Kumpulan Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh Allah

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Seperti yang kita semuanya menyadari bahwa kemudahan hanya datang dari Allah. Sesulit apapun akan menjadi mudah jika Allah memang menghendaki. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita selalu memohon dan memanjatkan doa agar selalu dimudahkan segala urusan, baik dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Setiap manusia hakikatnya memiliki keinginan, dan banyak dari kita juga yang menginginkan keinginannya terwujud, dan tidak sedikit pula mereka yang sudah meyakini jika keinginan tersebut dapat terwujud, namun ternyata tak seperti yang di harapkan.

Sekali lagi semua itu tergantung kehendak Allah, namun kehendak tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan, jika Allah memang menghendakinya.

Maka dari itu, kita sebagai umat musim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa dan hal-hal apapun yang akan atau sedang kita kerjakan, baik dalam keadaan sulu atau dalam keadaan lapang.

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Akan Yang Dihadapi

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Setiap manusia umumnya memiliki tingkatan masalah dan urusan berbeda-beda. Ada yang selalu dimudahkan oleh Allah dalam setiap urusannya, tetapi masih banyak juga yang disulitkan dalam menghadapi urusan-urusannya.

Hal tersebut kebanyakan disebabkan karena masih jauhnya dari agama dan jarang meminta kepada Allah SWT.

Padahal setiap takdir manusia baik umur, rezeki, maut dan lain sebagainya sudah diatur oleh Allah SWT, untuk itu sudah seharusnya jika kita selalu mendekatkan diri dan berdoa serta meminta kepana Allah untuk mengatur semua urusan yang dijalani di dunia ini.

Baca Juga: 7 Doa Untuk Keluarga Agar Hidup Bahagia, Harmonis, dan Diberkahi

Adapun jika mengalami kesulitan dalam menjalani hidup, maka kita bisa memperbanyak dzikir dan mendekatkan diri kepada Allah serta memanjatkan doa dan insya Allah kesulitan hingga kegundahan dapat teratasi.

Sebaiknya doa agar dimudahkan segala urusan dibacakan setelah mengerjakan sholat 5 waktu dan jika membutuhkan bantuan Allah agar diberikan kemudahan makan bisa menambahkan sholat sunnah hajjat dengan meminta kesungguhan dan sepenuh hati kepada Allah.

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Hadits tersebut  dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah) dengan Sanad shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibnu Hibban.

Faedah singkat dari do’a di atas:

Pertama

Kemudahan hanya datang dari Allah. Sesuatu yang sulit sekalipun bisa menjadi mudah jika Allah menghendaki.

Kedua

Hendaklah untuk selalu bergantung kepada Allah dan bukan hanya bergantung kepada diri sendiri yang lemah.

Jika memang hari terlalu yakin sehingga melupakan Allah, maka urusan tersebut akan semakin menyulitkan dirimu sendiri. Ingatlah barang siapa yang senantiasa bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mempermudah semua urusannya.

Baca Juga: Doa Agar Dimudahkan Rezeki Dan Pekerjaan Yang Dilimpahi Berkah

Ketiga

Manusia memiliki kehendak, namun kehendak tersebut bisa terealisasi dengan baik dan sempurna, jika Allah menghendakinya. Oleh karena itu, hati seharusnya bersandar pada sang kholiq, Allah Ta’ala.

Keempat

perlunya beriman kepada takdir ilahi dengan baik sehingga tidak membuat seseorang semakin sedih atas musibah atau kesulitan yang menimpanya.

Kelima

Takdir di satu sisi terasa menyakitkan. Namun jika kita memandang dari sisi lainnya, pasti akan ada yang terbaik dan hikmah besar di balik semua itu.

Bacaan Doa Agar dimudahkan segala urusan 

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Jika Anda sudah berusaha semaksimal mungkin, berikut ini adalah doa agar dimudahkan dalam segala urusan yang dapat dipanjatkan sebagai pelengkap segala usaha sampingan kamu.

Baca Juga: 40 Kumpulan Doa Sehari-Hari Terlengkap Berserta Dengan Artinya

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan 1

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma Laa Sahla Illa Maa Ja’alatahu Sahlan wa Anta Taj’alul Hazna Idzaa Syi’ta Sahlan

Artinya: “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan 2

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy-Rohlii Shadrii, Wa Yassirlii Amrii, Wahlul ‘Uqdatam Millisaanii, Yafaqhuu Qaulii

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan 3

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi Zidnii ‘Ilmaa

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan 4

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Rabbanā atmim lanā nụranā wagfir lanā, innaka ‘alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan 5

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā

Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Baca Juga: Hanya 1 Ayat, Doa Penglaris Dagangan Ini Ampuh dan Mudah Diamal

Itulah kumpulan doa agar dimudahkan segala urusan, semoga apa yang dibagikan dalam artikel ini dapat memberikan kebaikan dan manfaat positif untuk pembacanya.

Daripada disimpan dan dibaca sendirian, lebih baik bagikan artikel ini ke teman, saudara, atau media social yuk. Agar semakin banyak orang yang tau dan menjadi manfaat positif untuk kedepannya.

Jangan lupa simak informasi menarik lainnya di Blog Evermos ya.

You may also like