9 Amalan Malam Maulid Nabi Muhammad SAW 2023/1445 H, Muslim Wajib Tahu!

Maulid Nabi adalah hari peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal. Pada tahun ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menetapkan Maulid Nabi jatuh pada tanggal 28 September 2023. Untuk itu, yuk bersiap-siap melakukan amalan malam Maulid Nabi!

Amalan malam Maulid Nabi merupakan berbagai bentuk ibadah yang dapat kita lakukan sebagai umat Muslim untuk mengenang sekaligus menghormati Nabi Muhammad SAW, sebagai Nabi terakhir yang akan memberikan syafaat kepada umatnya di hari akhir nanti. 

Meskipun peringatan Maulid Nabi bukanlah perayaan yang wajib dan tidak tercantum langsung di dalam Al Quran maupun hadits, namun hukum memperingati Maulid Nabi adalah bid’ah hasanah. Artinya, masih bernilai ibadah apabila amalan sesuai dengan Al-Quran dan hadits. 

Sehingga, sangat disayangkan apabila kita melewatkan ibadah atau amalan di malam Maulid Nabi ini. Untuk itu, marik simak apa saja amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dapat kita lakukan di tahun 2023 ini. 

Baca juga: Ayat Al Quran dan Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, Begini Penjelasannya! 

Keutamaan Amalan Malam Maulid Nabi Muhammad SAW

amalan malam maulid nabi
Sumber: canva.com

Meskipun beberapa ulama dalam Islam memiliki perbedaan pendapat mengenai hukum Maulid Nabi Muhammad SAW, namun selagi bentuk peringatan amalan malam Maulid Nabi tersebut adalah sesuatu yang baik, maka insya Allah akan bernilai ibadah untuk umat Muslim. 

Seperti hadits riwayat Muslim yaitu, “Nabi (SAW) bersabda, barangsiapa yang membuat sesuatu yang baik dalam Islam, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang lain yang mengamalkannya. Dan barangsiapa yang berbuat sesuatu yang jahat, maka ia akan mendapatkan dosa, seperti dosa orang-orang yang berbuat jahat pula.” 

Hadits di atas bisa kita kaitkan dengan amalan pada malam Maulid Nabi, bahwasanya ketika umat Muslim menyambut datangnya Maulid Nabi Muhammad SAW, banyak masyarakat yang berinfak, melakukan amal shaleh, hingga berbahagia dan bergembira. 

Hal tersebut tentu merupakan bentuk cinta serta kekaguman umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Sebab, tindakan ibadah atau amalan yang kita lakukan adalah bagian dari ajaran Nabi Muhammad. 



Selain itu, juga terdapat beberapa keutamaan melakukan amalan malam Maulid Nabi, simak penjelasannya berikut ini. 

Amalan Malam Maulid Nabi yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

amalan malam maulid nabi
Sumber: canva.com

1. Melaksanakan Puasa Sunnah 

Rasulullah SAW mengajarkan kita umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, yaitu tanggal 13, 14, 15 bulan Qomariah. 

Adapun pada tahun ini, puasa Ayyamul Bidh dapat umat Muslim laksanakan pada tanggal 30, 31, dan 01 September 2023. Keutamaan berpuasa pada 3 hari ini adalah amalan orang yang berpuasa sepanjang tahun. 

Selain puasa Ayyamul Bidh, Anda juga dapat melaksanakan puasa sunnah lainnya, seperti puasa Senin-Kamis. Simak keutamaan hingga tata cara lengkap mengenai puasa Senin-Kamis disini: Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaatnya.  

2. Bersedekah atau Berinfak 

Bersedekah atau berinfak adalah ibadah yang Rasulullah ajarkan kepada umat Muslim. Sedekah tidak hanya perihal harta dengan nominal yang besar, namun uang dengan nominal kecil hingga berbagai bentuk tindakan baik juga akan bernilai ibadah dalam Islam. 

Perihal sedekah, Allah SWT juga berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 254, yaitu: 

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.

Sehingga, dalam konteks menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, kita juga dapat bersedekah sebagai salah satu amalan di malam Maulid Nabi. 

Jika kamu memiliki rezeki yang berlebih, pada malam Maulid Nabi, infakkanlah sebagian hartamu kepada orang-orang yang membutuhkan. Atau jika kamu tidak memiliki rezeki yang lebih, kamu bisa bersedekah dalam bentuk tindakan kepada orang-orang yang membutuhkan. 

3. Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Salah satu amalan malam Maulid Nabi yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah dan bernilai pahala adalah memperbanyak sholawat Nabi Muhammad SAW

Sholawat merupakan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan keutamaan yang sangat banyak. Dua diantaranya yaitu dapat menghapuskan dosa dan meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. 

Selain itu, dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, 

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Sehingga, dalam menyambut Maulid Nabi pada tanggal 18 September 2023 ini, Anda dapat mulai bersholawat dari malam ini hingga malam Maulid Nabi Muhammad SAW nanti. Insya Allah yang mengerjakannya akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosanya. 

Anda dapat menemukan bacaan sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW lengkap Arab, Latin, dan artinya disini: Bacakan Shalawat Ini Untuk Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

4. Mengamalkan Bacaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Setelah mengamalkan sholawat kepada Nabi sebagai bentuk amalan malam Maulid Nabi 2023, Anda dapat melanjutkannya dengan bacaan Maulid Nabi Muhammad. Bacaan Maulid Nabi merupakan rangkaian doa dan puji-pujian kepada Rasulullah SAW. 

