Ampuh! Inilah 6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang!

Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang – Orang yang mengalami sakit gigi pasti bawaannya selalu ingin marah. Untuk mengatasinya cobalah cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang berikut ini.

Salah satu penyebab sakit gigi adalah karena berlubang. Banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi gigi mereka.

Apalagi memeriksanya ke dokter, itu jarang sekali dilakukan. Oleh karena itu, agar gigi Anda tetap sehat, lakukanlah pemeriksaan secara rutin dan jaga kesehatan gigi.

Berikut ini adalah 6 cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang bisa Anda lakukan agar gig tetap sehat.

6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang, Ampuh!

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah atau dengan bantuan dokter.

1. Menambal gigi yang berlubang

Penyebab gigi ngilu salah satunya adalah gigi berlubang. Maka yang harus dilakukan agar gigi tidak terasa ngilu dan sakit adalah dengan menambalnya.

Menambal gigi yang berlubang adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Karena gigi yang berlubang dapat menyebabkan banyak bakteri masuk dan membuat gigi sakit.

Selain itu dengan menambal gigi dapat menghilangkan rasa sakit yang cukup lama, oleh karena itu menambal gigi adalah cara yang bisa Anda lakukan.

2. Merawat saluran akar gigi

Akar gigi adalah salah satu hal yang penting oleh karena itu perlu untuk merawatnya agar gigi tak terasa sakit dan ngilu.

Jika gigi ngilu akibat infeksi disertai dengan gejala demam dan pembengkakan rahang dan gusi, dokter biasanya juga akan meresepkan antibiotik dan obat pereda nyeri.

3. Merawat mulut agar selalu bersih

Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang pertama adalah menjaga kebersihan mulut dan merawatnya agar selalu bersih.

Caranya sangat mudah, rajinlah untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, atau kalau bisa sehabis makan langsung menggosok gigi agar gigi selalu bersih.

Dengan begitu mulut Anda bisa bersih selalu dan gigi tidak akan terasa ngilu.

4. Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang dengan madu

Kemudian Anda bisa melarutkan setengah sendok teh madu ke dalam segelas air dan berkumur-kumur.

Karena madu juga sama seperti garam yang memiliki sifat antiseptik untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

5. Cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang dengan garam 

Cara untuk mengatasi gigi berlubang dengan air garam yaitu dengan berkumur. Hal itu karena garam bersifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh ke dalam segelas air hangat kemudian kumur-kumur selama 30 detik dan buang airnya.

6. Cara mengatasi gigi berlubang dengan kunyit 

Selain menyedapkan makanan, kunyit juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami.  Senyawa kurkumin diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangan. 

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda parut setengah ruas kunyit dan letakkan parutan itu pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit tersebut menjadi pasta gigi.

Penyebab Sakit Gigi dan Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Karena Berlubang
Sumber: google.com/bersosial

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat gigi Anda sakit dan berlubang, berikut ini adalah sebab yang harus Anda hindari.

1. Akibat mengkonsumsi makanan dan minuman

Gigi ngilu terkadang tak bisa diduga datangnya. Salah satu penyebabnya adalah karena memakan makanan dan minuman yang mudah membuat gigi ngilu.

Makanan dan minuman tersebut biasanya yang bersifat masam, seperti saus tomat, lemon, dan yang bersuhu dingin.

2. Menggosok gigi terlalu keras

Kemudian penyebab gigi ngilu biasanya karena menggosok gigi yang tidak benar. Misalnya terlalu keras dan ditekan sehingga membuat luka pada gusi.

Hal itu lah yang membuat gigi terasa ngilu sehingga perlu dilakukan pengobatan agar gigi tak terasa ngilu lagi.

3. Gigi berlubang

Selanjutnya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang berarti gigi tersebut rusak, dan gigi yang rusak akan mudah terasa sakit dan ngilu karena ada luka atau  bakteri yang menyebabkan gigi ngilu.

Oleh karena itu jika memiliki gigi berlubang bersegeralah ke dokter untuk melakukan tindakan agar gigi bisa langsung ditambal.

4. Gigi retak

Adapun penyebab gigi ngilu lainnya adalah karena gigi yang mengalami keretakan. Gigi yang retak akan mudah terasa sakit dan ngilu.

Hal ini karena akar gigi yang retak mudah terpapar rangsangan dari luar, sehingga jika gigi terkena rangsangan tersebut akan terus menerus ngilu.

5. Gusi bengkak

Lalu gusi bengkak juga bisa menjadi penyebab gigi terasa ngilu dan sakit. Tak hanya membuat gigi ngilu, gusi yang bermasalah juga bisa menyebabkan gejala lain.

Misalnya gusi berdarah, bahkan jika parah bisa bernanah. Maka dari itu jika mengalami gusi bengkak harus segera diobati.

Demikianlah cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang yang bisa Anda lakukan dengan mudah, semoga bermanfaat dan selalu sehat!

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk selalu kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu bagi Anda yang ingin berjualan tanpa modal, sekarang dengan menjadi reseller di Evermos, Anda bisa berjualan tanpa modal, tanpa ribet kirim paket, dan tanpa ribet urus ini itu.

Langsung saja klik tombol di bawah ini untuk mendaftar. Yuk gabung sekarang!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88