Bacalah Doa Melunasi Hutang Ini Agar Mendapat Keringanan dari Allah SWT

Kehidupan manusia penuh dengan cobaan yang harus kita hadapi salah satunya urusan ekonomi. Jalan keluar dari permasalahan ekonomi biasanya dengan berhutang. Untuk menghadapi masalah ekonomi ini, ada baiknya kita meminta pertolongan kepada Allah SWT salah satunya dengan membaca doa melunasi hutang.

Dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT, InsyaAllah Masalah yang kita hadapi akan terasa lebih ringan. Karena sesungguhnya tidak ada pertolongan melainkan dari Allah SWT.

Baca Doa Melunasi Hutang ini Untuk Mendapat Pertolongan dan Kemudahan dari Allah SWT

Orang muslim tentu sudah diajarkan untuk selalu bergantung dan meminta pertolongan hanya kepadaNya. Oleh karena itu tidak heran jika doa melunasi hutang sudah diajarkan oleh Rasulullah pada para sahabatnya.

Hutang piutang merupakan suatu hal yang lazim terjadi di masyarakat. Agama Islam mengizinkan hukum utang piutang karena termasuk akad ta’awun (tolong menolong). Meski begitu, urusan hutang harus dilunasi dan terbebas dari riba.

Dari Ibnu ‘Umar,  Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki utang satu dinar atau satu dirham, maka utang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah)

Maka dari itu, jika kita memiliki hutang maka kita harus melunasinya. Namun, melunasi hutang bukanlah perkara yang mudah. Terkadang membuat pikiran tidak tenang, dan menguras tenaga serta emosi.

Ada salah satu alternatif cara untuk berikhtiar melunasi hutang, yaitu berikhtiar menjadi reseller Evermos sehingga Anda dapat berpenghasilan.

Jika sudah mendapatkan komisi, tentu bisa melunasi hutang, hati pun jadi tenang bukan?

Mari berikhtiar sekarang juga, raih keuntungan dan mudahnya dalam berjualan menjadi reseller Evermos.

Siap-siap Anda meraup pundi-pundi rupiah yang berkah dan halal. Setelah jadi reseller, insya Allah terhindar dari hutang.

Jadi Reseller Gratis

Maka dari itu hendaknya kita panjatkan doa agar selalu diberikan kemudahan rezeki dalam membayar hutang. Berikut, kami beri ulasan mengenai doa melunasi hutang dari Rasulullah SAW.

Baca Juga : Doa Penglaris Dagangan, 1 Ayat yang Ampuh dan Mudah Diamalkan

Doa Melunasi Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

doa melunasi hutang
sumber : pexels.com

Kepada para sahabatnya, Rasulullah SAW selalu menegaskan bahwa utang-piutang adalah perkara yang harus disegerakan. Karena pentingnya, Rasulullah sampai mengajarkan doa kepada para sahabatnya.

Islam mengajarkan untuk tidak menganggap sepele masalah utang. Bahkan, jika ada keluarga yang meninggal dunia, para ahli waris berkewajiban untuk membereska masalah utang-piutang sebelum dimakamkan.

Dikisahkan bahwa seseorang yang sedang terhimpit pernah datang kepada sahabat Ali bin Abi Thalib RA dan mengeluhkan kondisinya. Kemudian beliau mengatakan,”Maukah kamu aku ajari doa yang pernah Rasulullah SAW ajarkan kepadaku, Seandainya hutangmu sebesar gunung shir (gunung terbesar di kota yaman) Allah akan membantu melunasi hutang Anda, untuk itu Maka ucapkanlah :

اَللّٰهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya :“Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.” HR. At-Tirmidzi 5/560 dan lihat kitab Shahiihut Tirmidzi 3/180.

Kita dianjurkan untuk membaca doa ini, apabila menginginkan rezeki yang melimpah dan berkah.

Bahkan, menurut riwayat Imam Tirmidzi, Ali bin Abi Thalib RA pernah tidak sanggup membayar hutangnya. Setelah itu, beliau menceritakan hal ini pada Rasulullah SAW.  Ali bin Abi Thalib RA pun diperintahkan untuk membaca doa ini sebanyak-banyaknya.

Ingin mendapatkan rezeki yang berkah dan melimpah, jangan lupa untuk segera daftar menjadi reseller Evermos.

Jualan tanpa modal untungnya juga maksimal. Tunggu apalagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mendapatkan komisi jutaan rupiah!

daftar disini sekarang

Baca Juga : Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT | Dari Al-Fatihah Hingga Doa Hajat

Doa Melunasi Hutang yang Mustajab Dibaca Sebelum Tidur

doa melunasi hutang
sumber : pexels.com

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:
“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi menyatakan bahwa maksud hutang dalam hadits ini adalah kewajiban pada Allah SWT dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33)

Ikhtiar dalam Melunasi Hutang

doa melunasi hutang
sumber : pexels.com

Kita sudah mengetahui bacaan doa melunasi hutang. Ada baiknya kita mengamalkannya agar senantiasa hati menjadi lebih tenang dan mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Namun, apalah artinya doa jika tanpa usaha. Kita pun perlu berikhtiar dan selalu berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan hutang piutang ini. InsyaAllah Rezeki akan datang kepada siapapun yang berusaha menjemputnya.

Setiap orang memiliki cara untuk mengupayakan untuk mendapatkan penghasilan atau menjemput rezeki, salah satunya dengan berjualan.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Silahkan klik di bawah ini untuk bergabung menjadi reseller Evermos dan langsung bisa mulai berjualan!

mulai jualan sekarang

Sekian ulasan mengenai bacaan doa melunasi hutang. Semoga kita menjadi orang yang selalu tabah, ikhlas, dan berikhtiar dalam menjalani kehidupan ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu meringankan permasalahan Anda. Untuk membaca artikel tentang doa lainnya, Anda bisa Mengunjungi Blog Evermos.

×