Jumat Mubarok Artinya? Inilah Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam

Jumat mubarok artinya – Setiap hari Jumat, mungkin Anda seringkali mendengar Jumat Mubarok. Namun apakah Anda mengetahui Jumat Mubarok artinya apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Jumat merupakan salah hari yang dianggap sebagai hari besar oleh umat Islam. Bahkan ada satu riwayat yang mengatakan bahwa ada seorang Yahudi yang mengatakan tentang hari Jumat kepada sahabat Nabi, Umar bin Khattab.

Seorang Yahudi tersebut berkata bahwa ada satu ayat yang membuat Jumat begitu spesial, dan jika ayat tersebut turun untuk umat Yahudi, maka hari Jumat akan dijadikan hari raya.

Begitu spesialnya hari Jumat bahkan yang bukan beragama Islam pun mengakui bahwa Jumat adalah hari yang istimewa.

Kemudian Jumat mubarok artinya adalah? Simak ulasannya berikut ini.

Jumat Mubarok Artinya adalah? Inilah Arti Kata Berkah

jumat mubarok artinya
Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui arti Jumat mubarok, maka perlu diketahui terlebih dahulu arti kata mubarok atau berkah.

Di dalam bahasa Arab kata mubarok (البركة ) artinya adalah berkah atau nikmat. Sedangkan menurut istilah, kata berkah yaitu bertambahnya suatu kebaikan atau nikmat.

Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mubarok atau berkah merupakan karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Kemudian para ulama juga menjelaskan bahwa berkah adalah segala sesuatu yang banyak dan melimpah.



Jumat Mubarok Artinya?

jumat mubarok artinya
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui arti dari mubarok atau berkah, maka kemudian adalah Jumat berkah. Hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam.

Hal itu seperti yang dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat Islam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian, hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Maka dari itu hari Jumat juga sering disebut dengan Jumat Mubarok atau Jumat Berkah.

Jumat Mubarok artinya adalah, Jumat yang penuh dengan keberkahan. Di mana pada hari Jumat banyak sekali kebaikan dan keberkahan Allah yang diturunkan kepada hambanya.

Jadi, Jumat Mubarok artinya adalah hari yang penuh dengan keberkahan. Bahkan Allah menjadikan hari Jumat sebagai hari yang banyak kejadian dahsyat. Salah satunya adalah hari kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat.

Jumat Mubarok Artinya? Keutamaan Hari Jumat

jumat mubarok artinya
Sumber: pexels.com

Karena Jumat Mubarok adalah hari yang sangat agung dan menjadi hari raya umat Islam, tentu sebagai muslim yang taat kita dianjurkan untuk melakukan banyak amalan.

Amalan tersebut banyak sekali dan merupakan keutamaan hari Jumat. Berikut ini adalah beberapa amalan dan keutamaan yang dikerjakan di hari jumat:

1. Melaksanakan shalat Jumat

2. Bersedekah

3. Berangkat sholat Jumat lebih awal

4. Perbanyak sholawat dan dzikir

5. Mandi wajib dan memotong kuku serta mencukur kumis

6. Memakai wangi-wangian

7. Membaca surat Al-kahfi dan Yasin

Itulah beberapa amalan yang bisa dikerjakan di hari Jumat yang penuh dengan keberkahan.

Dalil Tentang Keistimewaan Hari Jumat

hari raya islam
Sumber: pexels.com

Adapun keistimewaan hari Jumat juga terkandung di dalam Al-Quran dan hadits, berikut ini adalah dalil tentang keistimewaan hari Jumat:

1. Surat Al-Jumuah ayat 9

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jum’ati fas’au ilā żikrillāhi wa żarul baī’, żālikum khairul lakum in kuntum ta’lamụn.

Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S Al-Jumuah: 9).

2. Hadits riwayat Ibnu Abi Syaibah

Rasulullah SAW bersabda: “… tidak ada kerinduan yang dirasakan oleh penduduk surga melebihi kerinduan mereka kepada hari Jumat, agar mereka dapat melihat Tuhannya Subhanahu Wata’ala dan kemuliaan-Nya. Karena itu, hari itu disebut “Yaumul Mazid”.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).

3. Hadits riwayat Tirmidzi dan Hakim

“Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan bermain-main, khutbah dan tidak maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan sholat selama satu tahun.” (HR. Tirmidzi dan Hakim).

4. Hadits riwayat Imam Syafi’i dan Ahmad

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Demikianlah pembahasan tentang Jumat Mubarok artinya dan keistimewaan hari Jumat, semoga bermanfaat untuk Anda!

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos untuk membacanya.

Selain itu Anda juga bisa berjualan tanpa harus menggunakan modal dan pasti akan mendapatkan hasil yang besar, caranya sangat mudah. Langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos dan dapatkan keuntungannya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)