5 Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Berzanji Hingga Mahalul Qiyam [PDF]

Tidak lama lagi, umat Islam akan menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tahun ini, 12 Rabiul Awal sebagai hari kelahiran Nabi bertepatan pada tanggal 28 September 2023. Oleh karena itu, umat Muslim dapat memperingatinya dengan bacaan Maulid Nabi. 

Bacaan Maulid Nabi adalah rangkaian doa dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan membaca sholawat dan doa ini sekaligus sebagai amalan malam Maulid Nabi untuk mendoakan serta memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan. 

Selain itu, membaca Maulid Nabi juga dapat meningkatkan kecintaan dan kehormatan kepada Rasulullah SAW. Biasanya, kegiatan membaca sholawat atas Nabi SAW ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi. 

Sudah tahukah Anda apa saja bacaan Maulid Nabi Muhammad SAW? Jika belum, simak bacaan lengkapnya Arab, Latin, hingga artinya di artikel ini. 

Baca juga: Ayat Al Quran dan Hadits Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, Begini Penjelasannya! 

Rangkaian Bacaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Melansir dari laman Insert Live, untuk memperingati Maulid Nabi dengan bacaan-bacaan sholawat, ada beberapa urutan yang dapat Anda ikuti. Berikut ini urutan bacaan Maulid Nabi lengkap:

  • Sholawat Dustur
  • Sholawat Yaa Robbi Sholli Ala Muhammad
  • Sholawat Al Barzanji Yaa Rasulullah Salamun Alaik
  • Abtadiul Imlaa Sebelum Mahalul Qiyam
  • Sholawat Yaa Nabi Salam Alaik (Al Barzanji) saat Mahalul Qiyam
  • Doa Penutup Maulid

Selain rangkaian bacaan Maulid Nabi di artikel ini, Anda juga dapat mengamalkan beberapa doa Maulid Nabi. Apabila ingin tahu bacaan Arab, Latin, dan arti doa-doa Maulid Nabi, Anda bisa baca disini: 11 Doa Maulid Nabi Muhammad SAW Lengkap Arab, Latin, dan Artinya.

Bacaan Maulid Nabi Muhammad SAW Arab, Latin, dan Artinya

1. Sholawat Dustur 

bacaan maulid nabi
Sumber: blog.evermos.com

Sholawat pertama yang dapat Anda bacakan pada saat Maulid Nabi adalah sholawat Dustur, yaitu puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, mengamalkan sholawat ini dapat memberikan kesempatan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat nanti.

Bacaan Arab Sholawat Dustur

للّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْ وَأَنْــعِمْ وَتَـفَضَّلْ وَبَـارِكْ بِـجَلَالِكَ وَكَمـَـالِكَ عَـلـٰى زَيِّـنْ عِبَادِكَ وَأَشْرَفِ عِبَادِكَ وَأَسْعَدِ الْعَرَبِ وَالْـعَـجَمِ وَإمَامِ الطَّـيِّــبَةِ وَالْحَرَمِ۞ وَالتُّــرْجُـمَانِ بِـلِسَانِ الْـقِدَمِ وَمَـنْـبَعِ الْـعِلْـمِ وَالْحِلْمِ وَالْحِكْـمـَةِ وَالْحِكَمِ۞ أَبِى اْلـقَاسِمِ سَيِّــدِنَـا وَحَـبِـيْـبِـنَا وَشَـفِـيْـعِـنَا وَمَوْلَانَـا مُحَمَّدٍ۞ زِدْهُ شَرَفًـا يَـارَبِّ ×3 وَكَــرَمًا وَتَـعْظِـيْمًا وَرِفْـعَـةً وَمَهَابَـةً وَبِـرًّا۞ وَرَضِيَ اللّـهُ تَـبَارَكَ وَتَـعَالـٰى عَـنْ ذَوِى الْـفَخْـرِ الْعَـلِـىِّ وَالْـقَـدْرِ الْجَـلِـىِّ۞ سَادَاتِــنَا وَأَئِـمَّــتِــنَا وَمَـوْالِـــيْــنَا أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرٍ وَعُـثْـمَانٍ وَعَـلِـيٍّ وَعَـنْ بَـقِــيَّـةِ الصَّحَابَـةِ وَقَـرَابَـةِ رَسُوْلِ اللّــهِ صَلّى اللّـهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِــيْنَ۞ وَالْحَمْدُ لِلّــهِ رَبِّ الْعَالَـمِـيْنَ



