Yuk, Ikuti 6 Cara Pola Hidup Sehat Berikut Mulai Dari Sekarang!

Sudahkah kamu memperhatikan cara hidup sehat? Di tengah pandemi Covid 19 ini tentu sangat penting untuk kita lakukan.

Dengan memperhatikan pola hidup sehat, kondisi tubuh kita akan tetap terjaga dan imunitasnya pun kuat, sehingga akan membantu tubuh terhindar dari infeksi virus.

Terlebih saat ini juga sudah memasuki musim penghujan, biasanya faktor cuaca juga sangat rentan untuk terserang penyakit.

Maka dari itu, sudah tugas kita untuk selalu mengusahakan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat. Simak ulasan artikel berikut hingga tuntas, dan ikuti langkah-langkahnya ya!

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Olahraga Sepeda Membuat Sehat Fisik & Mental

Cara Pola Hidup Sehat

1. Menjaga Pola Makan

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Cara pola hidup sehat yang pertama ialah menjaga pola makan. Kamu pernah kepikiran gak? Kenapa makanan yang lezat itu justru belum tentu sehat?

Terkadang makanan lezat bisa mengundang penyakit? Misalnya makanan fast food atau junk food, yang seringkali bikin kita terlena.

Bahkan bahaya mematikan akibat sering mengonsumsi fast food atau junk food yaitu dapat menyebabkan peningkatan resiko obesitas dan penyakit kronis dan beberapa jenis kanker.

Jadi, sebaiknya kita harus lebih selektif lagi untuk mengonsumsi makanan. Tapi emang iya sih, pola makan sehat seringkali gak disertau dengan cita rasa lezat ketika disantap.

Mengonsumsi makanan lezat yang tetap sehat bisa kita lakukan juga kok, asal kita bisa pilih menu makanan sesuai selera.

Nah, inilah cara menjaga pola makan yang sehat yang bisa kamu lakukan:

  • Pilih sumber makanan protein yang tepat, seperti telur dan daging.
  • Tambah porsi sayuran dan buah-buahan.
  • Pilih sumber karbohidrat berkadar glukosa rendah namun memiliki serat tinggi, seperti beras merah dan gandum.
  • Pilih makanan 4 sehat 5 sempurna.
  • Kurangi konsumsi MSG. Hayooo, siapa yang seneng makan permicinan? Kurang-kurangi ya, walau sebenarnya kurang nikmat tanpa adanya penyedap rasa ini. Tapi, kita bisa menggantinya dengan penyedap rasa alami seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai dan bahan rempah lainnya.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Kamu pasti udah tahu kan, kalau sebagian besar tubuh kita ini terdiri dari cairan? Setiap orang membutuhkan air yang cukup untuk menjaga organ tubuh berfungsi maksimal.

Saat tubuh kekurangan air membuat fungsi tubuh menurun. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengonsumsi air putih yang cukup.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Sebaiknya hindari minuman yang mengandung gula berlebih atau minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tidak bernutrisi.

Yuk, mulai dari sekarang mulai konsumsi air putih yang cukup demi kesehatan tubuh kita!

3. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Ketika masih kecil, mungkin kamu merasa sebal dan sering membantah kalau disuruh tidur siang oleh orang tua. Tapi, setelah dewasa, justru bisa jadi momen berharga dan paling dinanti-nanti. Setuju?

Ternyata, tidur tidak hanya mampu menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga.

Idealnya, kita harus tidur sebanyak 7-9 jam. Jika kurang dari waktu tersebut, diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

Hindari pula untuk begadang, karena efek begadang akan membuat pola tidur ajdi berantakan. Bahkan ketika beraktivitas di keesokan harinya berpotensi akan mengantuk.

Yuk, mulai sekarang biasakan untuk istirahat atau tidur yang cukup agar tubuh kita tetap sehat!

Baca juga: 4 Kebiasaan Yang Harus Dimiliki Agar Memiliki Tubuh Sehat

4. Rutin Berolahraga

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Terkadang untuk sebagian orang, jika disuruh olahraga alasannya ‘mager’. Padahal manfaat olahraga ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Ketika olahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan.

Baik untuk anak kecil, orang dewasa sampai lansia pun masih memerlukan olahraga untuk menunjang kesehatan.

Banyak cara untuk berolahraga, untuk cara yang sederhana, kamu gak perlu pergi ke gym atau membeli peralatan olahraga yang mahal.

Kamu bisa mencoba olahraga ringan dan nyaman di rumah atau di sekitar komplek dengan jogging atau melakukan latihan-latihan olahraga lainnya yang bisa kamu temukan tutorialnya di internet.

Jadi, masih males untuk olahraga? Yuk, mulai sekarang jangan mager lagi olahraga! Minimal 2x dalam seminggu, akan lebih baik lagi setiap hari walau dalam waktu yang sebentar.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Tidak hanya peduli terhadap kesehatan diri kita, menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah suatu kewajiban bagi setiap individu. Selain lingkungan jadi bersih, ada pula manfaat lain yang akan dirasakan!

Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga agar kita, keluarga, dan masyarakat sekitar dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Lingkungan yang bersih dan terjaga dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak hanya kesehatan fisik saja, tapi lingkungan yang sehat juga dapat membuat kesehatan mental terjaga.

Kalau lingkungan yang kotor tentu membuat kamu merasa tidak nyaman lama-lama di tempat tersebut kan?

Jadi, harus dipastikan lingkungan yang kamu tinggali tetap bersih karena akan membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama.

Yuk, mulailah untuk menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari tempat atau lingkungan rumah yang kamu tinggali!

6. Rutin Cek Kesehatan

Cara Hidup Sehat
Sumber: pexels.com

Sebagian besar orang pasti akan memeriksakan kesehatannya apabila ada tanda-tanda suatu penyakit. Apakah kamu salah satu di antara orang-orang tersebut?

Cek kesehatan penting dilakukan meski kamu sedang merasa sehat-sehat saja. Melakukan cek kesehatan setidaknya satu tahun sekali dan akan lebih baik lagi jika kamu melakukannya setiap enam bulan sekali.

Namun, jumlah ini juga bergantung pada usia seseorang. Pada orang yang lebih tua berusia 40-70 tahun mungkin akan disarankan lebih sering.

Terkadang, ada sejumlah penyakit serius yang tidak dapat dilacak perkembangannya kecuali seseorang rutin melakukan cek kesehatan.

Itulah mengapa penting untuk melakukan cek kesehatan guna mengidentifikasi penyakit serius meski tubuh terlihat sehat dan fit.

Jadi, jangan lupa untuk rutin selalu cek kesehatan kamu ya!

Nah, itulah beberapa cara pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan pernah malas untuk melakukan pola hidup sehat dalam kehidupanmu sehari-hari ya!

Ingin menemukan informasi menarik lainnya? Yuk, cek artikel lainnya di situs blog Evermos!

×