Selain itu, bacaan Maulid Nabi biasanya berisikan kisah hidup Nabi Muhammad SAW dari beliau lahir. Sehingga, dengan mengamalkan bacaan Maulid Nabi ini, Anda juga dapat lebih mengenal sosok Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Maulid Nabi ini dapat dibaca sendiri atau bersama-sama saat tabligh Akbar di malam Maulid Nabi nanti. Untuk bacaan Arab, Latin, hingga artinya, Anda bisa membaca atau mengunduh PDF nya disini: Bacaan Maulid Nabi Muhammad Arab, Latin, Artinya PDF

5. Amalan Malam Maulid Nabi dengan Mempelajari Sirah Nabawiyah 

Sirah Nabawiyah merupakan kisah lengkap perjalanan hidup Rasulullah SAW semasa beliau lahir hingga wafat. Sebagai teladan bagi umat Muslim, sudah sepatutnya kita mengetahui bagaimana kisah hidup Rasulullah SAW. 

Dengan membaca dan mempelajari Sirah Nawabiyah, tidak hanya tahu bagaimana kisah perjalanannya, namun kita juga akan mengenal bagaimana sifat dan kepribadian Rasulullah SAW. 

Nah, sesuai dengan momen Maulid Nabi, maka Anda juga bisa melakukan amalan di malam Maulid Nabi dengan membaca Sirah Nabawiyah. Selain bernilai ibadah, amalan ini juga dapat meningkatkan rasa cinta dan rindu kepada Rasulullah. 

6. Menghadiri Tausiyah Maulid Nabi 

Salah satu tradisi umat Muslim di Indonesia dalam menyambut Maulid Nabi adalah mengadakan tausiyah atau ceramah keagamaan pada malam Maulid Nabi. Biasanya, tausiyah yang disampaikan mengacu pada berbagai tema Maulid Nabi yang beragam.

Tausiyah ini akan disampaikan oleh seorang ahli agama atau Ustad, yang bertujuan untuk mengenang kisah Rasulullah, meningkatkan rasa cinta dan hormat kepada beliau, hingga menyebarkan kembali ajaran Rasulullah kepada umat Islam. 

Anda bisa mengikuti tausyiah ini sebagai salah satu amalan di malam Maulid Nabi tanggal 28 September 2023 ini. Akan ada banyak tausiyah yang terselenggara, mulai dari ceramah online hingga langsung di Masjid terdekat. 

Baca juga: 5 Contoh Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi Singkat Beserta Dalilnya, Menyentuh Hati! 

7. Membaca Al Quran di Malam Maulid Nabi 

Membaca Alquran merupakan ibadah yang bernilai pahala bagi yang melaksankaan. Selain sebagai pedoman hidup karena berisi firman-firman Allah SWT, dengan membaca Al-Quran, seseorang akan lebih tentram hatinya dan lebih mengenal diri serta agamanya. 

Membaca Al Quran juga menjadi amalan malam Maulid Nabi yang dapat Anda laksanakan. Pada malam Maulid Nabi, fokuskan diri pada ibadah dan dekatkan diri kepada Allah SWT. Anda dapat mengisinya bersamaan dengan sholawat kepada Nabi serta berbagai amalan lainnya. 

8. Melaksanakan Sholat Malam atau Sholat Tahajud 

Amalan malam Maulid Nabi selanjutnya adalah melaksanakan sholat malam atau sholat tahajud. Bangunlah di sepertiga malam menjelang Maulid Nabi 2023 ini, lalu laksanakan sholat malam. Sholat malam atau tahajud memiliki keutamaan yang sangat banyak dalam Islam. 

Selain itu, dengan terbangun di sepertiga malam dan melaksanakan sholat malam, Anda juga lebih khusyuk untuk melaksanakan amalan lainnya, seperti bersholawat, dzikir, membaca Sirah Nabawiyah hingga membaca bacaan Maulid Nabi. 

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud | Lengkap dengan Niat, Doa dan Keutamaan

9. Amalan Malam Maulid Nabi dengan Berdzikir 

Amalan di malam Maulid Nabi 2023 selanjutnya yaitu dengan memperbanyak dzikir. Bacaan dzikir dapat Anda amalkan setelah melaksanakan sholat tahajud atau sholat malam. Amalan dzikir ini adalah bentuk ibadah memuji nikmat Allah SWT. 

Berikut adalah dzikir yang bisa Anda baca, setidaknya sebanyak 100 kali: 

  • Tasbih: Subhanallah” (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.
  • Tahmid: “Alhamdulillah” (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.
  • Takbir:Allahu Akbar” (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.
  • Istighfar pendek: “Astaghfirullah”, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.
  • Istighfar panjang: Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih.” Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Itulah beberapa amalan di malam Maulid Nabi Muhammad SAW 2023/1445 H yang dapat Anda laksanakan. Dengan melaksanakan beberapa amalan tersebut, semoga dapat bernilai pahala hingga meningkatkan rasa cinta kepada Allah dan Rasulullah SAW.  

Semoga artikel ini bermanfaat! Anda dapat membaca informasi menarik lainnya termasuk mengenai Maulid Nabi di blog Evermos.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi laman Evermos apabila tertarik dengan peluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha tanpa modal, yaitu melalui program reseller Evermos. Klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan daftarkan diri secara gratis!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)