As-Salam Artinya? Inilah Makna, Dalil, dan Keutamaan Membacanya!

As-Salam artinya – Asmaul husna merupakan 99 nama Allah SWT yang menjadi gambaran betapa besarnya Allah SWT.

99 nama Allah atau asmaul husna tersebut dianjurkan untuk diamalkan setiap hari, apalagi sebagai umat muslim, Anda bisa mengamalkannya ketika berdzikir atau dalam saat-saat tertentu.

Selain mengagungkan keindahan nama Allah yang berjumlah 99 tersebut, membaca asmaul husna juga mengingatkan bahwa Allah Maha Segalanya, Sang Pemilik Segalanya.

Salah satu nama indah yang dimiliki Allah yaitu As-salam. Artikel kali ini akan membahas dan mengupas As-salam artinya apa dan bagaimana dalil tentang keagungan nama Allah ini.

As-Salam Artinya? 

As-salam artinya
Sumber: google.com/bersosial

Allah mempunyai asmaul husna As-salam yang artinya maha pemberi keselamatan.  Ada dua makna As-salam secara umum.

Makna yang pertama yaitu Allah Maha Selamat, dan yang kedua adalah Allah Maha Pemberi Keselamatan. Keselamatan yang dimaksud diberikan kepada hamba-Nya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai arti As-salam dan makna yang dimilikinya:

1. Allah Maha Selamat

Berdasarkan kitab Badai’ Al-Fawaid, menyebutkan bahwa As-salam terbagi menjadi dua makna, yaitu yang pertama adalah Allah Maha Pemberi Keselamatan.

Disebutkan juga bahwa makna As-salam berkaitan dengan As-subbuh dan Al-quddus. Makna As-salam lebih kepada Allah menyelamatkan hamba-Nya dari aib masa lalu dan masa yang akan datang.

Artinya Allah melindungi dan menyelamatkan diri hamba-Nya dari aib yang akan datang di masa depan.

Salah cendekiawan muslim dan pakar fikih dari kalangan mazhab Hambali, Ibnul Qayyim, pernah berkata tentang arti As-salam.

“Jika engkau memperhatikan setiap sifat-sifat Allah yang sempurna, maka engkau akan didapati bahwa setiap sifat Allah selalu selamat dari hal yang bertentangan dari sifat tersebut.”

Dari ucapan Ibnul Qayyim di atas, dapat ditafsirkan bahwa siapapun orang yang mengucapkan asma Allah yang 99 itu akan dihindari dari sifat yang berbeda dari asmaul husna.

2. Allah Maha Pemberi Keselamatan

Kemudian makna As-salam yang kedua yaitu Allah Maha Pemberi Keselamatan kepada hamba-hamba-Nya.

Salah satu bentuk Allah memberikan keselamatan kepada hamba-Nya yaitu dengan adanya surga. Surga merupakan rumah keselamatan atau disebut dengan Dar As-salam. 

Karena setiap siapapun yang masuk ke dalam surga tidak akan pernah kurang dan akan selalu selamat. Misalnya selamat dari sedih, marah, jengkel, cemburu, khawatir, dan lainnya.

Selain itu sebagai umat muslim, kita sering sekali mengucapkan salam yang ternyata adalah doa keselamatan bagi yang diucapkannya.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Latin: “Assalamua’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh”

Artinya: “Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah padamu.”

Jadi selain bentuk dari mengagungkan nama Allah, mengucapkan As-salam juga merupakan salah satu bentuk doa kepada sesama hamba Allah. 

Dalil Tentang As-salam

asmaul husna
Sumber: google.com/bersosial

Ada dua dalil yang menyebutkan tentang pemahaman As-salam, yakni dari Al-quran dan dari Hadits Nabi Muhammad SAW.

1. Q.S Al-Hasyr ayat 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ

Artinya: “Dialah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Maharaja Yang Maha Suci, Yang Maha Pemberi Keselamatan…..” (QS. Al Hasyr: 23).

Dari ayat di atas disebutkan bahwa Allah adalah Maha Segalanya, yakni Maha Raja, Maha Suci, dan Maha Pemberi Keselamatan.

Itulah mengapa sebagai umat muslim wajib untuk menyebut asmaul husna dan mengagungkan Allah. Karena Allah menjamin akan memberikan keselamatan bagi hambanya yang taat.

2. Hadits Nabi Muhammad SAW

Pemahaman terkait As-Salam juga sejalan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud RA, dikatakan olehnya bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda terkait makna As-Salam. Ibnu Mas’ud berkata:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ : كُنَّا إِذَا كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ فِي الصَّلَاةِ قُلْنَا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ مِنْ عِبَادِهِ السَّلَامُ عَلَى فُلَانٍ وَفُلَانٍ فَقَالَ النَّبِيُّ لَا تَقُولُوا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلَامُ وَلَكِنْ قُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Dahulu, jika kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami mengucapkan: “As-Salâm (keselamatan) bagi Allah dari hamba-hamba-Nya, dan as-salâm atas Fulan dan si Fulan,” maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian mengucapkan as-Salâm atas Allah, karena sesungguhnya Allah itu as-Salâm, akan tetapi ucapkanlah: ‘At-Tahiyât (ucapan selamat), ash-Shalawat (ibadah) dan ath-Thayyibât (pujian) bagi Allah. Salam (keselamatan) serta rahmat Allah, dan keberkahan-Nya atas anda, wahai Nabi. Dan salam atas kita dan hamba-hamba Allah yang shâlih’.” (HR. Bukhari).

Hadits di atas adalah salah satu hadits yang menjelaskan makna Allah sang pemilik nama As-salam dan penggunaanya dalam sholat.

Hikmah dan Keutamaan Membaca Asmaul Husna As-Salam

keutamaan membaca asmaul husna
Sumber: google.com/bersosial

Ketika mengucapkan atau menyebut nama-nama Allah yang indah, ternyata ada banyak keutamaan yang didapatkan, di antaranya adalah.

1. Dikabulkannya segala doa

Keutamaan pertama yang didapat ketika mengucapkan dan menyebut 99 nama Allah adalah dikabulkannya segala doa. 

Allah SWT menjamin hal itu di dalam kitab suci Al-Quran surat Al-A’raf ayat 180.

وَلِلّٰهِ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى فَادۡعُوۡهُ بِهَا‌ ۖ وَذَرُوا الَّذِيۡنَ يُلۡحِدُوۡنَ فِىۡۤ اَسۡمَآٮِٕهٖ‌ ؕ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡن

Artinya: “Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapatkan balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al-A’raf: 180).”

2. Masuk ke dalam surga

Kemudian dahsyatnya ketika menyebut asmaul husna dan mengagungkan Allah adalah masuk ke dalam surganya Allah SWT.

Hal itu disebutkan di dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Itulah ulasan lengkap mengenai As-salam artinya dan keutamaan membacanya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Dan bagi Anda yang ingin berpenghasilan setiap bulannya dengan hanya diam di rumah saja, langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos dan berjualan tanpa modal. Dapatkan komisi hingga 35 persen per produknya. Yuk gabung di sini.

×