Pengertian Agama Secara Umum, Menurut Para Ahli, dan Menurut Islam

Mayoritas manusia di muka bumi ini memiliki agama yang mereka percayai dan menjadi landasan dalam menjalani kehidupan. Namun, apa sebenarnya pengertian agama? Kenapa agama bisa ada? Dan apa saja macam-macam agama yang ada di dunia?

Ketika membahas soal agama, mungkin pertanyaan-pertanyaan di atas sering muncul di benak Anda. Sebab, meski terdengar sederhana, terkadang Anda juga kebingungan dengan jawabannya.

Jangan khawatir, simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai pengertian agama secara umum, menurut para ahli, dan menurut Islam, hingga berbagai ulasan lainnya tentang agama.

Baca juga: Inilah Agama Tertua di Indonesia dan Proses Penyebarannya

Pengertian Agama Secara Umum, Bahasa dan Istilah 

pengertian agama
Sumber: freepik.com

1. Pengertian Agama Secara Umum

Secara umum, agama adalah suatu sistem kepercayaan dan keyakinan yang diikuti oleh sekelompok orang untuk memahami dan berhubungan dengan berbagai kekuatan ilahi atau transeden.

Dalam suatu agama, terdapat seperangkat ajaran, norma-norma moral, ritual, dan ibadah yang membentuk pandangan umatnya mengenai dunia.

Selain itu, dalam setiap agama akan mengatur hubungan antara manusia dengan sesamanya, alam semesta, serta kekuatan yang diaggap lebih tinggi dan besar.

Baca juga: 8 Agama Tertua di Dunia | Lantas Agama Apa yang Paling Benar?

2. Pengertian Agama Secara Bahasa

Secara bahasa, agama berasal dari bahasa latin yaitu “religio” yang artinya adalah “penghormatan kepada kekuatan yang suci”.



Maksud dari kata tersebut adalah bahwa agama memuat seperangkat keyakinan, praktik, serta nilai yang diikuti dan dihormati sekelompok atau komunitas tertentu.

Selain itu, menurut bahasa Sanskerta agama berasal dari istilah “a” atau tidak dan “gama” yang berarti “tidak (akan) kacau”.

3. Pengertian Agama Secara Istilah

Secara istilah, agama merujuk kepada sistem kepercayaan yang melibatkan keyakinan akan adanya kekuatan transender, Tuhan, atau keberadaan entitas ilahi lainnya.

Selain itu, agama juga mencakup norma-norma moral dan etika yang menjadi pedoman hidup penganutnya untuk berperilaku di dunia.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

pengertian agama
Sumber: freepik.com

1. Koentjaraningrat

Dalam buku Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan (1974) memberikan penjelasan arti agama. Agama menurutnya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut enam agama yang diakui resmi oleh negara.

Adapun agama tersebut adalah Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddhisme, dan Konghucu.

Dari pernyataannya, kesimpulannya bahwa agama merupakan rasa percaya seorang manusia agar bisa nyaman ketika menjalani kehidupan. Kenyamanan tersebut meliputi kenyamanan jasmani atau fisik dan rohani atau jiwa.

2. James George Frazer

Dalam bukunya berjudul The Golden Bough, James memberikan keterangan mengenai agama. Menurutnya, agama adalah keyakinan bahwa dunia alam memiliki kekuasaan oleh satu atau lebih dewa dengan karakteristik pribadi dengan siapa bisa mengaku, bukan oleh hukum.

3. Edward Burnett Tylor

Dari bukunya berjudul Seven Theories of Religion (1996) karya Daniel L.Pals, Tylor memberikan pernyataan terkait agama.

Agama baginya adalah sebuah kepercayaan seseorang terhadap makhluk spiritual, contohnya adalah roh, jiwa dan hal-hal lain yang punya peranan dalam kehidupan manusia.

Sementara itu, Tim Evermos menyimpulkan bahwa agama adalah sebuah kepercayaan yang dianut oleh setiap pribadi untuk menata kehidupannya baik sosial maupun pribadi.

Dalam menganut agama, seseorang tidak boleh merasakan terpaksa, atau dipaksa oleh pihak tertentu untuk memeluk agama.

