قِبَلِي مَظْلِمَةٌ ظَلَمْتُهَا إِيَّاهُ فِي نَفْسِهِ أَوْ فِي عِرْضِهِ أَوْ فِي مَالِهِ أَوْ فِي أَهْلِهِ وَ وَلَدِهِ, أَوْ غِيْبَةٌ اِغْتَبْتُهُ بِهَا, أَوْ تَحَامُلٌ عَلَيْهِ بِمَيْلٍ أَوْ هَوًى أَوْ أَنَفَةٍ أَوْ حَمِيَّةٍ أَوْ رِيَاءٍ أَوْ عَصَبِيَّةٍ, غَائِبًا كَانَ أَوْ شَاهِدًا, وَ حَيًّا كَانَ أَوْ مَيِّتًا, فَقَصُرَتْ يَدِي وَ ضَاقَ وُسْعِي عَنْ رَدِّهَا إِلَيْهِ وَ التَّحَلُّلِ مِنْهُ

Allahumma innî astaghfiruka lukulli nadzrin nadzartuh, wa kulli wa‘din wa‘adtuh, wa kulli ‘ahdin ‘âhadtuhu tsumma lam afi bih. Wa as`aluka fi mazhâlimi ‘ibâdika ‘indî, fa`ayyumâ ‘abdin min ‘abîdika au amatin min imâ`ik, kânat lahu qibalî mazhlimatun zhalamtuhâ iyyâhu fî nafsihi au fî ‘irdhihi au fî mâlihi au fî ahlihi wa waladih, au ghîbatun ightabtuhu bihâ, au tahâmulum ‘alaihi bimailin au hawan au anafatin au hamiyyatin au riyâ`in au ‘ashabiyyah, ghâ`iban kâna au syâhidâ, wa hayyan kâna au mayyitâ, faqashurat yadî wa dhâqa wus‘î ‘an raddihâ ilaihi wat tahalluli minh.

Artinya: “Ya Allah aku memohon ampun untuk setiap nadzar yang kuikrarkan, setiap janji yang kuucapkan dan setiap akad yang kuikatkan, kemudian aku tidak menyempurnakannya. Dan aku memohon kepada-Mu tentang kezalimanku kepada hamba-hamba-Mu, hamba yang mana saja yang baginya ada kezalîmân dariku, baik lelaki maupun perempuan yang telah kuzalimi pada dirinya, pada kehormatannya, pada hartanya, pada keluarganya atau anaknya, atau umpatan yang telah kuumpatkan dengannya, atau berupa penekanan atasnya dengan tindakan memalingkan, hawa nafsu, kekasaran, kesombongan, pamer atau karena rasa kesukuan, baik di belakang ataupun dihadapan, baik masih hidup ataupun telah mati, kemudian tanganku ini terasa pendek dan dadaku terasa sempit untuk mengembalikannya kepadanya atau meminta penghalalan darinya.”

5. Doa Pendek Hari Senin

 فَأَسْأَلُكَ يَا مَنْ يَمِْلكُ الْحَاجَاتِ, وَ هِيَ مُسْتَجِيْبَةٌ لِمَشِيْئَتِهِ, وَ مُسْرِعَةٌ إِلَى إِرَادَتِهِ, أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ, وَ أَنْ تُرْضِيَهُ عَنِّي بِمَا شِئْتَ, وَتَهَبَ لِي مِنْ عِنْدِكَ رَحْمَةً إِنَّهُ لاَ تَنْقُصُكَ الْمَغْفِرَةُ, وَ لاَ تَضُرُّكَ الْمَوْهِبَةُ, يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Fa as`aluka yâ man yamlikul hâjât, wa hiya mustajîbatun limasyî`atih, wa musri‘atun ilâ irâdatih, an tushalliya ‘alâ muhammadin wa ãli muhammad. Wa an turdhiyahu ‘annî bimâ syi`t, wa tahaba lî min ‘indika rahmatan innahu lâ tanqushukal maghfirah, walâ tadhurrukal mauhibah, yâ arhamar râhimîn.

