Kumpulan Kamus Kata Kata Islami Sehari-Hari, Muslim Patut Tahu!

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang muslim, bahasa Arab berkaitan dengan kata kata Islami. Setiap hendak akan menjalankan aktivitas misalnya, muslim senantiasa mengucapkan doa seperti “Bismillahirrahmanirrahim” dengan harapan bahwa kegiatan yang kita lakukan akan diberkahi oleh Allah SWT. Itulah salah satu contoh dari kata kata Islami, tahukah Anda bahwa begitu banyak kamus kata kata Islami yang patut kita ketahui?

Kata Kata Islami mengandung kata kata yang penuh makna dan mengandung arti yang baik.

Kata yang terdapat didalamnya tidak hanya sekedar kata kata pada umumnya, akan tfetapi pula terkandung doa di dalamnya. 

Melafalkan doa dan dzikir akan menambah amal ibadah kita dan terhitung sebagai pahala, selain itu kata-kata Islami juga menjadi kata kata yang baik.

Selain itu, mengenal dan mengetahui kata kata Islami juga dapat menambah wawasan umat Muslim terhadap agama Islam.

Kamus Kata Kata Islami

Kata Kata Islami

Agar mengawali hari-hari yang penuh berkah, Anda dapat mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang kamus kata kata Islami. 

Mengenal lebih banyak tentang kata kata Islami juga dapat membantu muslim untuk memahami lebih dalam tentang agama Islam.

Di bawah ini adalah kata kamus kata kata Islami yang berkaitan dengan kata kata Arab dalam sehari-hari.



Agama

Kata agama berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya adalah “tradisi”. Adapun agama selalu dikaitkan dengan keyakinan dan kepercayaan, serta religi yang berasal dari bahasa latin religio dan memiliki akar kata kerja re-ligare yang artinya “mengikat kembali”.

Bagi Anda yang mencari ulasan lengkap mengenai artikel agama, dapat membaca artikel pengertian agama disini.

Al-adalah

Pengertian dari kata Al Adalah mungkin yang sebenarnya dicari adalah Al-Adl, sehingga Al-adl tersebut memiliki arti bahwa salah satu sifat Allah SWT Yang Maha Adil.Arti dari Al-adalah atau Al-Adl ini adalah menempatkan sesuatu dengan semestinya.

Cek selengkapnya untuk mengetahui pembahasan Al Adalah.

Al-quran

Pengertian dari kata Al-Quran secara bahasa berarti bacaan atau yang dibaca.

Namun, istilah dari Al-quran sendiri yaitu wahyu Allah SWT atau firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara jibril dan rasulNya sebagai petunjuk bagi umat manusia.

As-salam

Definisi atau pengertian dari As-salam yaitu salah satu sifat Dzat Allah SWT yang artinya Maha Pemberi Kesejahteraan. 

Artinya Allah SWT memiliki sifat Yang Maha Sejahtera atau Maha Pemberi Kesejahteraan dan Maha Pemberi Keselamatan sebagai salah satu dari 99 asmaul husna.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang As-salam.

Haji

Pengertian dari kata Haji yang berasal dari bahasa Arab yaitu ‘hajj’ dalam Bahasa Indonesia artinya mengunjungi atau menuju.

Adapun kata Haji sendiri memiliki istilah sebagai ibadah Islam secara tahunan yang dilakukan dengan mengunjungi Kota Mekkah, Arab, kota yang paling suci bagi umat Islam.

Inilah pembahasan lengkap tentang haji yang dapat Anda simak.

Ikhlas

Pengertian ikhlas secara etimologis yaitu artinya jujur, tulus, dan rela. Adapun dalam bahasa Arab, kata Ikhlas sendiri adalah masdar dari kata “akhlasa” artinya “memurnikan niat, memilih,” sehingga kata dasarnya adalah khalasa yang artinya “selamat, sampai, menjadi murni.”

Iman

Pengertian iman secara bahasa yaitu artinya membenarkan atau tashdiq, sementara menurut istilahnya adalah “mengucapkan dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkan dalam perbuatan.”

Sehingga iman tidak hanya dapat diketahui dengan melakukan salah satu atau kedua darinya tetapi mutlak ketiganya.

Islam

Pengertian kata Islam sendiri berasal dari kata Islam yaitu artinya berserah diri. Islam diketahui sebagai agama satu-satunya yang diridhai oleh Allah, yang akan membawa keselamatan dengan menerapkan Islam baginya untuk urusan dunia dan akhirat.

Ittaqillah

Pengertian Ittaqillah dalam Bahasa Arab yaitu bertakwalah atau takutlah kepada Allah SWT. Dengan ittaqillah, kita dapat merasakan mawas diri terhadap tindakan dan perbuatan kita agar tetap bertakwa kepada Allah SWT.

Mubarok

Pengertian mubarok dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia adalah berkah.

Berkah berasal dari bahasa Arab yaitu barokah yang artinya nikmat.

Muslim

Secara bahasa, Muslim adalah orang yang berserah diri kepada Allah SWT dengan hanya menyembah dan meminta pertolongan kepada-Nya terhadap segala yang ada di langit dan bumi.

Secara umum, orang yang disebut dengan muslim adalah orang yang menganut agama Islam.

Nabi

Pengertian dari Nabi adalah seorang utusan Allah SWt yang diberi amanah untuk menyampaikan risalah Islam kepada seluruh manusia sebagai penyempurna agama Islam yang telah dibawa oleh Rasul sebelumnya.

Rasul

Pengertian rasul adalah utusan, duta, atau sering disebut dengan al-mursalun atau orang-orang yang diutus dan disebutkan di dalam Al-Quran.

Rasul merupakan utusan Allah SWT yang menyampaikan agama Islam kepada seluruh manusia.

Shalat

Pengertian dari kata shalat dalam bahasa Arab artinya adalah berdoa.

Adapun secara istilah, shalat adalah perbuatan dan perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratan yang ada.

Taat

Pengertian kata taat berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “menemani” atau “mengikuti”.

Secara istilah dalam keagamaan, hakikat taat adalah sikap dan tindakan yang ikhlas atau murni untuk mematuhi perintah Allah SWT dan RasulNya.

Tabayyun

Pengertian dari kata tabayyun yaitu meneliti dan menyeleksi berita atau suatu kabar dengan tepat dan benar.

Agar tidak ada kesalahpahaman dalam mencerna informasi tersebut. Tabayyun juga artinya tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.

Demikian artikel mengenai kamus kata kata Islami yang penuh makna dan berkah, semoga membantu bagi Anda yang mencari referensi kamus bahasa Arab.

Mau dapat penghasilan tambahan hanya dengan jualan online tanpa modal? Yuk gabung menjadi reseller Evermos sekarang juga!

Dapatkan komisi penghasilan hingga 35% per produknya sekarang juga 🤑🤑

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)