Pengertian Agama Menurut Islam

Dalam Islam, agama artinya adalah suatu sistem kehidupan yang mencakup ketaatan dan pengabdian total kepada Allah SWT.

Agama menurut Islam yaitu mengajarkan tentang keesaan Tuhan, yang merupakan pencipta alam semesta, serta adanya kenabian yang membawa wahyu dari Allah kepada manusia.

Selain itu, agama Islam juga meliputi ajaran moral, etika, dan ibadah yang menjadi panduan bagi setiap Muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari agama Islam sendiri adalah mengajak seluruh manusia untuk taat kepada Allah SWT, serta memurnikan ajaran Islam dengan tujuan agar selamat dunia dan akhirat.

Adapun menurut ulama Syaikh Mahmud Syaitut, Islam adalah agama Allah yang Dia perintahkan untuk mengajarkan tentang pokok-pokok serta peraturan kepada Nabi Muhammad SAW, lalu Nabi akan mengajarkannya kepada manusia yaitu umatnya. 

Untuk mengetahui definisi lebih dalam mengenai Islam seperti makna hingga manfaatnya, Anda dapat membaca artikelnya disini.

Kenapa Manusia Membutuhkan Agama: Tujuan dan Fungsi Agama

pengertian agama
Sumber: freepik.com

Meskipun sebagian besar manusia memiliki agama yang mereka percayai, namun terkadang masih timbul pertanyaan di benak setiap orang, “kenapa manusia membutuhkan agama?”.

Tujuan utama dari agama adalah untuk memberikan panduan moral dan etika, mengatasi pertanyaan eksistensial manusia tentang makna hidup dan kematian, serta memberikan rasa keamanan dan ketenangan batin.

Adapun fungsi dari agama adalah sebagai pembentuk identitas sosial, menghadirkan rasa keamanan batin pada diri manusia, dan memperkuat perekat sosial seorang individu dalam masyarakat.

Bahkan dalam sejarah, agama telah memainkan peran dalam membentuk budaya, seni, dan sistem hukum suatu masyarakat.

Warga Negara Indonesia Berhak untuk Menentukan Agamanya Sendiri

Di Indonesia, mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam, dengan data hampir dari 80 persen. Selain dari itu adalah pemeluk agama lainnya yang telah di akui dalam negara maupun dunia, yaiatu agama kristen, agama hindu, agama buddha, kong hu chu, dan sebagainya.

Sebagai negara demokrasi, Indonesia telah mengatur dan memberikan ketetapan bagi setiap warganya untuk bebas serta memiliki hal memeluk agama apapun. Hal ini terdapat dalam Pasal 29 ayat 1 yang berbunyi,

Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa.”

Kemudian, lanjut pada ayat 2 Undang-Undang tersebut berbunyi, Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Dari pernyataan berikut kita dapat menyimpulkan bahwa setiap warga Indonesia berhak untuk memeluk agamanya sesuai kepercayaan masing-masing. Artinya, tidak ada tekanan ataupun paksaaan dari pihak manapun dalam meyakini suatu agama.

Kesimpulan Pengertian Agama

Dari beberapa pengertian yang dapat Tim Evermos sampaikan, agama memiliki peranan yang penting dalam setiap kehidupan manusia.

Walaupun hingga saat ini kehidupan agama masih beragam, yaitu ada yang religius atau tidak terlalu religius. Namun, perlu kita pahami bahwa agama memiliki perangkatnya masing-masing.

Setiap agama memiliki Tuhannya, memiliki kitab atau petunjuk, serta tokoh dalam agama dan ajarannya.

Demikianlah ulasan mengenai artikel istilah agama, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperdalam wawasan mengenai agama.

Agama mengajarkan para pemeluknya untuk berpegang teguh dalam ajarannya, sehingga mereka dapat hidup dengan aman, tentram dan sejahtera.

Agar dapat sejahtera, setiap insan memiliki karunia dan anugrah untuk bergerak dalam upaya mencari rezeki yang berkah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencari usaha sampingan yang mudah, modal minim Anda dapat bergabung di Evermos sekarang juga!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)