18 Jenis Madu Terbaik di Indonesia | Baik Untuk Menjaga Kesehatan

Jenis Madu

Siapa yang tidak kenal dengan madu? Minuman satu ini sudah dikenal sejak dulu memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa Ada lebih dari 300 jenis madu di dunia.

Madu ini digolongkan dengan varietas menurut sumber bunga yang digunakan lebah untuk mengumpulkan madu. sebenarnya apa sih madu itu ? Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung gula yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga.

Zat gula dalam madu terdapar seperti unsur fruktosa dan glukosa yang membuat rasanya manis, bahkan cocok sebagai pengganti gula. Semua jenis madu yang diproses secara alami mengandung nutrisi yang tinggi.

Madu kaya akan antioksidan yang berasal dari asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Kandungan antioksidan inilah yang membuat madu kaya akan khasiat.

Manfaat dari madu ini sangat beragam tergantung dari jenisnya. Selain di konsumsi langsung, madu juga bisa menjadi bahan membuat beberbagai jenis makanan.

Untuk mengetahui Kandungan dan khasiat yang terdapat dalam madu Berikut kami berikan ulasan mengenai jenis madu yang ada di Indonesia.

Baca Juga : 4 Kebiasaan Yang Harus Dimiliki Agar Memiliki Tubuh Sehat

15 Jenis Madu di Indonesia

1. Clover Honey

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Clover honey atau madu clover merupakan madu yang diperoleh dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga clover. Madu ini memiliki ciri khas rasa floral dan warna yang lebih bening.

Madu ini saat ini tengah populer di kalangan masyarakat karena memiliki khasiat antioksidan yang kuat dengan flavonoid yang tinggi.

Kandungan flavonoid ini baik untuk mendukung fungsi paru-paru dan jantung. Clover honey juga mengandung asam fenolik yang tinggi yang baik untuk sistem saraf.

Baca Juga : Yuk, Ikuti 6 Cara Pola Hidup Sehat Berikut Mulai Dari Sekarang!

2. Madu Akasia

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Madu ini diproduksi lebah dari tumbuhan akasia. Jenis madu yang satu ini punya ciri khas rasa bunga yang manis dan berwarna kuning muda.

Jenis Madu ini tinggi fruktosa, rendah glukosa, banyak flavonoid dan efektif melawan berbagai bakteri. Dengan mengonsumsi madu ini sekitar 1-2 sendok setiap hari dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Madu Manuka

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Manuka merupakan jenis madu yang diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga semak manuka. Madu ini berasal dari New Zealand dan dipasarkan ke seluruh dunia karena khasiatnya yang tinggi.

Jenis manuka ini memiliki sifat antibakteri yang paling tinggi dibandingkan madu lainnya. Selain itu, madu manuka ini diperkaya sifat antioksidan dan anti inflamasi.

4. Madu Randu

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Jenis Madu randu dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar pohon randu. Madu ini punya rasa yang khas karena rasanya manis dan sedikit asam sehingga segar di mulut. Warna dari madu ini adalah cokelat terang

Madu satu ini sering dipakai untuk masker wajah. Selain itu, madu ini juga berkhasiat mengobati sariawan, mengobati luka bakar, memperlancar fungsi otak,  serta meningkatkan sistem imun.

Karena manfaatnya yang beragam, madu ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh balita hingga orang dewasa.

5. Madu Kaliandra

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Sesuai dengan namanya, madu kaliandra merupakan madu dari hasil nektar bunga kaliandra. Rasa dari madu ini manis dan warnanya pun kuning khas. Jenis ini merupakan salah satu madu yang sangat populer di Indonesia, sangat mudah di temukan di seluruh Indonesia.

Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar, dan untuk tekanan darah tinggi, maupun rendah.

Temukan ratusan jenis madu terbaik di aplikasi Evermos 

jenis madu

6. Madu kopi

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Dilihat dari namanya, madu ini berasal dari lebah hingga di nektar bunga pohon kopi.  Aroma kopi yang kuat tidak dapat di hindari, madu yang dihasilkan pun memiliki aroma seperti kopi.

Siapa sangka, madu kopi ini kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, B Kompleks, C, D, E, dan Vitamin K.

7. Madu Bunga Karet

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Madu ini berasal nectar bunga karet yang dihisap oleh lebah yang digembalakan sekitar hutan karet. Kelebihan dari madu ini adalah aromanya yang harum dan memiliki warna kuning kecoklatan.

Selain itu madu ini memiliki rasa yang sangat manis, tidak ada kecutnya. Madu ini berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh, meredakan alergi, menyembuhkan luka bakar, dan mengatasi rasa gatal pada kulit..

Sifat khas dari jenis madu ini adalah mengkristal seperti gula jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

8. Madu Embun

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Jenis Madu embun merupakan madu yang berbeda pada umumnya. Madu ini akan ada jika nektar bunga tidak dapat di hisap lagi oleh lebah. Hal ini membuat lebah malah akan menghisap cairan milik tumbungan yang lebih kaya akan mineral.

9. Madu Hutan Sumatera

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Madu hutan Sumatera adalah salah satu madu yang juga paling populer di indonesia. Jenis Madu ini merupakan madu yang bisa temui di banyak supermarket.

Pada umunya madu ini semakin populer dan banyak di cari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Madu ini bisa menjadi bahan olahan makanan atau kue yang lezat.

Biasanya juga madu ini dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina, dan mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit.

