5 Contoh Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi Singkat Beserta Dalilnya, Menyentuh Hati!

Sebentar lagi, umat Islam akan menyambut salah satu hari besar Islam, yaitu hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi akan berlangsung dengan beberapa kegiatan keagamaan, salah satunya ceramah tentang Maulid Nabi yang selalu ada setiap tahunnya. 

Ceramah dengan tema Maulid ini biasanya dibawakan oleh seorang ahli agama atau Ustadz yang diselenggarakan di berbagai Masjid di Indonesia. Tujuan kajian ini sebagai penghormatan kepada Rasulullah SAW serta mengingatkan kembali umat Islam mengenai ajaran-ajarannya. 

Selain kajian oleh Ustadz, biasanya ceramah ini juga menjadi salah satu rangkaian perlombaan dalam menyambut Maulid Nabi. Apabila Anda sedang mencari referensi teks ceramah tentang Maulid Nabi untuk perlombaan atau kebutuhan lainnya, Anda bisa simak artikel ini ya!

Namun sebelum itu, ceramah identik dengan kalimat mukadimah Islami. Anda bisa temukan referensinya disini: 10 Contoh Mukadimah Pidato Singkat, Menarik, dan Mudah Dihafal

1. Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi Beserta Dalilnya

ceramah tentang maulid nabi
Sumber: canva.com

Berikut ini teks ceramah menyentuh hati beserta dalilnya yang bisa Anda jadikan referensi. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahi alhamdulillahi wassalatu wassalamu ala rasulullah lahawla walaquwwata ilabillahi wa ba’du.

Para hadirin berbahagia yang senantiasa mendapatkan kemuliaan oleh Allah SWT. Hari ini, tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal 1445 Hijriah, kita kembali memperingati hari lahirnya Nabi besar Muhammad SAW.

Sebagaimana yang kita tahu, Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang Allah utus untuk membimbing kita umatnya, agar mengenal Islam dan terbebas dari zaman jahiliyah. Tak ada yang bisa mengelak bagaimana mulianya akhlak Rasulullah. 

Adapun memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, termasuk perkara yang membesarkan dan memuliakan baginda. Sehingga, bagi setiap orang yang merayakan dan memperingatinya akan Insya Allah mendapatkan kejayaan di dunia dan akhirat. Seperti firman Allah pada surah Al-’Araf ayat 157: 



الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوباً عِندَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُم بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأَغْلاَلَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُواْ بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُواْ النُّورَ الَّذِيَ أُنزِلَ مَعَهُ أُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ -١٥٧

Artinya: “(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakanmu, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (al-Quran), mereka itulah orang-orang beruntung.” (Q.S. al-A’raf: 157).

Nabi Muhammad merupakan merupakan sosok yang sangat mulia, dengan akhlak yang beliau ajarkan kepada para sahabat, keluarga, hingga umat Islam di seluruh dunia. 

Sehingga, sebagai pengikutnya, kita harus berperilaku sebagai muslim yang baik dengan membawa citra Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alamin. 

Masya Allah, semoga kita selalu menjadi umat yang mencintai Allah, Rasulullah, dan mengamalkan ajaran Islam. Semoga kelak kita dapatkan syafaat dari beliau. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

DOWNLOAD DOC CERAMAH TENTANG MAULID NABI DAN DALILNYA

Baca juga: 40 Pantun Perkenalan Diri yang Lucu dan Menarik, Berikan Kesan Pertama yang Unik! 

2. Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

ceramah tentang maulid nabi
Sumber: canva.com

Selain ceramah di atas, berikut ini teks ceramah Maulid Nabi singkat namun masih tetap menarik dan menyentuh hati.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Hadirin yang dirahmati Allah SWT, pada hari ini, kita berkumpul dalam kebahagiaan dan rasa syukur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu kelahiran Rasulullah yang penuh berkah.

Maulid adalah saat kita mengenang sosok yang menjadi panutan bagi seluruh umat manusia, beliau yang membawa pesan cinta, perdamaian, dan petunjuk dari Allah SWT kepada kita semua.

