5 Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT Berikut Amalannya!

Apakah Anda memiliki hajat yang ingin cepat dikabulkan? Anda harus mengetahui dan mengamalkan doa agar permintaan dikabulkan Allah SWT yang akan diulas pada artikel berikut ini.

Untuk memohon permintaan itu tentu saja tak serta merta diberikan Allah secara percuma. Kita perlu membaca doa mustajab.

Karena sejatinya Allah akan mewujudkan keinginan dengan membaca doa agar keingingan terkabul.

Demikian satu di antara cara untuk meminta mewujudkan impian adalah dengan cara berdoa.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Al Mu’min ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’”.

Lalu, doa apa saja yang dapat menunjang agar keinginan cepat Allah kabulkan? Simak ulasan doa-doa agar keinginan dikabulkan oleh Allah SWT ini hingga tuntas.

Baca juga: 40 Kumpulan Doa Sehari-Hari Terlengkap Berserta Dengan Artinya

Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT 

1. Surat Al Baqarah: 285-286

"<yoastmark

Doa yang pertama sebagai Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT adalah di surat Al Baqarah ayat 285 dan 286.

kullun aamana billaahi wamalaa-ikatihi wa kutubihi warusulihi laa nufarriqu bayna ahadin min rusulihi waqaaluu sami’naa wa-atha’naa ghufraanaka rabbanaa wa-ilayka almashiiru.

Artinya: “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.” (QS Al-Baqarah: 285)

Inilah surat Al Baqarah ayat 286.

Laa yukallifu allaahu nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa’alayhaa maa iktasabat rabbanaa laa tu-aakhidznaa in nasiinaa aw akhtha/naa rabbanaa walaa tahmil ‘alaynaa ishran kamaa hamaltahu ‘alaa alladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wau’fu ‘annaa waghfir lanaa warhamnaa anta mawlaanaa faunshurnaa ‘alaa alqawmi alkaafiriina

Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.

2. Surat Al Ikhlas

Membaca surat Al Ikhlas menjadi salah satu doa agar cepat terkabul.
قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌
Qul huwal laahu ahad
1. Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌
Allah hus-samad
2. Allah tempat meminta segala sesuatu.
لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ
Lam yalid wa lam yuulad
3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.
وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ
Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad
4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

3. Berdzikir

"<yoastmark

Kegiatan berdzikir atau menyebut nama-nama baik Allah bisa menjadikan agar doa dikabulkan.

Subhanallah“, Artinya: Maha Suci Allah. “Wal hamdulillah“, Artinya: Segala puji bagi Allah. “Wa la ilaha illallah“, Artinya: Tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah. “Allahu akbar”, Artinya: Allah Maha Besar.

4. Surat Al Baqarah ayat 255

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.”

5. Asmaul Husna

Menyebut 99 nama baik Allah atau Asmaul Husna juga termasuk ke dalam amalan doa agar cepat terkabul.

Amalan Agar Doa Dikabulkan

Ketika meminta hajat kepada Allah SWT, hal yang sebaiknya kita lakukan adalah bagaimana cara memuliakan-Nya sehingga Allah berkenan dengan doa kita.

Ternyata ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan sebagai cara doa agar cepat terkabul walaupun mustahil

1. Membaca Dzikir

"<yoastmark

Dzikir adalah kegiatan memuji Allah SWT dengan menyebut asma-asma Allah. Dengan membaca dzikir, hati menjadi lebih tenang dan damai. Dzikir agar doa dikabulkan.

Berdzikir dapat dilakukan setelah menyelesaikan sholat fardhu, pada waktu-waktu tertentu seperti pagi dan sore sebelum memulai dan setelah aktivitas.

2. Bersedekah

Amalan lainnya agar doa dikabulkan adalah dengan banyak melakukan sedekah.

Bersedekah adalah kegiatan menyisihkan sebagian milik kita untuk kepentingan umat atau bersama sehingga Allah SWT dapat meridhai harta yang kita miliki.

Amalan sedekah juga dianjurkan bagi setiap Muslim, tidak hanya bagi orang yang memiliki kelebihan harta, bahkan sedekah bisa di waktu lapang dan di waktu sempit.

3. Sholat Sunnah

"<yoastmark

Selain shalat fardhu yang menjadi kewajiban bagi seorang muslim, ada amalan sholat sunnah yang tidak bisa dianggap remeh.

Sholat sunnah rawatib misalnya, dapat menjadi percepatan agar Allah SWT mengabulkan doa kita.

Sambil menunaikan sholat sunnah, kita dapat memohon kepada Allah SWT agar Allah SWT dapat memperkenankan hajat kita.

4. Membaca Al Quran

Amalan agar doa cepat terkabul lainnya yaitu dengan membaca Al Quran.

Kelak di akhirat nanti, Al-Quran akan mendatangi kepada orang yang membacanya dan berfungsi sebagai syafaat atau pelindung.

Ada banyak keutamaan yang didapatkan dengan membaca Al-Quran selain mendapatkan pahala, juga dapat menjadi salah satu amalan agar doa cepat dikabulkan.

Noted

Perlu selalu kita ingat bahwa sejatinya Allah mendengar segala doa, karena Allah Sang Maha Pendengar.

Hanya saja orang yang merasa doanya tidak Allah kabulkan, maka dia sudah suudzan kepada Allah.

Begitupun ada doa yang sementara Allah tunda, alasannya karena belum layak untuk terkabulkan.

Adapun orang yang rezekinya Allah tahan, tapi percayalah segala ikhtiar tidak akan mengkhianati hasil.

Tugas kita adalah untuk senantiasa berdoa dan ikhtiar, perlu kesabaran dan keikhlasan, serta menyerahkan segara urusan kepada Allah SWT.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Semoga hajat yang kita inginkan bisa Allah SWT kabulkan. Aamiin Yarabbal’alamiin.

Selamat berikhtiar dan jangan lupa untuk daftar menjadi reseller di Evermos ya!

Anda dapat menemukan informasi menarik lainnya di Blog Evermos, dan temukan pembelajaran berharga pada artikel kumpulan doa-doa lainnya.

×