14+ Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Mudah Dikenali

Ciri Ciri Orang Hamil Dari Raut Wajah yang Sangat Menonjol – Orang yang sedang hamil memiliki banyak karakteristik, mulai dari perubahan postur tubuh, perubahan gaya hidup, perubahan suasana hati dan ekspresi wajah yang bisa berubah.

Perubahan fisik yang dialami ibu hamil sangatlah wajar, meski begitu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta suplemen imunitas.

Ciri-ciri ibu hamil dilihat dari ekspresi wajah biasanya dipengaruhi oleh perubahan hormonal yang menyebabkan kondisi jenis kulit ibu hamil berubah.

Misalnya, ibu yang biasanya memiliki kulit normal. Hal ini juga dapat mengubah kulitnya menjadi kulit yang berminyak.

Meski perubahan ekspresi wajah ini tidak dialami oleh sebagian besar ibu hamil, namun perubahan wajah saat hamil merupakan kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Untuk mengatasi perubahan ekspresi wajah ibu hamil juga tidak boleh sembarangan menggunakan produk perawatan wajah, karena dapat mempengaruhi kesehatan janin.

Ciri Ciri Orang Hamil Dari Raut Wajah

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Sumber: pexels.com

Berikut adalah Ciri Ciri Orang Hamil Dari Raut Wajah yang sangat menonjol:

1. Hidung Bengkak

Ciri-ciri ibu hamil dari ekspresi wajah bisa dilihat dari perubahan bentuk hidungnya. Peningkatan sirkulasi darah di selaput lendir, dapat menyebabkan hidung Anda membengkak selama kehamilan.

Peningkatan hormon estrogen, akan membuat hidung Anda akan terlihat lebih besar dan lebar. Hidung bengkak saat hamil, akan bisa menyebabkan penampilan Anda sedikit berubah dari biasanya.

2. Bintik Hitam Muncul

Bagi sebagian orang, flek atau melasma merupakan hal yang sangat mengganggu penampilan. Sayangnya, Anda harus berdamai dengan flek hitam di wajah saat hamil.

Pasalnya, munculnya flek hitam sebagai ciri ibu hamil dari ekspresi wajah sangat sering terjadi karena perubahan hormonal. 

Perubahan hormonal ini memicu produksi melanin yang tinggi, sehingga terjadi melasma di bagian tubuh seperti hidung, dagu, leher, dahi, dan pipi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.

Namun secara umum, tanda kehamilan ini sangat normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

3. Melasma

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Sumber: pexels.com

Ciri-ciri orang hamil dari ekspresi wajah yang pertama adalah melasma. Kondisi ini merupakan hiperpigmentasi akibat perubahan hormonal.

Tanda-tanda melasma, seperti munculnya bintik-bintik coklat di area dahi, pipi, atau dagu. Namun, melasma juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari.

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah Lainnya

4. Peningkatan Produksi Minyak di wajah

Saat hamil, produksi minyak alami di lapisan kulit juga akan meningkat.

Ini karena fluktuasi hormonal pada orang yang sedang hamil. Peningkatan hormon dan darah dalam tubuh, bisa membuat kulit berminyak dan kombinasi, yang bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit ibu hamil.

5. Mata Bengkak

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Sumber: pexels.com

Selain membuat wajah lebih berminyak, kehamilan juga bisa memicu pembengkakan mata sebagai ciri ibu hamil yang jarang diketahui.

Nah, Anda harus tahu bahwa mata bengkak saat hamil disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar mata.

Meski begitu, mata bengkak saat hamil tidak berbahaya. Anda bisa mengompresnya dengan air dingin dan mengurangi konsumsi garam agar mata bengkak bisa mereda.

6. Wajah Bengkak

Pembengkakan pada tangan dan kaki biasanya adalah hal normal selama kehamilan. Namun, wajah Anda akan kelaiatan menjadi lebih bulat dibandingkan sebelum hamil.

Tapi jangan khawatir, ini hanya akan bersifat sementara. Setelah melahirkan semuanya akan kembali normal.

Jika wajah Anda telah mulai membengkak dengan cara yang sangat menyakitkan dan tidak normal, maka hal itu bisa menjadi sebuah tanda preeklamsia dan Anda harus dengan segera berkonsultasi dengan dokter.

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah yang Umum

7. Kulit Kemerahan

Ciri-ciri ibu hamil dari ekspresi wajah selanjutnya adalah perubahan warna kulit. Saat hamil kulit akan menjadi terlihat kemerahan, terutama yang terlihat di bagian wajah Anda.

