Kumpulan Lengkap Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu

MakaBerdzikir dan membacakan doa setelah sholat fardhu adalah anjuran Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Lalu, bagaimana bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu? Simak selengkapnya pada ulasan ini.

Imam Nawawi mengatakan dalam sebuah karyanya, Kitab Al-Adzkar. Salah satu kitab rujukan, serta buku induk berkenaan tentang doa dan dzikir yang sangat popular di dunia islam,

Beliau mengatakan di dalam kitab tersebut, bahwa para ulama telah bersepakat (ijima’) mengenai kesunnahan dzikir seusai sholat, yang ditopang oleh banyak hadits yang shahih dengan jenis bacaan yang beragam.

Berikut ini diantara rangkaian dzikir dan bacaan doa setelah sholat fardhu 5 waktu, yang telah dikutip dari berbagai sumber:

Kumpulan Dzikir dan Doa Setelah Sholat

1. Diawali dengan Membaca Istighfar Terlebih Dahulu

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

Sebelum berdoa, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak tiga kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal’adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaih “

Artinya: “Aku meminta ampun pada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Mu”

Baca Juga: Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh Allah

2. Dilanjutkan dengan Membaca:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumit, wa huwa ‘ala syai’in qadir”

Artinya: “Tidak ada Tuhan Selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu”

Waktu dhuha merupakan waktu yang mustajab untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Bacalah Doa Setelah Shalat Dhuha berikut.

3. Memohon Perlindungan dari Siksa Neraka, dengan Membaca 3 Kali Berturut-Turut:

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

“Allahumma Ajirna Minannar 3x”

Artinya “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka”

4. Memuji Allah Dengan Kalimat

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

“Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam fa hayyina rabbana bis-salam wa adkhilnal-jannata daras-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu. Ya Tuhan kami, hidupkanlah kamu dengan sejahtera. Masukkanlah kami kedalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan”

Baca Juga: Hanya 1 Ayat, Doa Penglaris Dagangan Ini Ampuh dan Mudah Diamal

5. Membaca surat Al-Fatihah dan Ayat Kursi

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

Membaca Surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca Ayat Kursi (Al-Baqarah : 225)

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

“Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Lengkapi Koleksi Perlengkapan Ibadah Anda dengan koleksi kebutuhan muslim sehari-hari terlengkap di Evermos

doa setelah sholat

Selain untuk pengggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk ini sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Jadi, mari daftar sekarang dan raih keuntungannya. Apalagi ada kupon voucher di transaksi pertama yang bisa Anda gunakan. Sayang sekali kalau dilewatkan. Transaksi sekarang dan manfaatkan vouchernya, ya.

Mau amalan yang mudah serta jika mengamalkannya akan mendapatkan manfaat yang dahsyat? Berikut ini Dzikir Pagi dan Petang yang bisa dibaca setiap harinya.

Jadi Reseller Gratis

 

6. Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com
  • Membaca kalimat Tasbih 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ

“Subhanallah” 33x

Artinya: “Maha Suci Allah”

Baca Juga: 40 Kumpulan Doa Sehari-Hari Terlengkap Berserta Dengan Artinya

  • Membaca kalimat Tahmid 33 kali

الْحَمْدُلِلهِ

“Alhamdulillah” 33x

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah”

  • Membaca kalimat Takbir 33 kali

اللهُ اَكْبَرُ

“Allahu Akbar ” 33x

Artinya: “Allah Maha Besar”

Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, perlu pertimbangan yang matang serta cara mengembangkan bisnis yang tepat. Agar diberikan kelancaran, bacalah Wirid untuk Usaha Lancar.

7. Membaca Doa Berikut

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

Setelah selesai berdzikir, maka membaca doa setelah sholat berikut

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

“Bismillahir-rahmanirrahim. Alhamdu lillahi rabbil-‘alamin. Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi’u mazidah. Ya rabbana lakal-hamdu kama yanbaghi li jalali wajhika wa ‘adhimi sulthanik”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa alam semesta, dengan pujian yang sepadan dengan nikmatnya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu sebagaimana yang layak atas kemuliaan Dzat-Mu dan keagungan-Mu”

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

“Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin wa’ala ali Sayyidina Muhammad”

Artinya: “Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga junjungan kita Nabi Muhammad”

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

“Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal’aalamiin”

Artinya: “Ya Allah terima sholat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyu’ kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama sholat ya Allah. Tuhan seru sekalian alam”

Lengkapi Koleksi Perlengkapan Ibadah Anda dengan Koleksi Kebutuhan Muslim Sehari-Hari Terlengkap Di Evermos

doa setelah sholat

Bacaan Doa Setelah Sholat

doa setelah sholat
sumber : shutterstock.com

رَبَّنَا ضَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْ حَمْنَا لَنَكُوْ نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ يْنَ

“Rabbana Dzhalamnaa Anfusanaa Wa-Inlamtaghfir Lana Watarhamnaa Lanakuunanna Mlnal Khaasiriin”.

رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِ يْنَ مِنْ قَبْلِنَا

“Rabbanaa Walaa Tahmil’alainaa Ishran Kama Hamaltahul’alal Ladziina Min Qablinaa.”

رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَا قَتَا لَنَا بِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِيْنَ

“Rabbanaa Walaa Tuhammilnaa Maalaa Thaaqata Lanaa Bihii Wa’fu’annaa Waghfir Lanaa Warhamnaa Anta Maulaanaa Fanshurnaa ‘Alal Qaumil Kaafiriin”.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْ بَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَ يْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُ نْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Rabbanaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idzhadaitanaa W’ahablanaa Min Ladunka Rahmatan Innaka Antal Wahhaab”.

رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ, اِنَّكَ عَلَى قُلِّ ثَيْءٍقَدِيْرِ

“Rabbanaghfir Lanaa Waliwaalidinaa Walijami’il Muslimiin Walmuslimaati Wal Mu’miniina Walmu’minati. Al Ahyaa-I-Minhum Wal Amwaati, Innaka Alaa Kuli Syai’n Qadiir”.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunyaa Hasanatan Wafil Aakhirati Hasanatan Waqinaa Adzaaban-Naar”.

اللهم اغفر لنا ذنوبناوكفرعنا سيئاتنا وتوفنا مَعَ الْأَ بْرَارِ

“Allahummaghfirlanaa Dzunuubanaa Wakaffir Annaa Sayyiaatinaa Watawaffanaa Maalabraari”.

سُبْحَانَ رَبِّكِ رَبِّ الْعِزَةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْ سَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Subhaana Rabbika Rabbil I’zzati Ammaa Yashifuuna Wasalaamun ‘Alal Mursalhna Wal-Hamdu Lillaahi Rabbil’aalamiina”.

Kumpulan Doa Setelah Sholat

Demikianlah ulasan mengenai bacaan doa setelah sholat. Semoga doa di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Kiranya sebuah doa akan berhasil jika diiringi dengan berikhtiar dan berusaha.

Bagi Anda yang sedang berikhtiar mencari pintu rezeki, maka Evermos bisa menjadi solusinya.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Sepertiga malam menjadi waktu yang intim antara seorang hamba dengan Penciptanya. Sambil menunaikan solat tahajud, amalkan Doa Sholat Tahajud dan Dzikir.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

daftar disini sekarang

Sekian artikel mengenai kumpulan dzikir dan doa setelah shalat ini. jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel kecantikan menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×