Jelaskan Pengertian Al-Quran Menurut Istilah, Simak Artinya Disini

Allah SWT telah menurunkan kitab Al-Quran kepada umat Muslim sebagai petunjuk hidup. Isi Al-Quran berupa kalam Allah atau firman Allah SWT berupa perintah dan larangan yang ditujukan bagi umat manusia. Lalu apakah pengertian sebenarnya dari Al-Quran tersebut? Berikut tim Evermos jelaskan pengertian alquran menurut istilah. 

Sebagai umat Muslim, pentingnya bagi kita untuk mengetahui isi kandungan Al-Quran dan petunjuk yang terdapat di dalamnya.

Sebab Al-Quran bukanlah hanya sebagai bacaan saja atau kata-kata yang indah, akan tetapi berupa pedoman hidup yang mesti dipegang sebagai seorang muslim.

Pengertian Al Quran

Berikut adalah jawaban dari Jelaskan pengertian alquran menurut istilah, yaitu wahyu Allah SWT yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Berikut ini jawaban dari jelaskan pengertian alquran menurut istilah.

Al quran secara bahasa artinya yaitu bacaan atau yang dibaca berulang-ulang.

Adapun Alquran berasal dari kata benda atau dalam Bahasa Arab disebut dengan istilah masdar, dan kata kerja qara’a yang berarti membaca.

Lalu bagaimana caranya membaca Al-Quran dengan tepat dan cara mengamalkannya sesuai petunjuk dan perintah Allah SWT?

Kedudukan Al-Quran Bagi Umat Muslim

Al-Quran merupakan pedoman bagi umat manusia bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Bahasa yang terdapat dalam Al-Quran yaitu bahasa Arab, sebagaimana pada masa zaman Nabi Muhammad SAW berdakwah kepada umat manusia.

Al-Quran sendiri terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, dan 77.845 kata.

Adapun kedudukan Al-Quran dalam diri seorang muslim sebagai sebuah jalan untuk menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Setiap diri mukmin dan muslim tidak dapat terlepas dari perannya untuk menjalankan fungsi yang ada di Al-Quran.

Maka dari itu, setiap mukmin dan muslim wajib untuk mengetahui dan menuntut ilmu kalam (Al-Quran) agar dapat di amalkan dalam kehidupannya sehari-hari.

Fungsi Al Quran

Al-Quran menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia dan hal tersebut merupakan hal yang mutlak di dalam agama Islam.

Keberadaan Al-Quran harus tetap terpelihara dengan baik, sebab tanpa umat Muslim yang menjalankannya maka tiadalah berguna pula AlQuran tersebut.

Kedudukan dan fungsi Al-Quran jauh melebihi bacaan apapun, karena Al-Quran diturunkan oleh Sang Pencipta makhluk, yaitu Allah SWT.

Berikut ini adalah fungsi Al Quran yang dapat dipelajari oleh umat Muslim.

1. Pembeda Buruk dan Benar

Berbicara mengenai kebenaran, kebenaran yang dihadirkan oleh manusia merupakan kebenaran yang masih bersifat relatif.

Sebab, sifat Allah SWT adalah Maha Sempurna dan Maha Benar, maka tidak mungkin akan memberikan petunjuk hidup yang selain mengandung kebenaran.

Apabila manusia ingin menjalankan tugas hidupnya sebagai hamba dan beribadah kepada Allah SWT, maka patut untuk mengikuti apa yang telah diperintahkan dalam Al-Quran.

2. Sumber Pokok Ajaran Islam

Al-Quran merupakan mukjizat yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al-Quran, terdapat sumber pokok ajaran agama Islam yang telah mencakup seluruh aspek kehidupan manusia.

Aspek kehidupan manusia tersebut meliputi aspek kehidupan pribadi, bermasyarakat dan bernegara.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Surat An Nisa ayat 105:

اِنَّآ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَآ اَرٰىكَ اللّٰهُ ۗوَلَا تَكُنْ لِّلْخَاۤىِٕنِيْنَ خَصِيْمًا ۙ – ١٠٥

Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang yang berkhianat,

3. Pelajaran Bagi Setiap Manusia

Selain berisikan petunjuk untuk mengikuti perintah dan menjauhi larangan-Nya, dalam Al-Quran juga banyak menginformasikan mengenai pelajaran-pelajaran hidup.

Pelajaran hidup tersebut terdapat di dalam Al-Quran agar manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya.

Hal ini tercantum dalam Surat Yunus ayat 57:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ – ٥٧

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

4. Menjadi Bukti Atas Kerasulan Nabi Muhammad SAW

Allah SWT telah menurunkan 3 kitab sebelumnya kepada para Nabi terdahulu untuk menjalankan syariat dan menjauhi larangannya.

Turunnnya Al-Quran merupakan saksi dan bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW, yang artinya hingga hari ini patut di ikuti bagi umat manusia.

Dengan adanya Al-Quran, manusia yang berada di akhir zaman patutlah untuk mengetahui dan beriman kepada Al-Quran, dan bukanlah kitab yang terdahulu yang belum disempurnakan.

Demikianlah artikel mengenai pengertian Al-Quran menurut kata dan bahasa yang dapat bermanfaat bagi Anda.

Sebarkan juga kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin jualan online produk lokal berkualitas yang pastinya amanah, Anda dapat bergabung dengan Evermos.

 

×