Jangan Khawatir, Inilah 9 Tips Puasa Bagi Penderita Sakit Maag. Dijamin Ampuh!

Tips Puasa bagi Penderita Sakit Maag — Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, beberapa pola hidup akan berubah termasuk juga pola makan.  Selama kurang lebih 14 jam, perut tidak terisi apapun. Bagi orang normal, mungkin ini merupakah hal yang biasa. Namun bagi para penderita asam lambung. Puasa bisa menjadi sesuatu yang memicu. Namun jangan khawatir, berikut kami berikan tips puasa bagi penderita sakit maag agar puasa tetap aman dan nyaman.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, pasti mengerti bagaimana sulitnya mengatur pola makan untuk menghindari naiknya asam lambung.

Asam lambung berlebih bisa menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dispepsia. Gejalanya antara lain adalah rasa sakit di bagian perut, mual, muntah, dan perut kembung. Penderitanya akan sangat merasa tidak nyaman.

Untuk itu, Agar puasa lancar dan maag tidak kambuh saat berpuasa, berikut kami berikan tips puasa bagi penderita maag berikut ini.

Tips Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

1. Hindari telat sahur

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Sahur sangat penting posisinya dan diperlukan bagi tubuh sebagai bekal nutrisi dan tenaga agar kita bisa tetap beraktivitas seperti sedia kalah saat sedang berpuasa lebih dari 14 jam.

Usahakan bangun tepat waktu selama sahur agar Anda tidak terburu-buru untuk menghabiskan makanan. Namun sahur juga jangan terlalu awal. Ada baiknya mendekati imsak.

Perlu diperhatikan pula untuk tidak makan terlalu banyak karena dapat membuat lambung kaget dan bekerja lebih keras sehingga dapat memicu timbulnya keluhan pada lambung.

Intinya, Jangan lupa makan sahur karena sahur akan mencegah peningkatan asam lambung berlebih.

2. Pilih Makanan yang Lambat Dicerna

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Selanjutnya, untuk sahur pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat  kompleks agar lebih lambat dicerna oleh tubuh. Contohnya adalah seperti nasi merah, gandum, dan oatmeal. Makanan tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tubuh tidak akan merasa cepat lapar dan lemas sepanjang hari.

Adapun beberapa contoh lain dari makanan yang lambat saat dicerna adalah :

– Kurma : sumber karbohidrat, serat, potasium dan magnesium.
– Almond : banyak mengandung protein dan serat yang sangat berguna selama puasa.
– Pisang. Buah yang kaya akan nutrisi seperti potasium dan karbohidrat magnesium.

3. Jangan Tunda Waktu Buka Puasa

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Jika kita tidak boleh telat saat sahur, maka begitupun dengan saat berbuka. Segeralah berbuka saat adzan magrib  berkumandang. Kemudian upayakan untuk berbuka puasa dengan porsi makanan yang sewajarnya. makanlah secara beratur dan bertahap. Jangan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus.

Tidak lupa juga untuk mengunyah makanan dengan baik dan perlahan yang mana akan membuat kerja lambung tidak terlalu berat karena lambung membutuhkan ruang untuk mencerna makanan.

Biasakan mulai berbuka dengan makanan yang ringan terlebih dahulu seperti contohnya kurma. Makan malam berat setelah shalat magrib kemudian camilan malam hari setelah solat terawih seperti buah-buahan dan biskuit.

4. Makanlah Makanan Bergizi

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Asupan total kalori saat bulan puasa tentunya tetap sama dengan bulan lainnya. Hanya saja, saat bulan puasa frekuensi makannya menjadi 2 kali.

Jangan lupa untuk tetap tingkatkan asupan protein, sayur, dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi daging yang berlebihan saat sahur. Jika ingin memakan daging, pilihlah daging yang rendah lemak dan hindari makan jeroan.

5. Hindari Makanan Pemicu

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Selama sahur dan berbuka puasa, yang terpenting adalah batasi konsumsi makanan yang memicu naiknya asam lambung seperti makanan tinggi lemak (gorengan), tinggi gas seperti nangka atau durian, asam, dan pedas agar tidak mempengaruhi lambung kosong.

6. Perbanyak Asupan Cairan

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Untuk memperlancar ibadah puasa, penuhi asupan cairan adalah penting. Namun, bagi para penderita maag, asupan 8 gelas air per-hari belum cukup.

