Doa Hari Jumat Lengkap Datangkan Rezeki dan Berkah

Doa Hari Jumat – Hari Jumat merupakan hari besarnya umat Islam yang bisa diibaratkan sebagai hari raya atau hari kemenangan umat Islam. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengamalkan doa hari Jumat berkah, yang akan diulas pada artikel berikut ini.

Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari yang istimewa dan penuh berkah. Keistimewaan hari Jumat lainnya adalah hari terbaik matahari terbit, hari dimana Adam diciptakan, hari dimana Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga, serta tidak akan terjadi kiamat kecuali di hari Jumat.

Amalan yang dapat Anda lakukan di Hari Jumat antara lain;

  • Memperbanyak dzikir pagi dan sore, dzikir setelah shalat.
  • Membaca surat Yassin dan As-Saffat
  • Memperbanyak shalawat,
  • Mengamalkan surat Al-Kahfi,
  • Bersedekah di waktu shubuh,
  • Memperbanyak amalan lainnya,

Selain itu, bagi kaum muslimin yang akan melaksanakan sholat Jumat terdapat sunnah melakukan beberapa amalan yaitu dengan membaca doa untuk hari jumat berkah.

Sebelum pergi ke masjid hendaknya mandi Jumat, memakai pakaian terbaik, dan memakai minyak wangi. Saat di masjid hendaknya tidak duduk memeluk lutut, sholat sunah sebelum khatib naik mimbar, dan melaksanakan sholat sunah setelah sholat Jumat.

Selain melakukan amalan baik, lengkapi hari Jumat Anda dengan membaca doa. Berikut ini doa hari Jumat penuh berkah latin dan artinya. Baca hingga tuntas ya!

Doa Status Hari Jumat

  • Jumat adalah hari terbaik untuk berbuat baik. Namun, jangan pernah menunggu hari yang baik untuk berbuat baik. Selamat Hari Jumat
  • Tidak ada hari yang seindah hari Jumat. Tidak ada kata lain selain kenangan. Dan tidak ada ibadah selain shalat.
  • Lupakan aktivitas Anda sejenak. Sekarang saatnya menghadap kiblat. Pria sejati suka pergi salat Jumat.
  • Jumat Agung. Banyak yang mengatakan bahwa hari Jum’at adalah hari yang penuh berkah karena pahala yang berlipat ganda bagi yang beribadah. Selain itu jika disertai dengan dzikir dan sedekah. Semoga kita semua menjadi muslim yang istiqomah. Selamat hari Jum’at untuk saudara-saudaraku semua.
  • Jum’at memang hari yang agung, maka mohon ampun jika masih banyak dosa. Dan tempatkan pencipta Anda di tempat yang paling mulia. Lupakan urusan duniawimu, karena Allah telah mengatur yang terbaik untuk umat-Nya.

Keutamaan Hari Jumat

Dalam Islam, terdapat hari yang dispesialkan bagi umat muslim, yaitu hari jumat.

Hari jumat merupakan hari yang penuh dengan keberkahan dan rezeki sebabnya dianjurkan untuk membaca doa hari Jumat penuh berkah.

Mengutip dari merdeka.com melansir dari laman jatim.nu.or.id, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin Ubadah dalam hadist berikut.

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya qurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Dari hadist berikut dapat menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan hari jumat dan diturunkan didalamnya berbagai perisitiwa bersejarah. Untuk mengenali keutamannya, berikut adalah keistimewaan hari jumat dan peristiwanya.

  1. Lebih mulia dan agung daripada Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.
  2. Hari penciptaan Nabi Adam AS dan keluarnya Nabi Adam AS dari syurga.
  3. Wafatnya Nabi Adam AS.
  4. Hari terjaganya seseorang yang meninggal dunia dari fitnah kubur.
  5. Harinya haji orang orang yang fakir,
  6. Terjadinya hari kiamat.

Doa Hari Jumat

Ada beberapa doa di Hari Jumat yang paling dianjurkan untuk di baca sebagai doa di pagi hari Jumat pagi.

1. Doa Hari Jumat Shalawat

“Bismillahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammad.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.”

2. Doa Jumat Memohon Ampunan

“Alhamdulillaahil awwali qablal insyaai wa ihyaa wal-aakhiri ba’da fanaail asy-yaai al-‘aliimil ladzii laa yansaa man dzakarahu walaa yanqushu man syakarahu walaa yakhiibu man da’aahu walaa yaqtha’u rajaahu.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah Yang awal sebelum penciptaan dan penghidupan, Yang akhir setelah punah semua. Yang Maha Tahu Yang Tak Melupakan orang yang mengingat-Nya, Yang Tidak Merugikan orang yang mensyukuriNya. Yang Tidak mengecewakan orang yang memohon padaNya, dan Yang tidak memutus harapan orang yang mengharapkanNya.”

3. Doa Jumat Keberkahan

“Allaahumma innii usyidhuka wa kafaa bika syahiidaa usy-hidu jamii’a malaaikatika wa sukkaana samaawaatika wa hamlata ‘arsyika wa man ba’atsta min anbiyaaika wa rusulika wa ansya’ta min ashnaafi khalqika.”