Bacaan Latin Sholawat Dustur

Allahumma sholli wasallim wazid wa an ‘im watafadhol wabarik bijalalika wakamalika ‘ala zayyini ‘ibadika wa asyrofi ‘ibadika wa as’adi wal ‘ajami, wa imamit thoyyibati wal harom. Watturjumaani bilisanil qidami wamamba’il ilmi wal hilmi wal hikmati wal hikam. Abil qosimi sayyidinaa wahabiibinaa wasyafii’inaa wamaulaanaa Muhammad. Zidhu syarafan yaarabb 3X wakarman wata’dziiman waqif’atan wamahaabatan wabiran. Wa Radhiyallahu tabaaraka wata’aalaa ‘andzaqil fajril’aliy walqadriljaliy. Saadatina wa a’immatina wa mawlaina Abi Bakrin wa Umarin wa Ustmanin wa Aliyyin wa ‘an baqiyyati ash-shahabati wa qararabati Rasulullah sallahu ‘alaihi wa sallama ajma’ina. Wa alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Arti Bacaan Sholawat Dustur

Artinya: “Ya Allah! limpahkanlah shalawat dan keselamatan, tambahkan, berikanlah keselamatan, berikanlah keutamaan dan limpahkanlah keberkahan, dengan segala kemuliaan dan kesempurnaan-Mu yang paling Agung, orang Arab dan orang ‘Ajam yang paling beruntung pemimpin segala kebaikan dan kemuliaan, penerjemah dengan lisan yang paling unggul, sumber ilmu pengetahuan, kesabaran, hikmah dan kearifan, yakni Abul Qasim, pemimpin kami, kekasih kami, pemberi syafaat kami, dan tuan kami Muhammad SAW.

Tambahkanlah kepadanya keluhuran wahai Tuhanku 3x. Juga kemuliaan, keagungan, ketinggian derajat, kehebatan dan kebaikan. Semoga Allah Yang Maha Memberkati dan Maha Mulia senantiasa Meridhoi sang Pemilik Keagungan yang Tinggi, kekuasaan yang nyata, para pemimpin imam dan pemuka-pemuka kami, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan ‘Ali. Juga seluruh sahabat dan kerabat Rasulullah. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada beliau dan kepada seluruh sahabat dan keluarganya. Segala puji bagi Allah. Tuhan Semesta Alam.”

Baca juga: Contoh Khutbah Jumat Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat 2023.

2. Teks Bacaan Al Barzanji Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

bacaan maulid nabi
Sumber: blog.evermos.com

Salah satu bacaan Maulid Nabi yang rutin dibacakan pada peringatan Maulid Nabi adalah bacaan Maulid Nabi Barzanji. Beberapa umat Muslim mungkin masih asing dengan bacaan Al Barzanji ini. 

Bacaan Maulid Barzanji merupakan kitab tartil doa atau pujian yang setiap baitnya berisi riwayat Nabi Muhammad SAW semenjak beliau dilahirkan. Kitab dengan isi bacaan Berzanji ini ditulis oleh Jafar ibn Hasan ibn Muhammad al-Barzanji yang berasal dari Kurdi.

