11 Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar dan Artinya, Ampuh!

Doa menagih hutang ke orang yang susah bayar merupakan salah satu cara ampuh ketika ada orang yang berhutang kepada kamu namun tidak kunjung membayar kewajibannya.

Mengamalkan doa menagih hutang ini bertujuan agar Allah SWT melapangkan hati orang yang berhutang dan memberikan ia rezeki yang cukup untuk melunasi hutang-hutangnya.

Apalagi dalam Islam persoalan hutang memang menjadi hal yang serius dan harus diselesaikan dengan adil dan penuh perhatian, baik itu dari peminjam maupun yang meminjam.

Untuk itu, jika kamu membutuhkan bacaan doa menagih hutang ke orang yang susah bayar, mari amalkan doa-doa di artikel ini.

Baca juga: 6 Doa agar Diberi Kemudahan atas Kesulitan yang Dihadapi.

Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

doa menagih hutang ke orang yang susah bayar
Sumber: Dokumentasi Evermos

1. Doa Menagih Hutang Agar Berhasil Jarak Jauh

Perihal orang yang susah membayar hutang, mari amalkan doa agar orang cepat mengembalikan uang kita berikut ini: 

 

للَّهُمَّ لَاحْظَةً مِّن لَّحْظَتِكَ الْكِرَامِ، تُيَّسِّرُ عَلَى غُرَمَائِ بِهَا الْقَضْلَاءَ وَتُيَّسِّرُ لِي بِهَا مِنْهُمُ الِاقْتِضَاءَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Allahumma lahdhotan min lahazhotikal kiram, tuyassiru ‘ala ghuramai bihal qodlaa wa tuyassiru li biha minhumul iqtidlaa, innaka ‘ala kulli syaiin qodir.

Artinya: “Ya Allah, melalui karunia dari banyak karunia-Mu yang mulia, mudah-mudahan Engkau mempermudah dengannya pada orang-orang yang berhutang padaku untuk melunasi, dan mudah-mudahan Engkau mempermudah padaku untuk menagih pada mereka, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”



2. Doa Menagih Hutang Orang yang Kabur 

Apabila kamu mengalami kesulitan menagih hutang kepada orang lain, kamu bisa membaca Surah Al-Baqarah ayat 250 ini, sebagai doa menagih hutang ke orang yang susah bayar.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى القَوْمِ الكَافِرِينَ

Rabbana afrigh ‘alaina sabra wa tsabbit aqdaamana wansurna ‘ala al-qaumil kafirin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, curahkanlah kesabaran kepada kami dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami melawan orang-orang yang kafir.”

3. Doa Agar Orang Cepat Mengembalikan Uang Kita

Doa supaya orang bayar hutang selanjutnya adalah dengan memohon langsung kepada Allah untuk memudahkan orang-orang yang berutang kepadamu. Berikut ini bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ لَهْدَةً مِنْ لَهْزَاتِكَ الْكَرِيمَةِ، تَيَسِّرُ عَلَى غُرَمَائِي بِهَا الْقَضَاءَ، وَتُيَسِّرُ لِي بِهَا مِنْهُمُ الْإِقْتِضَاءَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Allahumma lahdhotan min lahazhotikal kiram, tuyassiru ‘ala ghuramai bihal qodlaa wa tuyassiru li biha minhumul iqtidlaa, innaka ‘ala kulli syaiin qodir.

Artinya: “Ya Allah, melalui karunia dari banyak karunia-Mu yang mulia, mudahkanlah orang-orang yang berhutang padaku untuk melunasi, dan mudahkanlah aku menagih pada mereka, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca juga: 5 Doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah, Amalkan agar Dipermudah!

Dzikir Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

doa menagih hutang ke orang yang susah bayar
Sumber: canva.com

Selain membaca doa, kamu juga bisa membaca dzikir sehari-hari agar permohonan kamu dapat dikabulkan Allah SWT dengan segera. Berikut ini beberapa dzikir menagih hutang: 

1. Dzikir As Samii 

As Samii (ٱلسَّمِيعُ adalah salah satu nama Allah SWT dalam Asmaul Husna yang ke-26 yang artinya adalah Maha Mendengar.

Maknanya yaitu Allah SWT akan mendengar apapun yang Anda inginkan termasuk agar orang yang berhutang kepada Anda sadar dan segera melunasi hutangnya.

Oleh karena itu, bacalah “As Samii” sebanyak 500 kali setiap hari Kamis setelah mendirikan sholat 2 rakaat. Setelah itu, sambung dengan beberapa rangkaian doa agar orang bayar hutang.

