Tata Cara Sholat Tahajud | Lengkap dengan Niat, Doa dan Keutamaan

Ingin permintaan Anda dikabulkan oleh Allah? Sering-sering amalkan sholat tahajud di sepertiga malam! Tapi, sudah tahukah Anda tata cara sholat tahajud dengan benar? Supaya tidak salah dalam mengerjakannya, Anda bisa mengetahuinya pada ulasan artikel berikut ini lengkap dengan niat, doa dan keutamaan sholat tahajud.

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunah yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam. Dalam pelaksanaannya  harus dilakukan dengan cara yang benar sesuai

Untuk tata cara sholat tahajud sebenarnya sama seperti salat pada umumnya. Hanya saja memiliki perbedaan terletak pada waktu, niat, dan jumlah rakaat yang dijalankan.

Simak hingga tuntas tentang tata cara sholat tahajud, lengkap dengan niat, doa dan keutamaannya yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha Terlengkap dengan Dzikir dan Artinya

Apakah Sholat Tahajud Dikerjakan Sendirian atau Boleh Berjamaah?

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: google/bersosial

Hukum sholat tahajud berjamaah adalah makruh. Seperti disampaikan Ibnu Muflih, sholat sunnah itu hendaknya dilakukan berjemaah sesekali saja. Biasanya shalat tajahud berjamaah ini dilakukan pada saat bulan Ramadhan, yang di mana ada penutupnya sebagai witir.

Jadi jika hendak sholat tahajud padahal sudah mengerjakan tarawih berjemaah, sebaiknya ditunaikan sendiri saja. Karena sebenarnya melaksanakan munfarid dalam sholat tahajud ini dirasa lebih afdol, untuk meningkatkan kekhusyuan dalam sholat dan memanjatkan segala pengharapan di sepertiga malam.

Dalam mengerjakan sholat, tentu ada hal yang harus kita perhatikan yaitu perlengkapan ibadah yang kita kenakan.

Apakah sudah terasa nyaman atau belum? Karena kenyamanan ini mempengaruhi kekhusyuan dalam beribadah.

Nah, bagi Anda yang ingin peralatan ibadahnya nyaman, silahkan untuk membeli peralatan ibadah yang tersedia di Evermos.

Selain Anda memilikinya sendiri, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha, seperti berjualan mukena, sarung, sajadah, tasbih, Al Quran dan masih banyak lainnya.

Jadi Reseller Gratis

Kapan Waktu Terbaik Untuk Melaksanakan Sholat Tahajud?

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: pexels.com

Sebelum melaksanakan sholat tahajud, Anda dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu. Karena syarat utama untuk melaksanakan salat tahajud adalah setelah bangun tidur di malam hari.

Apabila sholat tahajud dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu, maka sholat tahajud tidak akan sah.

Untuk waktu pelaksanaan mulai dari bada isya, sampai sebelum terbit fajar. Sedangkan waktu paling utama atau dianjurkannya yaitu pada waktu sepertiga malam yang terakhir.

Adapun detail waktu sholat tahajud diantaranya:

  • Dimulai setelah salat isya sampai pukul 10:30 untuk sepertiga malam pertama
  • Sepertiga malam kedua dimulai pukul 10:30 hingga 01.30
  • Sedangkan sepertiga malam terakhir dimulai pukul 01:30 hingga sebelum memasuki subuh

Niat Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: google/bersosial

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunah tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: google/bersosial

Dalam melaksanakan sholat tahajud tentu saja harus sesuai dengan sunah. Maka dari itu, tata cara sholat tahajud ini penting untuk Anda ketahui agar sholatnya bisa Allah terima.

Untuk tata caranya bisa Anda simak di bawah ini:

Pada Rakaat Pertama

  1. Membaca niat sholat tahajud
  2. Mengucapkan takbir
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca surah Al-Fatihah
  5. Baca surah pendek atau panjang dari Alquran
  6. Rukuk dengan tuma’ninah
  7. Iktidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud pertama dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua salat tahajud

Pada Rakaat Kedua

  1. Membaca surah Al-Fatihah
  2. Membaca surah pendek atau panjang dari Al-Qur’an
  3. Rukuk dengan tuma’ninah
  4. Iktidal dengan tuma’ninah
  5. Sujud pertama dengan tuma’ninah
  6. Duduk diantara 2 sujud dengan tuma’ninah
  7. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  8. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  9. Salam
  10. Membaca doa dan zikir setelah salat tahajud

Beribadah menjadi khusyu, selain melaksanakan tata caranya dengan baik dan benar, peralaatan ibadah yang kita kenakan juga mempengaruhi kekhusyuan.