Ini karena tekanan darah, yang memengaruhi warna kulit.

Untuk bisa menutupinya, maka Anda bisa menggunakan sebuah make up atau skincare yang aman untuk ibu hamil. Atau Anda juga bisa segera berkonsultasi dengan dokter.

8. Kulit Jadi Sensitif

Selain itu juga, selama kehamilan kulit Anda menjadi jauh lebih sensitif terhadap produk yang selalu Anda gunakan sehari-hari.

Jangan pernah merasa heran jika Anda mendapati wajah Anda menjadi merah atau kering setelah menggunakan produk tertentu.

Cobalah untuk tetap menggunakan sebuah produk yang bersifat alami untuk menghindari beberapa komplikasi lebih lanjut.

9. Bintik-Bintik di Wajah

Mirip dengan bercak coklat karena sebuah pigmentasi, maka peningkatan kadar progesteron dan estrogen dapat menyebabkan sel-sel melanin di kulit Anda membangun lebih banyak pigmen.

Hal ini juga dapat menyebabkan bintik dan tahi lalat di wajah Anda terlihat lebih gelap.

Ciri Ciri Orang Hamil Dari Raut Wajah yang Menonjol

10. Wajah Bersinar

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Sumber: pexels.com

Tak hanya jerawat, kulit kemerahan hingga flek hitam.

Saat hamil kamu juga bisa tampil berkilau atau terlihat lebih glowing. Kehamilan akan menghasilkan jauh lebih banyak minyak karena peningkatan sebuah kadar hormon.

Hal ini bisa membuat kulit Anda berminyak, membuat ‘cahaya’ kehamilan semakin terlihat.

Selama trimester kedua, ada peningkatan aliran darah yang akan akan membawa lebih banyak darah ke dalam permukaan kulit, yang bisa membuat Anda terlihat bersinar dan glowing.

11. Jerawat Muncul

Ciri-ciri ibu hamil muda dari ekspresi wajah adalah munculnya sebuah jerawat yang ada di muka.

Munculnya banyak jerawat disebabkan karena pada orang yang sedang hamil, produksi hormon androgen meningkat dan menyebabkan penumpukan sebum lebih banyak pada kulit.

Sebum yang telah menumpuk juga dapat menyumbat pori-pori pada wajah sehingga akan mengakibatkan munculnya jerawat.

Namun bagi Anda yang mengalami hal ini tidak perlu khawatir, karena jerawat umumnya terjadi pada tahap awal kehamilan, yaitu trimester pertama dan kedua.

12. Kulit sensitif

Kulit sensitif merupakan salah satu ciri ibu hamil dari ekspresi wajah yang bisa sangat merepotkan. Anda mungkin mengalami gejala seperti kulit kemerahan, ruam, gatal dan terbakar saat menggunakan produk tertentu.

Sama seperti ciri-ciri ibu hamil muda dari ekspresi wajah yang bisa hilang setelah melahirkan, Anda juga tidak perlu khawatir dengan peningkatan sensitivitas kulit yang satu ini.

Untuk meredakan rasa gatal, Anda bisa mengoleskan lotion kalamin dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika.

13. Pembuluh Darah Membesar

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah
Sumber: pexels.com

Selain flek hitam, apa lagi ciri khas ibu hamil dari ekspresi wajah? Nah, bisa juga saat hamil Anda akan mengalami pembesaran pembuluh darah atau spider veins.

Vena laba-laba dapat terlihat pada permukaan kulit seperti leher, dada, lengan atas, dan wajah, yang tampak membesar dan bercabang.

Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak berbahaya dan akan hilang setelah melahirkan.

14. Tahi Lalat dan Bintik-Bintik Muncul

Dua hormon yang pasti akan meningkat produksinya selama kehamilan adalah progesteron dan estrogen.

Nah, perubahan ini memicu munculnya tahi lalat dan bintik pada ibu hamil. Selain itu, munculnya freckless sebagai ciri ibu hamil dari ekspresi wajah bisa disebabkan oleh peningkatan produksi pigmen di wajah.

Itulah ulasan tentang Ciri Ciri Orang Hamil Dari Raut Wajah yang sangat menonjol.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan sebarkan informasi berikut kepada orang terdekat Anda.

Jangan lewatkan membaca artikel menarik lainnya, silahkan mengunjungi situs blog Evermos. 

Mau coba bisnis modal minim langsung dari HP? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos sekarang juga!🤑🤑

×