Dengan membaca tartil puji-pujian terhadap Nabi ini, kita dapat mengenal lebih dalam mengenai kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah bacaan Al Barzanji Arab, Latin, dan terjemah bahasa Indonesia: 

Bacaan Al Barzanji Arab dan Latin

Mari simak bacaan Arab doa Maulid Barzanji di bawah ini:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَبْتَدِئُ الْإِمْلَاءَ بِاسْمِ الذَّاتِ الْعَلِيَّةِ مُسْتَدِرًّا فَيْضَ الْبَرَكَاتِ عَلـٰى مَا أَنَالَهُ وَأَوْلَاهُ ۞ وَأُثَنِّي بِحَمْدٍ مَوَارِدُهُ سَائِغَةٌ هَنِيَّةٌ مُمْتَطِيًا مِنَ الشُّكْرِ الْجَمِيْلِ مَطَايَاهُ ۞ وأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى النُّوْرِ الْمَوْصُوْفِ بِالتَّقَدُّمِ وَالْأَوَّلِيَّةِ، اَلْمُنْتَقِلِ فِي الْغُرَرِ الْكَرِيْمَةِ وَالْجِبَاهِ ۞ وَأَسْتَمْنِحُ اللهَ تَعَالـٰى رِضْوَانًا يَخُصُّ الْعِتْرَةَ الطَّاهِرَةَ النَّـبَوِيَّةَ وَيَعُمُّ الصَّحَابَةَ وَالْأَتْبَاعَ وَمَنْ وَالَاهُ ۞ وَأَسْتَجْدِيْهِ هِدَايَةً لِسُلُوْكِ السُّـبُلِ الْوَاضِحَةِ الْجَلِيَّةِ وَحِفْظًا مِنَ الْغَوَايَةِ فِي خِطَطِ الْخَطَأِ وَخُطَاهُ ۞ وأَنْشُرُ مِنْ قِصَّةِ الْمَوْلِدِ النَّبَوِيِّ بُرُوْدًا حِسَانًا عَبْقَرِيَّةً نَاظِمًا مِنَ النَّسَبِ الشَّرِيْفِ عِقْدًا تُحَلَّى الْمَسَامِعُ بِحُلَاهُ ۞ وأَسْتَعِيْنُ بِحَوْلِ اللهِ وَقُوَّتِهِ الْقَوِيَّةِ؛ فَإِنَّهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِالله

Berikut ini adalah bacaan latin dari sholawat Barzanji:

  • “Bismillahirrahmanirrahim. Abadai el-imlaa b-ismi dzal-dzat al-ulyaa, mustadiran faidha al-barakaat ‘alaa ma anaala wa awalahu.
  • Wa uthanni bihamdin mawaariduhu sai’ghatan haniyyatan mumtahiya min al-syukr al-jaamili matayaah.
  • Wa usholli wa asallamu ‘ala al-nuur al-maushuh bi al-tadakkur wa al-awlawiyaa, al-muntaqil fi al-ghurur al-kariima wa al-jibaah.
  • Wa astamnihi ta’alaa ridwaanan yakhsus al-‘itra al-tahirata al-nabawiya wa ya’umu as-sahaabah wa al-atba’a wa man waalaahu
  • Wa astadjdiihi hidayah li suluk al-subul al-waazhiha al-jaliya wa hifzahan min al-ghawaayaa fi khittat al-khata’ wa khutahu.
  • Wa anshuru min qissat al-maulid al-nabawi burudan hasanatan ‘abqariyatan naaziman min al-nasab al-shariif ‘iqdan tuhalal al-masaami’ bi hulaha.
  • Wa astai’inu bihawli Allahi wa quwwatihi al-qawiya, fa innahu laa hawla wa laa quwwata illa billah.”

Baca juga: Hukum Merayakan Maulid Nabi dan Dalilnya, Apakah Dibolehkan atau Tidak?