10. Madu Hutan Timor

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Salah satu daerah yang terkenal dengan kualitas madunya adalah daerah Nusa Tenggara Timur. Madu hutan Timor merupakan madu yang paling banyak di cari oleh para wisatawan untuk oleh-oleh.

Hal ini karena madu ini masuk ke dalam madu terbaik di Dunia ke 3 setelah Yunani dan Australia.

Madu hutan Timor merupakan madu yang berasal dari pohon tertinggi di pulau Timor. Madu ini berkhasiat untuk menjaga vitalitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit pada perempuan.

Permintaan akan madu ini pun sangat tinggi hingga madu ini sudah menyebar ke beberapa daerah lain di Indonesia.

11. Madu Hutan Sumbawa

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Madu ini berasal dari lebah penghisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa khsusnya Pohon bidara. Pohon ini menjadi tempat bersarangnya lebah madu hutan sumbawa.

Daerah Sumbawa merupakan daerah yang cukup panas dan kering sehingga madunya memiliki kadar air yang lebih rendah. Tekstur dari madu inipun cukup pekat.

 

12. Madu Kelengkeng

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Madu kelengkeng merupakan madu yang di hasilkan dari lebah yang di pohon kelengkeng. Rasa dari madu kelengkeng ini cukup unik karena merupakan campuran antara rasa manis dan gurih.

Jika dibandingkan dengan madu lainnya, jenis ini merupakan madu yang banyak dikonsumsi secara langsung.

Madu ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan seperti asam amino, zat besi, kalium, serta beragam vitamin.

Temukan Madu Klengkeng dan ratusan produk madu lainnya di Aplikasi Evermos
jenis madu

 

13. Madu Klanceng

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Selanjutnya ada jenis yang merupakan madu yang di hasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari berbagai jenis bunga. Madu ini merupakan  perpaduan rasa dari jenis madu. Rasa dari madu akan lebih rich dan dominan manis dengan sedikit rasa pahit dan asam.

Lebah yang menghisap madu ini berasal dari jenis Trigona atau lebah ternak. Madu klanceng baik untuk penderita penyakit gula karena bisa menggantikan insulin dalam tubuh.

Madu ini juga bisa menurunkan kadar gula berlebih dan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Namun, jenis madu ini memiliki harga yang cukup mahal karena belum banyak peternak lebah yang membudidayakan madu ini.  Meskipun harganya mahal, khasiat dari madu ini sangat beragam.

14. Madu tawon gung

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Jenis madu ini termasuk salah satu madu termahal jarang dan sulit mendapatkannya karena berasal dari tawon liar.

Tidak banyak orang yang membudidayakan tawon ini di gunung. Tawon madu ini sulit budidayanya karena sifatnya yang agresif.

Peternak pun sulit untuk mendapatkan lokasi sarangnya pun sulit karena berada di tempat yang sangat tinggi. Tidak heran jika madu ini memiliki harga yang sangat mahal

Tawon liar ini menghasilkan madu yang berwarna kehitaman dengan rasa manis dan nikmat. Madu ini sering digunakan untuk memasak, tambahan pada minuman, bahkan sebagai bahan dasar kosmetik.

15. Madu Rambutan

Jenis Madu

sumber : pixabay.com

Terakhir ada Madu rambutan yang berasal dari lebah hasil ternak di sekitar perkebunan rambutan.

Uniknya, madu ini memiliki rasa dan aroma mirip buah rambutan. Meskipun begitu, rasanya tidak semanis madu hutan. Madu ini memiliki warna kuning tetapi tidak keruh seperti madu kebanyakan.

Khasiat dari madu rambutan ini cukup menggiurkan. Mengonsumsi madu asli Indonesia ini dapat membantu mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, dan lainnya.

16. Madu kelulut

jenis madu

sumber : unsplash.com

Jenis yang satu ini cukup unik jika daripada enis asli indonesia lainnya. Mengapa? karena warnanya hitam dan memiliki rasa manis yang bercampur dengan sedikit asam.

Meski begitu, madu yang berasal dari lebah kelulut ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronik.

17. Madu Hutan Jambi

jenis madu

sumber : unsplash.com

Madu ini memiliki manfaat baik bagi tubuh karena mengandung gula yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

Tidak heran, jika madu ini sangat berguna sebagai sumber energi. jenis ini pun kini sudah banyak di pasaran dengan harga yang cukup murah.

18. Madu Hutan Kalimantan

jenis madu

sumber : unsplash.com

Selain Madu hutan Sumatera, jenis hutan kalimantan ini pun menjadi favorit dan di pasaran.

hal ini karena tekstur yang tidak terlalu kental daripada jenis madu asli Indonesia lainnya.

Anda bisa menggunakan madu ini sebagai penambah rasa untuk melengkapi berbagai jenis makanan dan minuman.

18 Jenis Madu Terbaik di Indonesia

Jaga Kesehatan dengan Koleksi Madu dari Evermos ini
jenis madu

Sekian ulasan mengenai Berbagai Jenis madu yang terbaik di Indonesia.

para ilmuwan menyimpulkan bahwa madu banyak khasiatnya sebagai pengganti gula. Salah satunya seperti dapat meningkatkan mikroflora dalam usus, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan alami madu berupa hidrogen peroksida yang berasal dari enzim lebah dapat bekerja sebagai antibiotik alami untuk luka bakar atau tergores.

Jadi tunggu apalagi, segeralah rutin mengonsumsi madu untuk hidup yang lebih sehat. Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis produk Madu di Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×