Artinya: “Ya Allah, aku mintakan kesaksianMu dan cukuplah Engkau sebagai saksi, aku mintakan kesaksian seluruh malaikatMu penghuni LangitMu. Dan pemikul ArasyMu serta yang Kau bangkitkan sebagai nabi dan rasulMu dan dari berbagai makhlukMu yang Kau ciptakan.”

4. Dzikir Hari Jumat

“Innī asyhadu annaka Antallāhu lā ilāha illā Anta wahdaka lā syarīkalaka walā khulfa liqawlika walā tabdīla wa anna muhammadan shallallāhu ‘alaihi wa ālihi ‘abduka wa rasūluka addā mā hammaltahu ilal ‘ibādi wa jāhada fillāhi ‘azza wa jalla haqqal jihādi wa anhu basysyara bimā huwa haqqun minats tsawābi wa andzara bimā huwa shidqun minal ‘iqābi.”

 Artinya: “Aku bersaksi bahwa sesungguhnya Engkau Allah tiada Tuhan kecuali Engkau Tunggal tak berserikat dan Tak bertara firmanMu tak berubah dan tak berganti, dan sesungguhnya Muhammad SAW hambamu dan RasulMu. Ia penuhi apa yang Kau bebankan padanya untuk semua hamba, ia berjihad di jalan Allah dengan jihad yang sebenarnya. Ia memberi kabar gembira tentang pahala yang sejati, ia mengancan dengan siksa yang sesungguhnya.”

5.  Doa Jumat Memohon Ampunan

“Allāhumma tsabbitnī ‘alā dīnika mā ahyaytanī walā tuzigh qalbī ba’da idz hadaytanī wa bahlī milladunka rahmatan innaka Antal Wahhāb shalli ‘alā muhammadin wa ‘alā āli muhammad, waj’alnī min atbāihi wa syī’atihi wahsyurnī fī zumratihi wa waffiqnī liadāi fardhil jumu’āti wa mā awjabta ‘alayya fīhā minath thā‘āti wa qasamta liahlihā minal ‘athāi fī yaumil jazā’ innaka Antal ‘Azīzul Hakīm.”

Artinya: “Ya (Tuhanku) Allah, teguhkanlah aku pada agamaMu selama Kau hidupkan Aku. Janganlah gelincirkan hatiku setelah Engkau memberiku petunjuk, karuniakanlah padaku rahmat dari sisiMu, sungguh Engkau Maha Pemberi. Sampaikanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, jadikanlah aku dari pengikut dan golongannya, kumpulkan aku pada kelompoknya. Bimbinglah aku untuk melaksanakan kewajiban Jumat yang Kau wajibkan atasku untuk aku taati. Dan Kau bagikan karunia pada hari pembalasan pada orang yang layak menerimanya. Sungguh Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

6. Doa Keberkahan di Hari Jumat

“Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.”

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

7. Doa Jumat Memohon Rezeki

“Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.”

Artinya: “Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu”

8. Doa Jumat Memohon Kebaikan 

“As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu”

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

9. Doa Rezeki di Hari Jumat

Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bi halaalika ‘an haraamika wakfini bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa aalihi wa sallam.”

Artinya:

“Wahai Allah, wahai Zat Yang Maha Kaya, wahai Zat Yang Maha Terpuji, wahai Zat Yang memulai, wahai Zat yang mengembalikan, wahai Zat yang mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabat beliau.”

10. Doa Hari Jumat Buat Keluarga

Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha mina syaithanirrajim.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkahilah keluarga dalam diriku.

11. Doa Setelah Ashar di Hari Jumat

Di bawah ini adalah doa setelah sholat ashar di hari Jumat yang bisa Anda panjatkan.

Allahumma Anta Rabbi laa ilaaha illa Anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’udzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

12. Doa Mandi Hari Jumat

“Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal jinabati fadlon lillahi ta’ala”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala.

Itulah beberapa macam doa hari jumat penuh berkah, doa di Hari Jumat mustajab Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi dan membuka pintu rezeki dan keberkahan bagi Anda.

13. Doa Bersedekah di Hari Jumat

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Artinya: Wahai Tuhan kami, terimalah (amalan) kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

14. Doa Potong Kuku Hari Jumat

Bismillah wa billah wa ‘ala sunnati muhammadin wa ali muhammadin shalawatullahi wa salamuhu ‘alaihim.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, dan karena Allah, serta mengikuti sunah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Semoga rahmat Allah dan salam-Nya senantiasa tercurah kepada mereka.”

Anda juga dapat membaca beberapa doa hari lainnya yaitu doa sehari-hari, doa hari senin, doa hari Selasa, doa hari Rabu, doa hari Kamis, doa hari sabtu, dan doa hari minggu.

Selain mengamalkan doa hari jumat Islami, kita juga tentu perlu melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan rezeki.

Jangan khawatir, mari bergabung menjadi reseller Evermos untuk mendapat kesempatan memiliki bisnis online sendiri dengan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai doa hari jumat penuh berkah ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×