2. Dzikir Al-Mu’izz

Doa untuk kelancaran penagihan hutang juga dapat membaca dzikir Al-Mu’izz hingga 140 kali seminggu pada malam Jumat atau Senin malam setelah sholat Maghrib.

Al-Mu’iiz merupakan salah satu sifat Allah di dalam Asmaul Husna yang artinya Yang Maha Memuliakan (Makhluk-Nya).

Dengan mengamalkan bacaan ini, maka kamu akan mendapatkan keyakinan dan pemahaman bahwa Allah memiliki kekuatan yang tangguh termasuk perihal hutang piutang.

3. Dzikir Yaa Mudzil 

Doa agar lancar penagihan utang, membaca “Yaa Mudzil(الْمُذِلُّ) sebanyak 770 kali sehari.

Caranya yaitu dengan membayangkan orang yang berutang kepada kamu sembari berdoa agar ia segera melunaskan hutangnya kepada kamu. 

Baca juga: Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga.

Amalan Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

doa menagih hutang ke orang yang susah bayar
Sumber: canva.com

Jika kamu telah mengamalkan dzikir dan doa menagih hutang ke orang yang susah bayar dan merasa masih butuh usaha lebih, mari amalkan beberapa amalan berikut ini: 

1. Membaca Surat Ali Imran 

Pada surat Ali Imran terdapat beberapa ayat yang biasanya juga digunakan sebagai doa menagih hutang agar dibayar. Berikut beberapa ayat Ali Imran yang dapat dijadikan doa: 

  • Ali Imran Ayat 16

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa innanaa aamannaa faghfirlanaa dzunuubanaa wa-qina ‘adzaabannar.

Artinya: “Wahai Tuhan kami!, sesungguhnya kami telah beriman, maka berilah ampunan atas segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka” (QS. Ali ‘Imran: 16).

  • Ali Imran Ayat 26 dan 27

قُلِ اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُ ۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Quli Allaahumma Maalika Almulki Tu’tii Al Mulka Man Tasyaau Watanzi’u Almulka Mimman Tasyaau Watu’izzu Man Tasyaau Watudzillu Man Tasyaau Biyadika Alkhayru Innaka ‘Alaa Kulli Syay-In Qadiirun. 

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki.”

2. Membaca Surat Al-Fatihah

Doa menagih hutang jarak jauh salah satunya yaitu melaksanakan amalan Al-Fatihah sambil menyebut orang berhutang. Ada cara tertentu mengamalkan Al Fatihah untuk bayar hutang. 

Caranya yaitu membaca ayat pertama yaitu “bismillahirohmanirohim” ketika hendak bepergian.

Lalu saat sampai ke rumah orang berhutang baca doa, “Ya Allah, saya hadiahkan Al-Fatihah kepada (nama orang yang berhutang)” lalu bacakan Al-Fatihah sebanyak 1 kali.

3. Membaca Surat Al-Insyirah 

bacalah dengan surat An-Nasr sebanyak 4x, Al-Ikhlas sebanyak 7 kali dan dzikir berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَسَيْطَانٍ مَرِنٍ، وَشَمْتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahhumma inni, a’u zubikamin, gholabatid daini, wasyamatatil, aqda’a.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari beratnya hutang, kejahatan orang yang suka menzalimi, dan ejekan musuh.”

4. Membaca Ayat Kursi 

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

5. Melaksanakan Sholat Tahajud 

Salah satu amalan yang bisa kamu coba agar Allah SWT mengingatkan orang yang berhutang kepada kita yaitu melaksanakan shalat sunnah tahajud.

Sambil melaksanakan shalat tahajud, amalkan bacaan surah Al-Insyirah yang menjadi doa agar orang mau membayar hutang.

Lalu, bacalah Surat An-Nashr sebanyak 4 kali dan surah Al-Ikhlas sebanyak 7 kali, kemudian tutup dengan dzikir “Allahumma inni, a’u zubikamin, gholabatid daini, wasyamatatil, aqda’a.”

Baca juga: 5 Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah Sesuai Sunnah 

Itulah penjelasan tentang doa dan amalan serta dalil tentang berhutang yang patut kamu ketahui sebagai seorang muslim.

Semoga dengan mengamalkannya dan mengenali lebih dalam syariat hutang, maka kita akan mendapatkan kemudahan baik itu ketika membayar maupun akan menagih hutang. 

Sebarkan artikel ini berikut kepada orang-orang terdekat kamu yang membutuhkannya. Kamu juga dapat membaca informasi menarik lainnya hanya di blog Evermos.

Selain itu, kamu bisa kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal.

Apalagi, jika kamu tertarik memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombol dibawah ini dan dapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)