6 Doa Agar Diberi Kemudahan Atas Kesulitan yang Dihadapi

Sedang dilanda suatu permasalahan atau kesulitan? Yuk baca doa agar diberi kemudahan oleh Allah SWT berikut! 🙂

Islam mengajarkan umatnya agar selalu berikhtiar atau berusaha untuk menghadapi berbagai urusan. Dengan demikian umat Muslim tidak menjadi manusia yang mudah menyerah terhadap keadaan. Oleh karena itu, coba amalkan doa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan pada ulasan artikel berikut ini.

Keberhasilan seseorang terhadap sesuatu hal tidak hanya terlihat dari usahanya saja. Bagaimana pun usahanya, setiap orang tetap perlu berdoa seperti doa agar diberikan kemudahan dan kelancaran.

Sudah sepatutnya kita sebagai orang Muslim memanjatkan doa agar apa yang diupayakan berjalan lancar dan mudah.

Apa itu Doa dan Berdoa

Menurut Imam Hafizh Ibnu Hajar dari Imam At-Thaibi dalam kitab Fathul Bari, doa adalah memperlihatkan sikap berserah diri dan merasa membutuhkan Allah SWT.

Esensi ibadah sendiri melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Allah SWT. Karena sejatinya manusia yang tidak mau berdoa ialah manusia yang sombong dihadapan Tuhan.

Gambaran orang-orang yang tidak mau berdoa tersebut juga di jelaskan dalam Al-Quran surat Ghafir ayat 10 ini,

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Keutamaan Berdoa 

  • Ibadah yang paling mulia,
  • Bukti kita bertawakal kepada Allah SWT,
  • Menyadari bahwa diri adalah makhluk yang lemah di hadapan Allah SWT,
  • Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT,
  • Menjauhkan diri dari bencana dan murka,
  • Mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT
  • Sebagai sarana bersyukur,
  • Mendapatkan ketenangan dan ketentraman hati.

Nah, berikut ini doa-doa yang bisa Anda panjatkan kepada Allah SWT agar dapat dimudahkan segala urusan dan dihindarkan dari masalah.

Doa Agar Diberi Kemudahan

1. Doa Ashabul Kahfi

Doa ini berupa salah satu isi surah Al Kahfi, yaitu ayat 10. Tafsir Al-Quranul Adzhim Ibnu Katsir menerangkan doa ini dipanjatkan oleh tujuh pemuda yang berlindung di dalam gua setelah melarikan diri dari raja yang kejam. Berikut doa mohon kemudahan:



Rabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadāRabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadā.

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (Q.S Al Kahfi:10)

Selain menjadi pengajaran bagi muslim, surat Al-Kahfi juga menjadi surat agar diberikan kemudahan bagi siapapun yang mengamalkannya.

2. Doa Agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan

Anda juga bisa menerapkan amalan Rasulullah Muhammad SAW untuk doa memohon kemudahan dan kelancaran kepada Allah SWT. Rasulullah mengajarkan umatnya membaca doa berikut ini:

Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla. 

Artinya: “Ya Allah, tiada suatu kemudahan kecuali Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan kesedihan (kesulitan), apabila Engkau menghendaki pasti akan menjadi mudah.”

Riwayat soal Rasulullah SAW mengajarkan doa ini disampaikan oleh Anas bin Malik dan tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Hibban.

Terkadang seseorang meminta kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya adalah meminta agar dimudahkan dalam hal menjemput rezeki.

Doa Memohon Kemudahan

3. Doa Ketika Nabi Musa Menghadapi Fir’aun

Dalam surat Thaha ayat 24, Allah SWT memberi perintah kepada Nabi Musa AS untuk menghadap Raja Firaun dan mendakwahinya karena ia telah melampaui batas kekafiran.

Sebelum menghadapi Firaun, Nabi Musa AS membaca doa memohon kemudahan yang terdapat dalam surat Thoha ayat 25-28.

Rabbisyrohlī shodrī wa yassirlī amri wahlul ‘uqdatam millisanī yafqohū qoulī.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah bagiku kelapangan dadaku, dan mudahkanlah bagiku kemudahan urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari ludahku agar mereka mengerti perkataanku.” (Q.S Thaha:25-28)

4. Doa Nabi Muhammad SAW Ketika Meminta Pertolongan

Menurut hadis riwayat Tirmidzi nomor 3524, ketika memohon pertolongan dari Allah SWT, Nabi Muhammad SAW akan membaca doa ini:

Yā hayyu yā qoyyūm birahmatika astaghītsu.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, hanya dengan rahmat-Mu saja, aku meminta pertolongan.”

5. Doa dari Surat Al-Baqarah ayat 286

Doa Agar Diberi Kemudahan
Sumber: shutterstock.com

Ayat terakhir dari surat Al Baqarah dapat kita lafalkan saat memohon kemudahan dan kelancaran kepada Allah SWT.

Ayat ini berisi permohonan ampun dan permintaan untuk diberi beban sesuai kemampuan kepada Sang Pencipta.

Robbanā lā tuā khidznā innasīnā au akhtho’na, robbanā walā tahmil ‘alainā ishran kamā hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa. Robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’ fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin.

Artinya: “Wahai Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami apabila kami lupa atau kami salah. Wahai Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan (beban yang berat) kepada orang-orang sebelum kami. Janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup bagi kami untuk memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah adalah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. “(Q.S Al Baqarah:286)

6. Doa Dimudahkan Urusan

اللَّهُمَّ يَا شَاهِدًا غَيْرَ غَائِبٍ، وَيَا قَرِيبًا غَيْرَ بَعِيدٍ، وَيَا غَالِبًا غَيْرَ مَغْلُوبٍ، اجْعَلْ لِي مِنْ أَمْرِي فَرَجًا وَمَخْرَجًا، وَارْزُقْنِي مِنْ حَيْثُ لَا أَحْتَسِبُ

Allohumma ya syahidan ghairo gha-ibin wa ya qoriban ghairo ba’idin wa ya ghaliban ghairo maghlubin ij’alli min amri farajan wa makhrojan warzuqni min haitsu la yahtasibu.

Artinya : “Ya Allah, wahai yang Maha Menyaksikan dan tidak absen, wahai yang dekat dan tidak jauh, wahai yang Menang dan tidak kalah, jadikanlah bagiku suatu kelapangan dan jalan keluar dari urusanku, dan karuniailah aku rezeki dari arah yang tidak aku sangka-sangka.” Doa tersebut dibaca Nabi Yusuf setelah diajarkan Malaikat Jibril yang menolongnya ketika dimasukkan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya.\

Mau Usaha Hanya dengan Modal HP? Evermos Solusinya!

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Silahkan klik di bawah ini untuk mendaftar dan mulai berjualan menjadi reseller Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran

Demikianlah doa meminta kemudahan serta kelancaran dalam menghadapi berbagai urusan dan keadaan yang dapat Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Jangan lupa untuk mengaplikasikan doa-doa tersebut, boleh share artikel ini kepada yang lain agar bisa sama-sama mengamalkan doa ini.

Jangan lewatkan artikel tentang doa lainnya pada situs Blog Evermos. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)