Home » Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha Terlengkap dengan Dzikir dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha Terlengkap dengan Dzikir dan Artinya

by Siti Choerunnisa
0 comment

Shalat Dhuha adalah sholat sunah yang dikerjakan setelah fajar hingga sebelum memasuki waktu Dzuhur. Ibadah ini dilengkapi dengan doa setelah shalat dhuha. Jika diamalkan keduanya akan memiliki banyak keutamaan,

Hukum dari shalat dhuha adalah sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan. Maka dari itu mari kita simak kumpulan doa setelah shalat dhuha beserta keutamaannya.

Baca Juga : Doa Shalat Istikharah | Lengkap dengan Niat, Tata Cara, Waktu, Manfaat

Doa Setelah Shalat Dhuha Beserta Dzikirnya

Doa Setelah Shalat Dhuha

sumber : Pixabay.com

Setelah kita selesai melaksanakan Shalat Dhuha, kita dianjurkan untuk membaca istighfar terlebih dahulu. Adapun bacaan istigfar Rasulullah SAW setelah shalat Dhuha adalah sebagai berikut;

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Allohummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu.

”Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau maha penerima tobat dan Maha Pengampun.”

Setelah membaca ini, selanjutnya kita mengamalkan doa setelah shalat dhuha beserta dzikir lainnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga : Bacaan Dzikir Pagi dan Petang Lengkap Dengan Arti Serta Manfaatnya

Doa Setelah Shalat dhuha.

Doa Setelah Shalat Dhuha

sumber : Pexels.com

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Dzikir setelah shalat dhuha

Doa Setelah Shalat Dhuha

sumber : Pexels.com

1.  Membaca Istighfar 3 kali

أَسْتَـغْـفِـرُ الله

“Saya memohon ampun kepada Allah”

2.

اَللَّــهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا اْلجَلالِ وَاْلإكْرَامِ

ALLAHUMA ANTA SALAM WA MINKA SALAM TABARAKTA YA DZAL JALALI WAL IKRAM”Ya Allah Engkau Maha Sejahtera, dari-Mu kesejahteraan, Maha Berkah Engkau wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan”  (HR.Muslim: 1/414).

3.

لاَ إِلَهَ إِلا الله ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Laailaaha illallah wahdahu la syariika lahu, lahulmulku walahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in Qodir’

“Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya seluruh kerajaan dan milik-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”

4.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ. لَهُ النِّعْمَةُ وَ لَهُ اْلفَضْلُ وَ لَهُ الثَّنَاءُ اْلحَسَنُ. لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ مُخْلِصِـيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلكَافِرُوْنَ. اَللَّــهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا اْلجَدِّ مِنْكَ اْلجَدُّ.

“Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, milik-Nya segala nikmat, milik-Nya segala keutamaan dan milik-Nya segala sanjungan yang baik.
Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dengan mengikhlaskan agama (ketundukan) untuk-Nya walaupun orang-orang kafir benci. Ya Allah tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau halangi dan tidak bermanfaat bagi orang yang memiliki kekayaan (dari siksaan-Mu) akan kekayaannya”

5.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

“Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”

6. Dzikir Tasbih, Tahmid dan Takbir Masing-Masing 33x

  • Subhanallah (33x)
  • Alhamdulilllah (33x)
  • Allahu Akbar (33x)

7.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

“Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”

8. Membaca doa ayat kursi

الله لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim

“Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) kecuali Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada dilangit dan apa yang ada dibumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa seizin-Nya? Allah Mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

9. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas

10.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaan

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang diterima”

11. Membaca doa agar selamat dari fitnah Dajjal

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajal yang terhapus dari rahmat Allah”

12. Membaca doa penutup

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina.

“Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam”

Keutamaan Shalat Dhuha

Doa Setelah Shalat Dhuha

Sumber : Pexels.com

Pahalanya seperti sedekah

Diantara manfaat sholat dhuha poin satu ini adalah yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi.

Semua kebaikan meskipun kecil adalah sedekah seperti berdzikir dan tersenyum.

Seandainya kita punya banyak pekerjaan kita bisa mengganti semuanya dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha. Ibadah ini praktis namun pahalanya setara dengan bersedekah.

Investasi Amal Ibadah

Sebagaimana kita tahu bahwasholat sunah adalah penyempurna bagi Sholat wajib 5 waktu.