Yuk, temukan berbagai peralatan ibadah di Evermos. Anda juga berkesempatan untuk menjadi reseller yang mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan produk. Mau jadi reseller sukses? Daftar sekarang juga!

daftar disini sekarang

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: google/bersosial

Berikut ini merupakan bacaan doa setelah sholat tahajud yang dapat Anda amalkan:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya:

Ya Allah bagi-Mu segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad saw. adalah benar serta hari kiamat adalah benar.

 

Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.

Baca juga: Doa Shalat Istikharah | Lengkap dengan Niat, Tata Cara, Waktu, Manfaat

Keutamaan Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud
Sumber: google/bersosial

Dalam setiap amalam sholat tentu saja ada keutamaan atau manfaat bagi setiap muslim yang mengerjakannya. Termasuk Anda juga ingin merasakan keutamaan atau manfaat dari sholat tahajud ini bukan? Mari simak keutamaan sholat tahajud di bawah ini:

1. Kunci Masuk Surga

Setiap orang muslim pasti menginginkan masuk ke dalam surga-Nya. Maka dari itu, sering amalkan sholat tahajud sebagai tiket untuk masuk surga. Seperti sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

Artinya: “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

2. Sholat Sunnah Paling Utama

Pernahkah Anda mendengar bahwasannya sholat tahajud juga disebut qiyamul lail atau sholat lail? Ya, karena dengan sebutan itu sholat tahajud merupakan sholat sunah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

Artinya: “Salat yang paling utama setelah Salat fardhu adalah Salat malam” (HR. An Nasa’i)

3. Doanya Akan Allah Kabulkan

Orang muslim yang mengerjakan sholat tahajud kemudian berdoa dengan sungguh-sungguh dan meminta pengharapan hanya pada-Nya, insya Allah doanya akanAllah kabulkan.

Apalagi jika ia melakukannya di sepertiga malam yang terakhir. Waktu utama yang paling baik untuk melaksanakan sholat tahajud.

4. Allah Memberi Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang muslim yang ahli sholat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan senantiasa memberinya kemuliaan dan kewibawaan. Seperti dalam sebuah hadits menyatakan:

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

Artinya: “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada salat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Mendapatkan Kedudukan yang Terpuji

Selain mendapatkan kemuliaan dan kewibawaan, orang yang ahli sholat tahajud akan mendapatkan kedudukan yang terpuji. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

6. Sebagai Penghapus dan Pencegah Dosa

Kita sebagai manusia pasti tidak pernah luput dari dosa. Dengan menjalankan sholat tahajud, dosa-dosa kecil pun akan berguguran.

Suatu hal yang lebih istimewa lagi, sholat tahajud juga bisa mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Masya Allah.

Maka dari itu, agar terhindar atau terjauhkan dari maksiat dan dosa, lakukanlah sholat tahajud.

7. Kebiasaan Orang Shalih

Tentu saja kita ingin menjadi orang yang shalih bukan? Jika ingin demikian, sudahkah seringkah Anda mengamalkan sholat tahajud?

Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka, siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

8. Menolak Penyakit 

Penyakit itu datangnya dari Allah dan kesembuhan pun datangnya dari Allah. Kita semua berharap agar bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Atas izin Allah, orang-orang yang mengamalkan sholat tahajud ini akan Allah jaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit. Istimewanya lagi, keutamaan ini telah terbukti secara medis. Masya Allah.

Jika terkena penyakit, tentu upaya yang kita lakukan adalah melakukan pengobatan. Berobat juga butuh materi untuk membeli obaat, atau hanya sekedar memeriksa ke dokter atau rumah sakit.

Sebagai antisipasi, miliki penghasilan dengan menjadi reseller Evermos.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Silahkan klik di bawah ini untuk bergabung menjadi reseller Evermos dan langsung bisa mulai berjualan!

mulai jualan sekarang

Nah, demikianlah informasi mengenai tata cara sholat tahajud lengkap dengan niat, doa, dan keutamaannya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga kita bisa istiqomah untuk melaksanakan sholat tahajud, mengingat banyak sekali keutamaan yang akan kita dapatkan dari hasil amalan tersebut.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang tersayang Anda agar bisa saling mengingatkan dalam perkara kebaikan.

Semoga segala bentuk peribadahan kita dapat Allah terima dan kita menjadi naik derajat level keimanannya. Aamiin Yarabbal’alamiin.

Ingin membaca artikel menarik tentang kumpulan doa lainnya? Jangan lewatkan untuk membacanya hanya pada situs blog Evermos.

 

×