Pertama-tama, mari renungkan pesan cinta dalam ajaran Nabi. Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai “Rahmatan lil ‘Alamin,” rahmat bagi seluruh alam.

Beliau mengajarkan kepada kita untuk mencintai dan menghormati satu sama lain, tanpa memandang suku, warna kulit, atau latar belakang. Mengingatkan kita umatnya untuk selalu berlaku adil, mengasihi sesama manusia, hingga membantu yang lemah.

Kemudian, kita belajar dari Nabi Muhammad tentang arti perdamaian. Beliau mengajarkan pentingnya berdamai, baik dalam hati kita maupun dalam bermasyarakat.

Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang bijaksana dan tanpa kekerasan. Pesan perdamaian ini sangat relevan dalam dunia yang seringkali penuh dengan konflik.

Dan yang tidak kalah penting, Nabi Muhammad SAW adalah sumber petunjuk dari Allah SWT. Beliau adalah manusia yang paling sempurna dalam akhlak dan tindakan. Kita dapat belajar banyak hal berharga dari kehidupan beliau, mulai dari ketekunan dalam ibadah hingga kebaikan terhadap sesama.

Dalam memperingati Maulid Nabi, mari kita merenungkan bagaimana kita bisa lebih mendekati ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari kita. Bagaimana kita bisa lebih mencintai, lebih damai, dan lebih patuh kepada petunjuk Allah seperti yang diberikan melalui Nabi Muhammad SAW.

Terakhir, mari kita hiasi kehidupan dengan kebaikan dan kasih sayang, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasul yang mulia. Semoga Allah memberkahi kita semua dalam perjalanan menuju kehidupan yang lebih baik, lebih damai, dan lebih berharga.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

DOWNLOAD DOC CERAMAH SINGKAT TENTANG MAULID NABI

Baca juga: 66 Pantun Penutup Acara untuk MC yang Lucu, Singkat, Berkesan 

3. Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi Singkat Padat Jelas

ceramah tentang maulid nabi
Sumber: canva.com

Selanjutnya, berikut ini adalah contoh teks ceramah singkat Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. dengan materi yang padat dan jelas. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba’du.

Hari ini kita berkumpul untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, kelahiran Rasulullah yang penuh berkah. Saat kita merayakan Maulid, ada beberapa pesan penting yang perlu kita ingat.

Pertama, Maulid Nabi adalah saat kita merenungkan dan menghormati kehidupan Rasulullah. Beliau adalah panutan kita dalam segala hal, yang mengajarkan kita umatnya tentang cinta, kedamaian, dan ibadah kepada Allah SWT.

Kedua, dalam mengenang Nabi Muhammad, kita harus menggali pelajaran dari akhlaknya yang mulia. Apabila Anda mencari sosok yang patut di contoh dalam kehidupan, maka jawabannya adalah Rasulullah SAW. 

Beliau adalah contoh sempurna sebagai pedoman bagaimana seharusnya kita berperilaku. Ketulusan, kejujuran, dan kasih sayang adalah nilai-nilai yang harus kita warisi dari beliau.

Ketiga, Maulid juga mengingatkan kita tentang misi besar Rasulullah dalam menyebarkan Islam. Beliau adalah utusan Allah yang membawa petunjuk kepada umat manusia. Kita harus menghormati dan mengamalkan ajaran-ajaran beliau dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terakhir yang ingin saya sampaikan pada ceramah ini, dalam merayakan Maulid, kita juga harus merenungkan bagaimana kita bisa mengikuti jejak Nabi Muhammad dalam melayani masyarakat dan berbuat baik kepada sesama. Beliau adalah teladan dalam kebaikan dan pelayanan kepada manusia.

Mari kita menjadikan hari ini sebagai kesempatan untuk memperdalam pengertian kita tentang ajaran Nabi Muhammad SAW dan bagaimana kita bisa menghidupkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan kita. Semoga Maulid Nabi ini membawa berkah dan inspirasi kepada kita semua.