Artinya: “Maka aku mohon kepada-Mu wahai Tuhan yang memiliki segala hajat dan hajat-hajat itu dikabulkan. Karena kehendak-Nya dan segera kepada irâdah-Nya. Engkau curahkan shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Dan Engkau jadikan orang itu rela kepadaku dengan apa yang Engkau kehendaki, dan Engkau berikan kepadaku kasih dari sisi-Mu. Sungguh pengampunan itu tidak akan mengurangi kemuliaan-Mu. Dan pemberian itu tidak akan menjadi madarat buat-Mu, wahai yang maha pengasih dari semua yang mengasihi.”

Doa dan amalan hari senin ini dapat dipanjatkan ketika pagi hari, siang hari, atau pada malam sebelum hari senin.

6. Doa Malam Senin Berkah

اللَّهُمَّ أَوْلِنِي فِي كُلِّ يَوْمِ اثْنَيْنِ نِعْمَتَيْنِ ثِنْتَيْنِ, سَعَادَةًً فِي أَوَّلِهِ بِطَاعَتِكَ, وَ نِعْمَةً فِي آخِرِهِ بِمَغْفِرَتِكَ, يَا مَنْ هُوَ اْلإِلَهُ وَ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ سِوَاهُ

Allâhumma aulinî fî kulli yaumitsnain ni‘mataini tsintain, sa‘âdatan fî awwalihi bithâ‘atik, wa ni‘matan fî ãkhirihi bimaghfiratik. Yâ man huwal ilâhu walâ yaghfirudz dzunûba siwâh.

Artinya: “Ya Allah berikanlah padaku pada setiap hari Senin dua kenikmatan, yaitu keberuntungan pada awalnya dengan ketaatan kepada-MU. Dan kenikmatan di akhirnya dengan ampunan-Mu, wahai yang Dia adalah Tuhan, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Dia.”

7. Doa di Hari Senin Pagi Hingga Sore 

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Allahumma bika amsainaa, wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir.

Artinya: “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Baca juga: Doa Upacara Hari Senin Secara Singkat dan Artinya, Kamu Wajib Tahu!

Amalan Hari Senin yang Dianjurkan dalam Islam

doa hari senin
Sumber: canva.com

1. Melaksanakan Puasa Sunnah 

Sebagai seorang muslim, kamu mungkin tak asing dengan amalan sunnah puasa Senin dan Kamis yeng penuh keistimewaan. Amalan puasa Senin ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW loh.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa”. 

2. Memperbanyak Bersedekah 

Sama seperti ganjaran berpuasa pada hari Senin, dengan memperbanyak sedekah di hari ini maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa seorang muslim.

Sehingga, untuk menyambut hari Senin penuh berkah, mari sedekahkan hartamu kepada orang yang membutuhkan.

Bacaan Dzikir Hari Senin dan Artinya

Tak hanya berdoa, kita juga dianjurkan untuk mengamalkan dzikir setiap hari termasuk hari Senin. Di bawah ini adalah doa hari yang bisa dipanjatkan di hari Senin dalam bentuk video:

Demikianlah ulasan mengenai doa hari senin ini. Semoga dengan mengamalkan doa-doa di atas, hari Senin kamu selalu ceria dan penuh berkah!

Kamu juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa hari rabu, doa hari kamis, doa hari jumat, doa hari sabtu, dan doa hari minggu.

Selain itu, jika kamu ingin mulai usaha sampingan berjualan online tanpa modal, kamu dapat kunjungi Evermos untuk memperoleh penawaran menarik.

Melalui platform Evermos, siapapun yang tertarik dengan berbisnis dapat menjalankan usaha tanpa modal dengan produk-produk lokal yang murah tapi berkualitas.

Menarik bukan? Yuk, klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis di Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)