Gus Baha: Baca Doa Terlilit Hutang dan Percaya Allah Maha Besar!

Doa terlilit hutang – Memiliki hutang adalah mimpi buruk bagi semua orang, apalagi jika hutang yang melilit jumlahnya tidak sedikit. Ketika terlilit hutang, berdoalah kepada Allah, berikut ini doa terlilit hutang yang bisa Anda baca ketika memiliki banyak hutang dan agar tidak memiliki hutang.

Setiap orang yang memiliki hutang pasti akan merasa lemah dan seolah-olah memiliki banyak masalah.

Sudah berusaha sana-sini dan berdoa agar hutang segera terlunaskan, namun nyatanya hutang tersebut semakin bertambah.

Lantas apa yang salah? Artikel ini akan memberikan jawaban mengenai hutang dan masa depan dari kutipan ceramah Gus Baha yang diposting dalam kana Youtube Santri Gayeng dengan judul Jalan Keluar untuk terlilit Hutang & Masa Depan Suram: Ilmu Hakikat.

Ilmu Hakikat adalah Jalan Selain Doa Terlilit Hutang

Doa Terlilit Hutang
Sumber: google.com/bersosial

Dalam ceramahnya, Gus Baha menyampaikan hidup seseorang itu akan tenang jika mengerti tentang ilmu hakikat.

Kemudian ilmu hakikat akan bisa masuk ke hati seseorang jika orang tersebut sudah merasa alam tajalli masuk ke dalam dirinya.

Alam tajalli atau selanjutnya disebut tajalli adalah kondisi di mana seseorang merasa jelas dan dekat dengan Allah SWT.

Cara agar dekat dengan Allah menurut Gus Baha itu ada bermacam-macam jalannya, salah satunya dengan ilmu tauhid.

“Misalnya gini, saya berpikir bahwa saya ini manusia penting, orang berduit, mengajar, punya hutang, punya masalah. Terus saya sadar bahwa saya ini bukan siapa-siapa. Ketika saya lahir atau mati pun matahari dan bulan tetap pada perputarannya, cuek pada saya,” ujar Gus Baha dalam ceramahnya.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-An’am ayat 91:

وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ

Artinya: Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

Gus Baha: Doa Terlilit Hutang Harus Dibarengi dengan Tajalli

tajalli
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian seseorang yang terlilit hutang pasti akan merasa bahwa dirinya rendah dan banyak sekali masalah.

Doa dan usaha pasti akan selalu dilakukan, namun terkadang apa yang menjadi doa belum terkabulkan, apa yang salah sebenarnya?

Gus Baha menjelaskan bahwa yang salah adalah mereka tidak tajalli dan merasa doa itu tak ada artinya.

“Mereka berdoa sungguh-sungguh dan ingin terbebas dari hutang tapi mereka tidak tajalli. Pantas saja hutangnya masih numpuk, masa depannya suram,”

Orang yang seperti itu tidak merasa kalau Allah itu Maha Besar dan Allah adalah penguasa dari segalanya.

Allah Itu Maha Besar dan Kuat, Tajalli adalah Jalan Keluarnya

tajalli
Sumber: google.com/bersosial

Oleh karena itu, mereka yang tidak tajalli akan merasa jauh dan tidak berpikir bahwa Allah lah yang mengatur semuanya.

Jadi, yang harus dilakukan ketika ada masalah adalah berdoa dan berserah diri serta mengakui bahwa Allah yang bisa menyelesaikan semuanya.

Dengan begitu, hutang yang dimiliki akan terlunasi dan hidup akan tenang, menatap masa depan pun akan lebih ringan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa masa depan adalah: tua, banyak uang, hidup enak, dan senang-senang.

Tapi semua itu salah!

Masa Depan Sebenarnya adalah Akhirat

akhirat
Sumber: google.com/bersosial

Anggapan tentang masa depan yang salah ini, kata Gus Baha, adalah hal yang harus diperbaiki. Maka Jangan terus menerus menganggap bahwa masa depan yang cerah adalah kaya raya.

“Allah adalah yang paling kaya, tanya malaikat sana, masa depan itu apa. Masa depan yang sebenarnya adalah akhirat.”

Jadi, masa depan yang sebenarnya adalah akhirat, bukan banyak uang di masa tua. Oleh karena itu bersiaplah untuk menyambut masa depan yang sebenarnya.

Maka, siapkan diri untuk menghadapi akhirat, perbaiki diri, perbanyak ibadah dan sedekah, jangan terus-terusan memikirkan dunia.

Bacalah Doa Terlilit Hutang Ini, Percayalah Allah akan Memberi Jalan Keluar

Doa terlilit hutang
Sumber : pexels.com

Kemudian Anda bisa membaca doa terlilit hutang berikut ini agar Allah mendengar dan memberikan jalan kepada Anda.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin: Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Demikianlah pembahasan tentang doa terlilit hutang dan cara agar hidup tenang untuk meniti masa depan yang dikutip dari ceramah singkat Gus Baha.

Sumber: Syahaqy, Rizky. Jalan Keluar untuk terlilit Hutang & Masa Depan Suram: Ilmu Hakikat. YouTube, diunggah oleh Santri Gayeng, 19 Agustus 2020. https://www.youtube.com/watch?v=PqJWqTKmp28 .

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos. Selamat membaca!

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

MULAI JUALAN SEKARANG

×
slot88