Semoga kelak kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir. Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

DOWNLOAD DOC CERAMAH TENTANG MAULID NABI SINGKAT PADAT JELAS

Baca juga: 55 Contoh Tema Maulid Nabi Singkat dan Menarik Tahun 2023 

4. Contoh Ceramah Maulid Nabi untuk Remaja yang Singkat 

ceramah tentang maulid nabi
Sumber: canva.com

Apabila target hadirin pada ceramah adalah kelompok remaja, maka materi ceramah yang Anda bawakan haruslah menarik dan sesuai dengan target pendengarnya. Anda bisa menggunakan contoh ceramah Maulid Nabi untuk remaja yang singkat berikut ini.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba’du.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Hari ini, kita berkumpul untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Peringatan Maulid Nabi merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW adalah seorang manusia yang sempurna. Beliau dilahirkan tanpa dosa dan memiliki akhlak yang mulia. Beliau adalah teladan bagi kita semua. Oleh karena itu, kita harus meneladani akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai remaja, kita haruslah berpegang teguh pada ajaran Islam dan menjauhi segala bentuk kemungkaran. Sehingga, kita harus menjadi remaja yang cerdas, berilmu, dan berakhlak mulia. Kita harus menjadi penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan Islam.

Marilah kita bersama-sama menjadikan Maulid Nabi ini sebagai momentum untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan untuk meneguhkan tekad kita dalam berpegang teguh pada ajaran Islam.

Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

DOWNLOAD DOC TEKS CERAMAH MAULID NABI UNTUK REMAJA

5. Teks Ceramah Maulid Nabi yang Menyentuh Hati 

ceramah tentang maulid nabi
Sumber: canva.com

Selanjutnya, berikut ini contoh teks ceramah tentang Maulid Nabi yang dapat menyentuh hati para hadirin.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Alhamdulillah, nahmaduhu wa nasta’eenuhu wa nastaghfiruhu wa na’oodhu billahi min shuroori anfusinaa wa min sayyi’aati a’maalina.

Man yahdihillahu fala mudilla lah wa man yudlil fala haadiya lah. Ashhadu an la ilaha illallahu wahdahu la shareeka lah wa ashhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh.

Para hadirin yang dirahmati Allah, hari ini kita kembali diingatkan pada hari lahirnya Rasul junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. 

Kita bisa membayangkan bagaimana kerasnya perjuangan Nabi Muhammad SAW untuk umatnya. Perjalanan dakwahnya tidaklah mudah, penuh hinaan, makian, penolakan, bahkan cemoohan. Namun, lihatlah saat ini, Islam telah tersebar di seluruh penjuru dunia.

Ada yang terlahir dari keluarga yang Muslim, tumbuh sebagai seorang Muslim, dan juga ada yang memutuskan untuk masuk Islam setelah memeluk agama lain.

Bayangkan betapa mulia dan dahsyatnya, bahwa dakwah Nabi Muhammad SAW beratus-ratus tahun yang lalu, tidak hanya beliau tujukan untuk zaman itu, namun juga untuk zaman ini.

Oleh karena itu, ketika kita yang bahkan belum pernah berjumpa dengan beliau, namun turut merasakan indahnya akhlak dan ajaran beliau.

Momen Maulid Nabi ini bukan hanya tentang peringatan, tetapi juga sebuah panggilan untuk merenungkan bagaimana kita sebagai individu dan komunitas Muslim bisa menghidupkan pesan-pesan beliau dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana kita bisa menjaga keberkahan dan kedamaian yang beliau bawa dalam setiap aspek kehidupan kita. Semangat dan perjuangan Nabi Muhammad adalah cahaya yang membimbing kita dalam gelapnya dunia ini.

Jadi, mari kita terus merenungkan pesan cinta, perdamaian, ilmu, dan ibadah yang beliau bawa kepada kita. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dalam perjalanan kita untuk mengikuti jejak beliau dan menjalani hidup sesuai dengan ajaran-Nya.

DOWNLOAD TEKS CERAMAH MAULID NABI YANG MENYENTUH HATI

Penutup 

Demikianlah informasi mengenai contoh teks ceramah tentang Maulid Nabi 1445 H. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda bisa kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal. Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombil di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)