Wajib Tahu! Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan dan Keunggulannya

Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan – Bagi Anda yang menyukai makanan ringan dengan kemasan plastik, apakah sudah tahu jenis plastik kemasan makanan ringan?

Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner dan pasti membutuhkan kemasan plastik, apakah tidak salah pilih dalam memilih kemasan?

Ternyata kemasan yang sering kita jumpai ketika membeli makanan ringan ada banyak jenisnya. 

Selain untuk melindungi makanan, kemasan plastik juga berguna untuk mempercantik tampilan produk Anda.

Selain itu alasan banyaknya penggunaan jenis plastik kemasan makanan ringan adalah harga yang relatif murah, tahan lama, dan fleksibel untuk dibentuk semau Anda.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh soal kemasan plastik, simak artikel ini sampai selesai tentang jenis plastik kemasan makanan ringan dan keunggulannya.

Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan

Jenis plastik kemasan makanan ringan
Sumber: pexels.com

Pada artikel ini akan membahas delapan jenis plastik kemasan makanan ringan, berikut ini ulasannya untuk Anda.

1. Jenis plastik polipropilen atau PP

Plastik PP adalah salah satu plastik yang sering digunakan untuk kemasan makanan ringan. Plastik ini memiliki bentuk yang sedikit kaku dan tidak mudah disobek atau rapuh.

Jenis plastik PP ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan seperti yogurt, wadah sirup maple, wadah krim keju, dan wadah obat resep.

2. Jenis plastik polivinil klorida atau PVC

Berikutnya adalah plastik jenis PVC. Plastik jenis ini memiliki bentuk yang keras dan sudah berbentuk tetap, artinya tidak fleksibel bentuknya.

Biasanya plastik jenis ini biasa digunakan untuk makanan seperti nasi kuning, agar-agar, dan bisa juga digunakan untuk wadah minyak goreng.

3. Jenis plastik high density polyethylene (HDPE)

Selanjutnya ada jenis plastik high density polyethylene atau HDPE. Jenis plastik HDPE ini tidak fleksibel atau keras. Selain itu plastik ini juga tidak tembus cahaya.

Plastik HDPE sering digunakan untuk membungkus makanan. Tak hanya makanan, plastik HDPE juga sering dipakai untuk botol jus dan susu, cuka, wadah sirup, dan kantong belanja.

4. Jenis plastik etilen tereftalat atau PET

Jenis plastik kemasan makan ringan selanjutnya yaitu jenis PET. Plastik jenis ini memiliki perlindungan yang sangat baik dan penyerapan air yang rendah. 

Selain itu, plastik PET memiliki stabilitas dimensi yang baik untuk diletakkan di berbagai suhu udara. Plastik PET biasanya digunakan untuk membungkus makanan ringan dan minuman botol, bahkan toples kue.

5. Jenis plastik standing pouch

Berikutnya adalah jenis plastik kemasan makanan ringan standing pouch. Plastik ini cukup keras dan mampu berdiri tegak.

Standing pouch memiliki beragam warna dan berbeda dari jenis plastik lainnya, sehingga tampilan produk bisa lebih menarik. 

Selain untuk mengemasa makanan ringan, plastik standing pouch juga digunakan untuk  mengemas produk kecantikan.

6. Jenis plastik flat bottom pouch

Kemudian ada jenis plastik flat bottom pouch. Plastik jenis ini mirip dengan jenis stnading pouch, yakni sama-asma bisa berdiri.

Oleh karena itu plastik ini juga digunakan untuk jenis makanan ringan kering atau produk-produk tertentu.

7. Jenis plastik low density polyethylene atau LDPE

Selain jenis HDPE, ada juga jenis plastik kemasan makanan ringan yang mirip, yaitu plastik LDPE.

Plastik jenis ini adalah plastik yang paling murah dan sangat fleksibel bentuknya. LDPE sangat lentur dan bening sehingga banyak digunakan untuk mengemas makanan dan minuman.

