5 Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah Sesuai Sunnah

Amalkan bacaan doa agar hutang cepat lunas dan rezeki berlimpah ini, Insya Allah dikabulkan dan lancar!

Dalam sisi kehidupan ada saatnya seseorang tidak memiliki kemampuan finansial dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sehingga kondisi tersebut membuat orang melakukan berhutang kepada orang lain.

Allah SWT juga pernah berfirman tentang ketentuan berhutang kepada orang lain dan menganjurkan agar orang lain membantunya.

Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Baqarah ayat 280-283 berikut,

وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيْسَرَةٍ ۚ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Wa ing kāna żụ ‘usratin fa naẓiratun ilā maisarah, wa an taṣaddaqụ khairul lakum ing kuntum ta’lamụn”

Artinya: “Dan jika (orang yang berutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui,” (QS. Al Baqarah [2]: 280).

Lantas sebagai orang yang punya hutang kepada orang lain, bagaimana doa agar hutang cepat lunas dan rezeki berlimpah?

Di bawah ini adalah tuntunan doanya.



Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasha’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasha’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka.

Artinya: “Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tanganMu kebaikan , karena Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR. At Thabrani)

Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah #2

Allaahumma innii as’aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Artinya: Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu.

Dzikir Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah #3

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud).

Baca Juga : 9 Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar, Ampuh!

Amalan Doa Pelunas Hutang

Bagi yang sedang memiliki hutang kepada orang lain, besar harapan agar dapat melunasi hutang secepatnya agar tidak terbebani dengan hutang.

Di bawah ini adalah amalan doa pelunas hutang yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

1. Melakukan Shalat Malam

Shalat malam memiliki keutamaan yang luar biasa untuk mengabulkan hajat atau keinginan seseorang. Terutama bagi yang ingin segera menyelesaikan pembayaran hutangnya.

Lakukan sholat malam dengan khusyu dan niatkan karena Allah SWT.

Selesai shalat jangan lupa untuk meminta doa agar Allah melancarkan rezeki agar bisa membayar hutang secepatnya.

2. Membaca Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Berlimpah #4

Rasulullah SAW pernah meriwayatkan hadist suatu keitka sahabat Abu Umamah kebingungan untuk melunasi hutang-hutangnya.

Doa berikut dibaca pada waktu pagi dan sore hari sambil mengerjakan amalan lainnya.

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

3. Doa Ali bin Abi Thalib RA #5

Selain Rasulullah SAW, ada pula doa yang diajarkan kepada Ali bin Abi Thalib RA supaya lunas hutang.

Inilah bacaan doanya,

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka,”.

Artinya: “Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu.” (HR Tirmidzi).

Nah itulah ulasan doa agar hutang cepat lunas dan rezeki berlimpah yang bisa kita amalkan.

Semoga dengan mengerjakan segala amalan, doa dan ikhtiar dapat melunasi hutang-hutang kepada orang lain, Aamiin.

Jika artikel berikut membantu sebagai amal kebaikan jangan lupa untuk share link artikel ini kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)