Penderita maag masih memerlukan lebih banyak asupan cairan. Sebagai pelengkapnya minumlah segelas susu pada saat sahur untuk mengurangi gejala maag dan ulkus peptik.

Jika bisa, imbangi asupan cairan dengan jus buah namun jangan yang terlalu Asam. Usahakan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak kalium agar tubuh dapat menyesuaikan dengan kondisi puasa.

Namun, ingat untuk menghindari minuman bersoda dan kafein ketika sahur atau berbuka.

7. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Tidur setelah makan saat sahur mungkin menjadi hal yang sulit dihindari. Namun, Anda tidak boleh langsung tidur setelah makan, karena hal ini dapat menjadi salah satu pemicu sakit maag.

Berilah jeda waktu setelah Anda makan. Lambung memerlukan waktu sekitar 2 – 4 jam untuk mencerna makanan yang masuk. Baik dalam kondisi berpuasa maupun tidak, risiko penyebab GERD meningkat pada seseorang yang langsung tidur setelah makan.

Karena saat Anda posisi tidur ketika lambung penuh, itu dapat menyebabkan katup antara lambung dan kerongkongan tertekan dan isi lambung akan naik ke kerongkongan.

Namun bila rasa kantuk tidak tertahankan, Anda bisa mencoba tidur dengan posisi setengah duduk sehingga posisi kepala dan bahu tetap lebih tinggi daripada perut.  Caranya adalah dengan menyangga kepala dan bahu dengan tumpukan bantal. Posisi ini dapat mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

8. Pilih menu makan yang tepat

Saat berbuka dan sahur, pilihlah sajian yang cocok dikonsumsi penderita sakit maag, seperti nasi dan oatmeal. Jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan ini dapat mengurangi risiko munculnya keluhan maag karena dapat menyerap asam lambung berlebih.

Selain itu, konsumsilah daging rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan, serta buah yang tidak asam, seperti apel, pisang, dan pir. Penderita maag juga disarankan untuk memasak makanan dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

9. Mengelola Stress

tips puasa bagi penderita sakit maag
sumber : shutterstock.com

Salah satu cara agar puasa lancar dan terhindari dari penyakit maag adalah menghindari stres dan mengendalikan emosi. Selain menahan lapar dan haus, saat puasa tentu kita juga harus mengendalikan emosi.

Selain meningkatkan pahala, hal ini dapat menurunkan risiko kambuhnya penyakit maag dan GERD. Penelitian menunjukkan ketika Anda stress dan sedang emosi, Anda bisa menjadi lebih sensitif terhadap nyeri yang diakibatkan oleh peningkatan asam lambung.

Maka dari itu Anda harus menenangkan diri dan melakukan beberapa teknik relaksasi untuk mengendalikan stress serta emosi. Salah satu caranya ialah dengan tidur yang cukup 6 – 8 jam per hari agar tubuh Anda dapat beristirahat maksimal.

Lakukan sejumlah teknik relaksasi seperti latihan pernapasan atau yoga ketika kamu merasa stres. 

Untuk Menghindari Stress saat puasa,  kita bisa mengisi waktu luang saat puasa Ramadan dengan ibadah dan kegiatan positif. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan adalah seperti berjualan.

Anda bisa mengisi waktu luang dengan bergabung menjadi reseller Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah ulasan mengenai tips puasa bagi penderita sakit maag.  Semoga dengan melakukan tips puasa bagi penderita sakit maag ini, Anda dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar tanpa suatu hambatan apapun.

Perlu Anda garisbawahi bahwa salah satu penyebab kambuhnya penyakit maag adalah keterlambatan makan yang kemudian menyebabkan luka pada lambung.  Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa melaksanakan ibadah wajib berpuasa di Bulan Ramadan.

Bagi penderita maag ada aturan kebiasaan makan yang harus diterapkan sebagaimana tips di atas. penderita maag yang melakukan puasa dengan cara yang tepat bahkan berpotensi untuk mendapatkan kesembuhan. Karena puasa yang baik dan benar akan membuat jadwal makan lebih teratur. Dengan demikian, lambung akan terbiasa dengan pola makan tersebut.

Jadi, jangan lupa untuk menjalankan tips ini ya. Semoga ibadahnya lancar, dan selamat menjalankan ibadah puasa!

Untuk membaca artikel mengenai puasa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

×