Terjemahan Bacaan Maulid Al Barzanji

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku mulai membacakan dengan nama Dzat Yang Mahatinggi. Dengan memohon limpahan keberkahan atas apa yang Allah berikan dan karuniakan kepadanya (Nabi Muhammad SAW). Aku memuji dengan pujian yang sumbernya selalu membuatku menikmati.

Dengan mengendarai rasa syukur yang indah. Aku mohonkan sholawat dan salam (rahmat dan kesejahteraan) atas cahaya yang disifati dengan keduluan (atas makhluk lain) dan keawalan (atas seluruh makhluk). Yang berpindah-pindah pada orang-orang yang mulia. Aku memohon kepada Allah karunia keridhaan yang khusus bagi keluarga beliau yang suci.

Dan umumnya bagi para sahabat, para pengikut, dan orang yang dicintainya, dan aku meminta tolong kepada-Nya agar mendapat petunjuk untuk menempuh jalan yang jelas dan terang. Dan terpelihara dari kesesatan di tempat-tempat dan jalan-jalan kesalahan. Aku sebar luaskan kain yang baik lagi indah tentang kisah kelahiran Nabi SAW.

Dengan merangkai puisi mengenai keturunan yang mulia sebagai kalung yang membuat telinga terhias dengannya. Dan aku minta tolong dengan daya Allah Ta’ala dan kekuatan-Nya yang kuat. Karena, sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

3. Teks Bacaan Sholawat Mahalul Qiyam

Setelah membaca bacaan Maulid Nabi Al Barzanji, selanjutnya Anda dapat membaca sholawat Mahalul Qiyam. Mahalul Qiyam merupakan momen yang umat Muslim yakini bahwa Nabi Muhammad SAW akan datang di tengah-tengah umat Muslim ketika membaca sholawat. 

Sehingga, bacaan Mahalul Qiyam ini seakan-akan menyambut kehadiran beliau di waktu peringatan Maulid Nabi. Adapun pada momen Mahalul Qiyam ini, para jamaah dianjurkan untuk berdiri, namun tidak wajib menurut hukum Islam. 

Berikut ini adalah teks Mahalul Qiyam lengkap Arab, Latin, dan artinya: 

 وَلَمَّا تَمَّ مِنْ حَمْلِهِ عَلَى الرَّاجِحِ تِسْعَةُ أَشْهُرٍ قَمَرِيَّةٍ، وَآنَ لِلزَّمَانِ أَن يَّنْجَلِيَ عَنْهُ صَدَاهُ ۞ حَضَرَ أُمَّهُ لَيْلَةَ مَوْلِدِهِ آسِيَةُ ومَرْيَمُ فِيْ نِسْوَةٍ مِنَ الْحَظِيْرَةِ الْقُدْسِيَّةِ، وَأَخَذَهَا الْمَخَاضُ فَوَلَدَتْهُ صَلَّى اللهُ تَعَالٰى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نُوْرًا يَتَلَأْلَأُ سَنَاهُ ۞

Wa lammā tamma min hamlihi ‘alā al-rājiḥi tis’atu ‘asyhurin qamariyyatin, wa āna li al-zamāni an yanjalīya ‘anhu sadāhu.

Hadharat ummuhu laylatan mawlidihi ‘āsiyatu wa maryam fī nisā’in min al-ḥaẓīrati al-qudsiyyati, wa aḫathathā al-maḫāḍu fa waladatahu ṣallā Allāhu ta’ālā ‘alayhi wa sallama nūran yatalā’alla sānahu.

Artinya: “Dan ketika kehamilannya telah mencapai sembilan bulan lunar, dan saatnya bagi waktu untuk mengungkapkan suaranya.

Ibundanya, pada malam kelahirannya, di hadiri oleh Asiah dan Maryam, di antara para wanita dari Baitul Maqdis, dan ia merasakan sakit bersalin, lalu ia melahirkannya, semoga Allah Ta’ala melimpahkan sholawat dan salam kepadanya, sebagai cahaya yang bersinar cahayanya.”

