4 Kebiasaan Yang Harus Dimiliki Agar Memiliki Tubuh Sehat

by Ananda P
0 comment
4 Kebiasaan Yang Harus Dimiliki Agar Memiliki Tubuh Sehat

<![CDATA[Selain dengan mengonsumsi makanan dengan pola makan yang buruk kurang istirahat hingga naiknya berat badan dalam tubuh akan menimbulkan beragam penyakit yang bisa menyerang tubuh.
Memilih pola makan yang buruk sepeti memilih-meilih dan hanya mengonsumsi makanan yang sama dalam kurun waktu cukup lama akan membuat nutrisi yang masuk dalam tubuh menjadi terbatas. Dan tubuh menjadi lebih mudah sakit. Sebaiknya terapkan pola baik ini secara perlahan.

1. Jangan membatasi jenis makanan

Ketika kita inging menurunkan berat badan bukan berarti kita harus menghindari jenis-jenis makanan tertentu. Menurut penelitian sebaiknya mengkonsumsi semua jenis makanan namun dalam jumlah secukupnya, jika memang makanan tersebut berpeluang besar menaikan berat badan sebaiknya makanlah sedikit demi sedikit.
Banyak orang yang melakukan diet sangat ketat dengan membatasi asupan makanan yang dikonsumsi, namun pada saat tubuh sudah ideal mereka justru akan balas dendam dengan makan dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena selama menjalani diet merasa kurang puas untuk menikmati makanan.

2. Asupan Makanan Yang seimbang

Untuk kamu yang sedang melakukan diet, bukan berarti tidak boleh makan dengan makanan yang berlemak. Seseorang dengan program diet masih diperbolehkan makan makanan yang berlemak, asalkan selalu ingat akan fokus utamanya yaitu menurunkan berat badan.
Setelah puas menikmati makanan berlemak ada baiknya imbangi dengan makan-makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur serta minum air putih, agar lemak dalam tubuh dapat tersingkir oleh serat dan nutrisi lain dari buah dan sayur. Selain itu manfaat air putih agar lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dengan mudah keluar melalui fases dan membantu kerja sistem pencernaan.

Baca Juga:

Berbisnis Sambil Beramal, Mengapa Tidak?

PELUANG USAHA SAMPINGAN

3. ​Hentikan​ menghitung kalori
Ketika kita sedang melakukan diet kita memang harus menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, namun bukan berarti kita harus terus menghitung satu per satu kalori yang terkandung dalam makanan. Ini justru akan membuat bingung dan takut ketika mencoba suatu makanan yang baru. Yang perlu diperhatikan saat diet adalah jumlah kadar gula, lemak jahat dan garam yang terkandung di dalam makanan. JIka memang masih takut dalam mengkonsumsi makanan berkalori terlalu banyak, sebaiknya hanya makan dalam jumlah kecil saja.

4. Mengganti menu makanan
Menjalankan program diet bukan berarti kita harus terus menerus mengkonsumsi makanan yang sama di setiap hari, misalnya makan sayur yang di kukus atau minum jus sayuran setiap hari. Ini justru akan membuat bosan ketika kita malas melanjutkan program diet.

Menurut Ilyse Schapiro, ahli diet di New York, mengatakan untuk selalu mengganti menu diet menjadi lebih bervariasi. Misalnya dengan mengganti bumbu dan teknik yang digunakan untuk memasak sayuran​. B​iasanya sayuran diolah dengan cara dikukus bisa divariasikan menjadi dipanggang atau digoreng menggunakan minyak zaitun.

You may also like