Apabila sholat kita baik maka bisa diperhitungkan untuk amalan selanjutnya. Maka dari itu, kita bisa pergunakan sholat dhuha sebagai investasi amal cadangan.

Dengan kita melakukan sholat dhuha rutin dan terus menerus, maka sama dengan kita menabung cadangan amal yang bisa menyempurnakan kekurangan shalat wajib kita.

Menjaga Keimanan

Manfaat dan nilai pahala yang terkandung dalam shalat dhuha sangatlah banyak. Selain itu, shalat dhuha juga bisa menjadi pengontrol bagi kondisi keimanan seorang muslim. Keimanan perlu dijaga agar tidak jatuh ke jalan yang salah.

Pahala Seperti Haji dan Umrah

Imam Tirmidzi dan Imam At-Thabrani pernah meriwayatkan sebuah hadits yang mengatakan bahwa

“jika melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid lalu berdiam diri hingga waktu pelaksanaan shalat dhuha kemudian menunaikannya, maka ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umroh.”

Dibangunkan Rumah di Surga

Siapa yang tidak ingin dibangunkan rumah di surga. Tentunya kita semua ingin mendapatkannya.

Caranya tidak begitu sulit, cukup kita beristiqomah untuk menunaikan ibadah shalat dhuha di pagi hari.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasul SAW yaitu

“Barang Siapa Sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan rumah di surga,” (Shahih al-Jami’: 634)

Bersama Rasulullah di Surga

Sebuah anugerah terbesar untuk kita apabila kelak bisa berjumpa dengan Rasulullah SAW, para nabi dan orang sholeh di surga.

Dalam sebuah hadits ada keterangan bahwa dengan memperbanyak sujud di dunia akan membantu kita untuk bertemu Rasulullah nantinya. Shalat dhuha merupakan salah satu cara untuk kita memperbanyak sujud.

Menjaga Kondisi Kebugaran

Ketika anda bangun di pagi hari dan kurang merasa fit, cobalah untuk menunaikan sholat dhuha.

Ketika anda shalat dan khusyuk, maka akan ada semacam energi yang dapat mengusir rasa ngantuk dan kemalasan. Maka jadikanlah sholat dhuha sebagai bekal anda untuk memulai aktifitas sehari hari.

Menjaga Kesehatan

Selanjutnya kita tahu bahwa waktu olahraga terbaik adalah di pagi hari. shalat dhuha juga baik dan bisa dianggap sebagai olahraga.

ketika kita melaksanakan sholat dhuha tanpa kita sadari itu sama dengan berolahraga. Kita menggerakkan seluruh persendian mulai dari tangan, siku, lutut sampai kaki yang bisa menjaga Kesehatan tulang dan otot.

Dengan begitu kita dapat terhindar dari penyakit persendian dan tulang seperti pengeroposan atau osteoporosis.

Saat kita menggerakan tubuh maka otomatis akan memperlancar peredaran darah. Dengan melakukan Gerakan shalat, darah akan mengalir lancer ke seluruh tubuh. Contohnya seperti saat kita sujud maka posisi kepala lebih rendah dari badan maka darah akan mengalir sampai ke kepala.

Obat Bagi Penyakit Dalam

Berdasarkan penelitian para ilmuwan menemukan bahwasanya ketika melaksanakan shalat dhuha di waktu kondisi bumi yang mulai panas dapat mengurangi resiko penyakit seperti ginjal dan jantung.

Hal ini disebabkan karena energi panas dapat mempengaruhi organ hati dan sistem pencernaan.

Menambah kecantikan

Tentunya semua wanita menginginkan paras yang cantik. Shalat dhuha dapat anda jadikan solusi untuk menjadikan wajah cantik dan berseri.

Ketika anda membasuh muka dengan air wudhu maka akan membuat wajah anda bersih. Hal ini dikarenakan air wudhu akan masuk ke pori-pori sehingga bisa mengencangkan kulit dan membuat wajah berseri.

Demikianlah ulasan mengenai doa dan dzikit setelah shalat dhuha beserta keutamaannya.  Semoga dengan memahami keutamaan dari shalat Dhuha ini dapat menambah menambah semangat dan keimanan anda untuk rutin menunaikannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Bagi anda yang ingin membaca artikel islami lainnya anda bisa mengunjungi Blog Evermos.

Related Posts