Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga

Dalam kehidupan, pada situasi tertentu kita tidak dapat terhindarkan dari yang namanya berhutang. Hutang piutang tetap diperbolehkan dalam Islam sebab hutang piutang termasuk ke dalam salah satu akad ta’awun yaitu untuk tolong menolong orang yang membutuhkan bantuan. Namun, terkadang kondisi tidak memungkinkan bagi diri untuk segera melunasi hutang tersebut. Bagi Anda yang sedang terlilit hutang, bacalah doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga berikut.

Tata cara berhutang juga telah diatur dalam Al-Quran yaitu firman Allah SWT yaitu perlu untuk dicatat agar tidak adanya potensi kedzaliman antara yang berhutang maupun orang yang dihutangkan.

Inilah firman Allah SWT mengenai tata cara berhutang,

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kalian melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kalian menuliskannya.” (QS Al-Baqarah: 282).

Adapun jika akad hutang sudah jelas tentunya sudah menjadi sebuah kewajiban bagi orang yang berhutang untuk segera melunasi hutang tersebut sesuai jangka waktu yang disepakati bersama.

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang dengan Cara Tak Terduga #1

Adapun doa untuk membayar hutang dengan cara tak terduga berikut dikutip dari salah satu kisah sahabat Rasulullah SAW bernama Anshar. 

Hadits mengenai kisah berikut tertuang dalam hadits riwayat Abu Daud pada hadits nomor 1555.

Suatu hari, Rasulullah masuk masjid kemudian terdapat seorang laki-laki kaum Anshar bernama Abu Umamah.

Kemudian, Beliau menyapanya. 

“Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat? Abu Umamah menjawab: Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul. “

Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?”

Umamah menjawab,” Tentu, ya Rasul. “

Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah: 

  اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Diketahui setelahnya Abu Umamah mengamalkan doa tersebut, setelah itu Allah SWT menghilangkan kebingungannya dan memberi kemampuan dalam melunasi utang.

Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga #2

Selain mencoba untuk mengamalkan doa tersebut, Anda juga dapat membaca doa agar tidak terlilit hutang lainnya seperti berikut.

Rasulullah SAW sebagai suri tauladan umat Muslim saat ini, pernah mengajarkan sebuah doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga kepada Ali bin Abi Thalib RA.

Kepada Ali, Rasulullah menyampaikan doa tersebut kepada salah satu budak milik orang yang berusaha memerdekakan dirinya.

Ali RA menceritakan bahwa salah seorang budak tersebut mengeluh kepadanya terkait cicilan biaya yang harus ditanggungnya agar terbebas dari perbudakan.

Uang yang disebutkan oleh budak tersebut tentunya tidak dapat dibayar sekaligus, sehingga budak pun merasa terbebani.

Kepada budak itu, Ali RA berkata, ” Maukah engkau kuberitahu beberapa kalimat yang diajarkan Rasulullah SAW kepadaku? Kalau kau terbenani utang sebesar gunung, niscaya Allah akan melunasinya.”

Kisah tersebut tercantum dalam kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi. Berikut doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga yang diajarkan Rasulullah SAW:

Allahumma ikfini bihalalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘amman siwaka.

Artinya:

“ Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu, cukupkanlah aku dengan karunia-Mu, bukan dari selain-Mu.”

Nah, itulah dua doa mengenai doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga yang bisa Anda amalkan di waktu-waktu mustajab.

Semoga dapat bermanfaat serta diijabah untuk melunasi hutang-hutang.

Sebarkan artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkan doa berikut.

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan dengan jualan online tanpa modal, adalah keputusan yang tepat untuk bergabung menjadi reseller hebat di Evermos.

Gabung sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan berikhtiarnya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88