10 Contoh Mukadimah Pidato Singkat, Menarik, dan Mudah Dihafal

Dalam Islam, pidato biasanya dibuka dengan sebuah kalimat atau kita kenal dengan mukadimah. Semakin menarik mukadimah pidato, maka audiens akan semakin tertarik untuk mendengar pidato tersebut. Artikel ini akan mengulas contoh mukadimah pidato singkat yang menarik.

Sebagai pembicara, tentu Anda ingin audiens mendengarkan, menyimak, hingga memahami pidato yang Anda sampaikan. Sebab, ada pesan-pesan penting dalam pidato tersebut. Namun, terkadang pembicara salah menentukan strategi dalam memulai sebuah pidato.

Seperti misalnya mukadimah yang terlalu panjang, sehingga audiens jenuh dengan pidato yang Anda sampaikan. Padahal Anda belum sempat menyampaikan pesan inti dari pidato tersebut.

Oleh sebab itu, salah satu kesuksesan berpidato adalah dengan menggunakan kata-kata mukadimah yang tidak terlalu panjang, namun tetap menarik. Berikut ini adalah berbagai contoh mukadimah yang mudah untuk Anda hafal.

Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab Singkat

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bismillahi alhamdulillahi wassalatu wassalamu ala rasulullah lahawla walaquwwata ilabillahi wa ba’du.” 

Artinya: “Segala Puji bagi Allah, selawat dan salam-Nya semoga tetap tercurahkan keharibaan Nabi agung Muhammad SAW”.

Selain mukadimah, biasanya pembukaan pidato juga diselingi dengan kata sambutan. Oleh karena itu, imak berbagai contoh kata sambutan yang singkat dan mudah dihafal disini.

Mukadimah Pidato Bahasa Arab yang Mudah Dihafal

contoh mukadimah pidato singkat
Sumber: pexels.com

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

“Alhamdulillahi was sholatu was salaamu ‘alaa rosulillahi wa’alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba’du.”

Artinya: “”Segala puji bagi Allah, dan shalawat serta salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang setia mengikuti ajarannya. Selanjutnya (mengenai apa yang akan dibicarakan)…”

Mukadimah Ceramah Singkat yang Mengandung Doa 

contoh mukadimah pidato singkat
Sumber: pexels.com

الحمد لله، نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا. من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.

“Alhamdulillah, nahmaduhu wa nasta’eenuhu wa nastaghfiruhu wa na’oodhu billahi min shuroori anfusinaa wa min sayyi’aati a’maalina. Man yahdihillahu fala mudilla lah wa man yudlil fala haadiya lah. Ashhadu an la ilaha illallahu wahdahu la shareeka lah wa ashhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh.”

Artinya: Segala puji bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri dan keburukan amal kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan, maka tidak ada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tanpa sekutu, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.

Kata Kata Mukadimah dengan Pantun Islami 

“Segala puji hanya untuk Allah SWT, yang telah mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya, serta orang-orang yang setia mengikuti ajarannya. Mari kita mulai dengan sebuah pantun…”

“Gulai ikan patin khas Palembang, Membuat lidah semua orang senang. Sungguh agama Islam yang indah, Menuntun kita ke jalan yang lurus dan cerah.”

Muqaddimah Ceramah yang Singkat dan Bermakna 

contoh mukadimah pidato singkat
Sumber: pexels.com

“Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan semua orang yang mengikuti petunjuknya. 

Dengan mengharap ridha dan petunjuk dari Allah, mari kita beranjak memahami kebenaran yang ada dalam agama kita yang mulia ini. Bismillahirrahmanirrahim…”

Pembukaan Pidato Bahasa Arab untuk Acara

عندما تقوم بتحويل النص السابق إلى اللغة العربية ، فإن النص سيكون على النحو التالي:

“السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. أيها الحضور الكرام، أشكركم على حضوركم اليوم في هذه المناسبة الخاصة. أيها الأصدقاء والزملاء، سعيد جدًا بأن أكون هنا اليوم للتحدث إليكم عن… يسرني أن أرحب بكم جميعًا في هذا المجمع العظيم، نحن مجتمع واحد ونتطلع لتحقيق…”


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

يرجى ملاحظة أن التحويل إلى اللغة العربية قد يؤدي إلى تغييرات طفيفة في الترتيب والتشكيل بناءً على قواعد النحو والترجمة.

“Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ayyuha al-huduur al-karaam, ashkurukum ‘ala huduurikum al-yawm fi hadhihi al-munaasabah al-khaasah. Ayyuha al-asdiqaa’ wa al-zumalaa’, sa’id jiddan bi-ann akoona huna al-yawm liltahadduth ilaykum ‘an… Yasirruni an arhab bikum jami’an fi hadha al-majma’ al-‘azheem, nahnu majtama’un wahid wa natazawwadu litahqiiq…”

Artinya: “Semoga keselamatan, rahmat, dan berkah Allah menyertai kalian. Wahai para hadirin yang terhormat, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran kalian hari ini dalam acara istimewa ini. Wahai sahabat dan rekan-rekan, saya sangat senang berada di sini hari ini untuk berbicara kepada kalian tentang… Saya senang menyambut kalian semua di forum ini yang besar, kita adalah satu komunitas dan kami berharap untuk mencapai…”

3 Contoh Mukadimah Pidato Singkat Islami Bahasa Indonesia 

contoh mukadimah pidato singkat
Sumber: pexels.com
  1. Puji syukur kita panjatkan kepada kahadirat Allah SWT karena telah memberikan rahmat serta kasih sayangnya kepada kita, sehingga pada hari ini kita masih mendapatkan kesehatan dan rezeki yang cukup. Tak lupa kita kirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari zaman jahiliyah hingga zaman dengan luasnya ilmu pengetahuan saat ini. 
  2. Marilah kita bersama-sama menengadahkan tangan ke langit yang penuh rahmat ini, memohon kehadiran Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang untuk memberkahi acara ceramah kita pada hari ini. Semoga rahmat-Nya melimpah, dan kita semua bisa mendapatkan manfaat yang besar dari ceramah yang akan disampaikan.
  3. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, serta salam kepada Rasulullah Muhammad SAW, saya ingin menyampaikan sebuah ceramah yang bertemakan nilai-nilai Islam dan pentingnya mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Teks Mukadimah Singkat Mudah Dihafal 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Saudara-saudari yang saya muliakan, Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama merenungkan pesan-pesan agung dalam agama kita. Agama Islam mengajarkan kita tentang cinta, perdamaian, dan keadilan. 

Kita sebagai umat Muslim memiliki tanggung jawab untuk membumikan nilai-nilai luhur ini dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pidato ini, mari kita bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Terima kasih.”

Selain contoh-contoh di atas, Anda juga dapat menonton tayangan berikut ini untuk mendapatkan referensi yang lebih luas.

Demikianlah informasi mengenai berbagai contoh pidato singkat yang bisa Anda gunakan. Semoga berbagai contoh di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda ingin tahu informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos. Selain itu, apabila Anda ingin melihat peluang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal, Anda bisa mengunjungi Evermos.

Melalui platform Evermos, Anda akan mendapatkan penawaran menjadi reseller tanpa modal dengan berbagai manfaat dan keuntungan lainnya. Klik tombol di bawah ini untuk melakukan registrasi!

YUK, GABUNG DISINI!