5 Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah, Amalkan agar Dipermudah!

Ketika sedang terlilit hutang dan sudah mengusahakan berbagai cara untuk melunasinya, namun tidak kunjung mendapatkan titik terang, kamu mungkin lupa menerapkan ikhtiar melalui doa pelunas hutang yang diajarkan Rasulullah SAW. 

Hutang memang menjadi sumber masalah dan kesedihan yang menjebak setiap orang dalam belenggu kecemasan dan ketakutan. Bagaimana tidak? Bayang-bayang hutang tak kunjung lunas seringkali membuat tidak tak nyenyak. 

Keputusan mengambil pinjaman dengan berhutang terkadang juga terjadi karena seseorang tidak ada pilihan lain selain meminjam uang milik orang lain. 

Sebab, kondisi perekonomian setiap orang berbeda-beda, sehingga ada yang memang memiliki rezeki berlebih, dan ada yang masih kekurangan dan butuh pertolongan. 

Namun, bagaimana Islam mengatur umatnya dalam berhutang? Lalu apa saja doa-doa yang bisa diamalkan oleh seseorang untuk melunasi hutangnya? Simak penjelasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar yang Diajarkan Rasulullah  

Hukum Berhutang dalam Islam 

doa pelunas hutang yang diajarkan rasulullah
Sumber: pexels.com

Berhutang dalam Islam adalah suatu hal yang boleh (mubah), asalkan penggunaannya untuk keperluan yang baik dan halal. 

Meski begitu, Islam mengajarkan agar umatnya hidup sederhana dan berusaha keras untuk menghindari berhutang. Jika dalam keadaan terpaksa harus berhutang, ada beberapa syarat dan hukum yang harus terpenuhi dan diikuti:

1. Niat dan Tujuan

Niat berhutang harus karena keperluan yang mendesak dan harus digunakan untuk hal-hal yang halal dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.



2. Kemampuan Melunasi

Sebelum berhutang, individu harus yakin bahwa mereka dapat melunasi hutang tersebut. Jika individu mengetahui bahwa mereka tidak mampu melunasi hutang, maka berhutang menjadi haram.

3. Keadilan dan Transparansi

Ketika berhutang, individu harus menjelaskan dengan jujur dan transparan tentang tujuan dan kemampuannya untuk membayar hutang tersebut. 

4. Hutang tanpa Riba

Dalam Islam, riba atau bunga adalah haram. Oleh karena itu, berhutang dengan bunga juga menjadi haram.

5. Menunaikan Janji

Islam sangat menekankan pentingnya menunaikan janji. Jika seseorang berhutang, ia wajib untuk melunasinya sesuai dengan kesepakatan awal sebelum berhutang. 

Ingatlah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengambil uang orang lain dengan niat untuk membayarnya kembali, Allah akan membantunya (untuk melunasinya), dan barangsiapa yang mengambilnya dengan niat untuk membinasakannya, maka Allah akan membinasakannya.” (HR. Bukhari).

Sungguh, hutang adalah komitmen yang serius dan menanganinya harus dengan penuh tanggung jawab. 

Berhutang bukanlah solusi jangka panjang untuk masalah finansial dan sebaiknya menghidari jika mungkin. Ketika kita berhutang, kita harus melakukan yang terbaik untuk melunasi hutang tersebut sesuai dengan janji kita.

Kumpulan Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah

Beberapa hadist meriwayatkan ajaran Rasulullah mengenai doa untuk melunasi hutang hingga doa memohon kepada Allah agar memberikan kita hamba-Nya kelancaran rezeki. Berikut berbagai doa yang bisa kamu amalkan.

1. Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah Kepada Abu Umamah

doa pelunas hutang yang diajarkan rasulullah
Sumber: pexels.com

Doa ini terdapat dalam hadist riwayat Tirmizdi, yang mana Rasulullah masuk ke masjid dan melihat sahabatnya, Abu Umamah, tanpak sedang bersedih. 

Rasulullah lalu bertanya, “Mengapa engkau tambah sedih wahai Abu Umamah?”. 

Lalu Abu Umamah menjawab, “Beberapa hutang yang menumpuk membuatku tidak tenang, ya Rasul.”

Mendengar jawaban tersebut, Rasulullah kemudian mengajarkan doa ini sebagai solusi agar hutang Abu Umamah cepat lunas, dan terhindari dari utang di masa mendatang. Berikut doa yang Rasulullah ajarkan. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahror rijal.”

Yang artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung kepada-Mu dari pengecutan dan kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penindasan manusia.”

2. Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah Riwayat Bukhari 

doa pelunas hutang yang diajarkan rasulullah
Sumber: pexels.com

Berikut ini doa agar hutang cepat lunas dari hadist riyawat Bukhari yang bisa kamu baca ketika sedang terlilit hutang:

  اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْت

 “Allahumma rahmataka arju, fala takilni ila nafsi tarfata ‘ainin, wa aslih li sha’ni kullahu, la ilaha illa anta.”  

Artinya: “Ya Allah, aku mengharap rahmat-Mu, janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri walau hanya sekejap mata, dan perbaikilah semua urusanku, tidak ada tuhan selain Engkau.”

3. Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah Riwayat Ahmad

Sumber: pexels.com

Selain kedua doa di atas, kamu juga bisa mengamalkan doa untuk melunasi hutang segunung dari hadist riwayat Ahmad, berikut ini. 

   اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid dayni wa qahri rijal.”   

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan kesusahan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari pengecutan dan kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari dominasi hutang dan penindasan manusia.”

4. Doa Pelunas Hutang dan Banyak Rezeki 

doa pelunas hutang yang rasulullah ajarkan
Sumber: pexels.com

Selanjutnya, doa agar hutang cepat lunas jufa terdapat dalam Hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi dari Anas bin Malik. Berikut adalah doanya dalam bahasa Arab, dan bahasa Indonesia:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumma kfinii bihalaalika ‘an haraamika wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwaaka.”

Artinya: “Ya Allah, cukupilah aku dengan halal-Mu daripada haram-Mu, dan cukupilah aku dengan karunia-Mu daripada meminta kepada selain-Mu.”

Doa ini bermaksud untuk meminta kepada Allah agar memberi kita hamba-Nya kecukupan dari rezeki yang halal sehingga tidak perlu berhutang atau terjerumus ke dalam hal-hal yang haram. 

Dan juga meminta kepada Allah agar memberikan kekayaan yang cukup sehingga tidak membutuhkan pertolongan dari siapa pun selain Allah.

5. 5 Dzikir Pelunas Hutang

Sumber: pexels.com

Selain membaca berbagai doa yang menjadi anjuran dan ajaran Rasulullah SAW, umat Muslim juga bisa membaca dzikir secara rutin setiap hari untuk mendapatkan kemudahan dalam melunasi hutangnya.

Berikut adalah lima dzikir yang bisa kamu amalkan untuk membantu melunasi hutang:

a. Istighfar 

 استغفر الله 

“Astaghfirullah”

 Artinya: “Aku meminta ampun kepada Allah.”

b. Dzikir Nabi Yunus AS. 

 لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين 

“Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inni kuntu minadh dhaalimeen.“

 Artinya: “Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim.”

c. Dzikir Hauqalah

 لا حول ولا قوة إلا بالله 

“Laa hawla wala quwwata illa billah.“

Artinya: “Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

d. Dzikir Hasbiyallah

 حسبنا الله ونعم الوكيل 

“Hasbunallahu wa ni’mal wakeel.“

Artinya: “Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.”

e. Takbir

 الله أكبر 

“Allahu Akbar.“

 Artinya: “Allah Maha Besar.”

Amalan Pelunas Hutang agar Dipermudah

Sumber: pexels.com

Selain membaca berbagai doa di atas, kamu juga perlu melakukan amalan yang dapat mempermudah agar doa tersebut Allah SWT kabulkan. Islam mengajarkan kita mengenai cara mengamalkan doa pelunas hutang. 

Berikut adalah beberapa amalan yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pelunasan hutang, selain memanjatkan doa dan dzikir:

1. Sedekah

Sedekah bisa membantu melunasi hutang dengan cara membuka pintu rezeki. Sebuah hadits menyebutkan bahwa sedekah dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api. Sedekah bisa dalam bentuk materi atau non-materi, seperti membantu orang lain atau melakukan kebaikan.

2. Sholat Tahajud

Bangun di tengah malam untuk sholat Tahajud dan berdoa kepada Allah dalam keadaan khusyu’. Ini adalah waktu yang sangat Rasulullah anjurkan untuk kita berdoa dan meminta pertolongan Allah.

3. Membayar Zakat

Zakat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang memiliki harta mencapai nisab. Zakat dapat membersihkan harta dan membuka pintu rezeki.

4. Tawakkal

Setelah berusaha keras dan berdoa, serahkan segala hasil kepada Allah. Yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki dan pelindung.

5. Menghindari Riba

Riba adalah sesuatu yang sangat menjadi larangan dalam Islam dan bisa menyebabkan penghalang dalam melunasi hutang.

6. Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

Menjaga hubungan baik dengan orang lain dan memaafkan kesalahan mereka juga bisa membantu melunasi hutang. Dalam sebuah hadits, menyebutkan bahwa orang yang suka memaafkan, Allah akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat.

Melalui doa pelunas hutang yang diajarkan Rasulullah ini, mengingatkan kita kembali akan pentingnya menghindari hutang dan menjalani kehidupan yang sederhana, jujur, dan berdikari. 

Ingatlah bahwa perlu menyertai semua amalan ini dengan usaha nyata dalam membayar hutang, seperti mencari pendapatan tambahan atau mengatur keuangan dengan lebih baik. 

Apabila kamu sedang terlilit hutang, namun belum kunjung memiliki pendapatan ataupun pekerjaan, kamu bisa mencoba salah satu solusi ini. 

Selain Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah, Cek Platform yang Bisa Bantu Mendapat Penghasilan Ini!

Apabila Anda sedang mencari cara untuk menambah penghasilan dan berpotensi melunasi hutang lebih cepat, mengapa tidak mencoba menjadi reseller atau dropshipper di Evermos? 

Dengan menjadi bagian dari Evermos, Anda dapat menjual berbagai produk berkualitas tanpa perlu stok barang. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa memulai bisnis ini kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, Evermos menawarkan sistem yang mudah dan transparan untuk semua reseller dan dropshipper, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mencari tambahan penghasilan. 

Jadi, yuk amalkan doa pelunas hutang, berikhtiar, dan mulai langkah baru dengan Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk daftar secara gratis sebagai reseller ataupun dropshipper Evermos. 

Jangan lupa untuk baca informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos. Semoga Allah memberkahi usaha kita semua! 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)