Penjelasan Mahalul Qiyam

Bacaan Mahalul Qiyam di atas merupakan bagian dari kisah lahirnya Nabi Muhammas SAW. Bagian ini mengisahkan mengenai kelahiran beliau di malam hari, yang mana Ibunda Rasulullah yaitu Siti Aminah dihadiri oleh Asiah istri Firaun dan Maryam Ibu dari Nabi Isa AS.

Meskipun Siti Aminah merasakan sakit yang luar biasa ketika melahirkan, namun ia berhasil berjuang melahirkan Nabi Muhammad SAW yang hadir sebagai cahaya yang bersinar. 

Baca juga: 5 Contoh Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi Singkat Beserta Dalilnya, Menyentuh Hati!

4. Bacaan Sholawat Ya Nabi Salam ‘Alaika

Setelah bacaan di atas, lanjutkan dengan membaca bacaan Sholawat Maulid Nabi “Ya Nabi Salam ‘Alaika”. Ya Nabi Salam ‘Alaika adalah syair puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang biasanya juga dibacakan pada peringatan Maulid Nabi.

Berikut ini bacaan Arab Ya Nabi Salam ‘Alaika, yang dapat Anda baca selengkapnya dengan klik gambar di bawah ini atau klik download PDF. 

bacaan maulid nabi
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD PDF

Bacaan Doa Penutup Maulid Nabi Muhammad SAW

Setelah mengamalkan bacaan Maulid Nabi lengkap di atas, selanjutnya peringatan Maulid Nabi ditutup dengan membaca doa penutup Maulid Nabi atau bisa juga disebut sebagai doa Hamdan Syakirin. Berikut ini adalah bacaan doa penutup Maulid Nabi Arab, Latin, dan artinya:

Teks Bacaan Arab Doa Penutup Maulid Nabi 

الحمد لله رب العالمين ۞ الحمد لله حمدًا شاكرًا، حمدًا ناعِمًا، حمدًا يُوافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ۞ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ. كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ۞ اللهم صلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ۞ اللهم أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الْأُمُوْرِ كُلِّهَا، وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ۞ اللهم إنا نَسْأَلُكَ مُجِيْبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَظِيْمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالْسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ،۞ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ۞ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ۞ وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Untuk bacaan Maulid Nabi lengkap Latin dan artinya, Anda dapat klik gambar berikut ini atau unduh bacaan doa penutup Maulid Nabi PDF.

bacaan maulid nabi
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD PDF

Teks Bacaan Maulid Nabi Lengkap PDF

Agar lebih memudahkan Anda dalam mengamalkan bacaan Maulid Nabi di atas, Anda dapat mengunduhkan teks doa Maulid Nabi lengkap PDF berisi bacaan Arab, Latin, dan artinya berikut ini:

bacaan maulid nabi
Sumber: blog.evermos.com

DOWNLOAD PDF

Bacaan Maulid Diba Latin dan Artinya

Selain beberapa bacaan di atas, Anda juga dapat menyertakan bacaan Maulid Diba. Tidak jauh berbeda dengan bacaan sholawat lainnya, bacaan Maulid Diba berisi puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW beserta kisah perjalanan hidup Rasulullah.

Apabila Anda ingin membacanya, Anda dapat menonton tayangan lengkap bacaan Maulid Diba berikut ini:

Itulah beberapa bacaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dapat Anda amalkan dalam momen peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW. Semoga dengan mengamalkan bacaan Maulid Nabi ini, dapat meningkatkan rasa cinta, penghormatan, serta rasa rindu kita kepada Nabi Muhammad.

Demikianlah ulasan di artikel ini, Anda dapat membaca informasi menarik lainnya termasuk mengenai Maulid Nabi di blog Evermos.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi laman Evermos apabila tertarik dengan peluang mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha tanpa modal, yaitu melalui program reseller Evermos. Klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan daftarkan diri secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)