8. Jenis plastik side gusset pouch

Jenis plastik ini sering disebut dengan  plastik bantal.

Side gusset pouch digunakan untuk mengemas makanan ringan seperti keripik dan snack, selain itu juga sering dipakai untuk mengemas biji kopi. 

Keunggulan Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan

Keunggulan jenis plastik kemasan
Sumber: pexels.com

1. Keunggulan plastik PP

Plastik polipropilen atau plastik  PP memiliki keunggulan yaitu memiliki titik leleh yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu plasti PP cocok digunakan untuk mengemas makanan yang digunakan dalam microwave atau bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring.

Selain itu plastik PP memiliki simbol segitiga berangka 5 yang artinya boleh digunakan berulang kali.

2. Keunggulan plastik PVC

Plastik PVC memiliki keunggulan seperti dua jenis konstruksi, yaitu konstruksi keras dan lunak. Sehingga bisa digunakan untuk mengemas makanan yang bentuknya tetap dan bisa juga untuk makana yang bentuknya fleksibel.

Plastik PVC juga memiliki simbol segitiga berangka 3 sebagai tanda kalau plastik ini tidak boleh digunakan kembali setelah selesai digunakan.

3. Keunggulan plastik HDPE

Jenis plastik kemasan makanan ringan HDPE memiliki kelebihan tidak tembus cahaya, jadi sangat aman untuk membungkus makanan.

Karena bentuk plastik ini kokoh, maka mampu untuk mempertahankan bentuknya yang tetap baik dibanding plastik lainnya.

4. Keunggulan plastik PET

Plastik PET memiliki bahan yang kaku dan kuat, sehingga mampu melindungi makanan atau minuman dari benturan.

Selain itu plastik PET memiliki simbol segitiga berangka satu yang memiliki arti tidak boleh digunakan kembali. 

Hal itu karena jika digunakan berulang kali akan meningkatkan risiko pencucian dan pertumbuhan banteri.

5. Keunggulan plastik standing pouch

Standing pouch sangat menarik untuk mempercantik display jualan Anda. Karena plastik ini memiliki warna yang beragam dan berdiri kokoh.

Bahkan Anda tidak perlu khawatir makanan yang ada di dalam kemasan ini melempem, karena kemasan ini kedap udara yang akan membuat makanan tetap renyah.

6. Keunggulan plastik flat bottom pouch

Jenis plastik ini memiiki keunggulan berupa jendela yang bisa memperlihatkan jenis makanan yang Anda kemas.

Selain untuk menarik pembeli, plastik ini juga bisa didesain dengan merek dan warna yang ciamik agar lebih menarik.

7. Keunggulan plastik LDPE

Selanjutnya ada jenis plastik LDPE yang memiliki keunggulan tidak mudah sobek, fleksibel dan tahan terhadap bahan kimia.

Plastik ini juga adalah plastik yang paling murah dan paling banyak digunakan. Meskipun murah, namun plastik ini bisa digunakan beberapa kali.

8. Keunggulan plastik side gusset pouch

Jenis plastik kemasan makanan ringan yang terakhir yaitu jenis side gusset pouch yang memiliki keunggulan mampu memberi perlindungan yang kuat.

Karena tidak tembus cahaya, plastik ini juga tebal sehingga makanan di dalamnya tetap awet dan aman.

Nah itu tadi jenis plastik kemasan makanan ringan dan keunggulannya masing-masing. jadi buat Anda yang masih bingung mau menggunakan plastik jenis apa, sekarang jangan salah pilih lagi.

Demikianlah ulasan mengenai jenis plastik makanan ringan dan keunggulannya. Jika Anda ingin melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Blog Evermos.

Tak lupa, bagi Anda yang mau jualan tanpa modal, sangat bisa dan hanya cukup bergabung menjadi reseller Evermos. Yuk gabung sekarang!

×