Doa Setelah Shalat Dhuha Agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Yuk Amalkan!

Setelah melaksanakan sholat Dhuha, agar lebih afdhol maka bacalah doa setelah shalat Dhuha beserta dzikirnya. Yuk, simak bacaan Arab, Latin, dan artinya disini!

Shalat Dhuha adalah ibadah sholat dengan segudang keutamaan yang berlangsung setelah fajar hingga sebelum memasuki waktu Dzuhur.

Melaksanakan sholat dhuha hukumnya adalah sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan oleh Nabi SAW.

Ketika melaksanakan sholat dhuha, tentu ada harapan dan permohanan yang ingin kita panjatkan kepada Allah SAW.

Untuk itu, setelah sholat maka Anda dapat membaca doa setelah sholat dhuha. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Bacaan Doa Sholat Tahajud yang Mustajab dan Artinya.

Bacaan Doa Setelah Shalat Dhuha Beserta Dzikir yang Singkat 

doa setelah shalat dhuha
Sumber: canva.com

Berikut ini adalah dua urutan bacaan doa setelah sholat Dhuha agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT versi pendek yang dapat Anda amalkan.

1. Dzikir Setelah Shalat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, maka bacalah dzikir terlebih dahulu. Berikut ini bacaan dzikir istigfar Rasulullah SAW setelah shalat Dhuha:

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ



Allohummaghfirli wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: ”Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau maha penerima tobat dan Maha Pengampun.”

Setelah membaca ini, selanjutnya amalkan doa setelah shalat Dhuha beserta dzikir lainnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mau amalan yang mudah serta jika mengamalkannya akan mendapatkan manfaat yang dahsyat? Berikut ini Dzikir Pagi dan Petang yang bisa dibaca setiap harinya.

2. Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah SWT

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Baca juga: 4 Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab dan Artinya, Insya Allah Diijabah!

Rangkaian Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha 

doa setelah shalat dhuha
Sumber: canva.com

Selain dua bacaan doa setelah shalat Dhuha di atas, Anda juga dapat membaca dzikir dan doa versi panjang berikut ini.

1. Membaca Istighfar Pelebur Dosa 

Setelah salam, bacalah istighfar pelebur dosa terlebih dahulu sebagai rangkaian pertama doa sesudah shalat dhuha. Berikut bacaannya:

استغفر الله العظيم إن الله غفور رحيم

Astaghfirullahaladzim innallaha ghofururrohim.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, sesungguhnya Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.”

2. Membaca Doa Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah As-Salam (Yang Maha Memberi Keselamatan), dan dari-Mu lah keselamatan itu. Mahasuci Engkau, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Doa di atas mengandung permohonan kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan keselamatan kepada kita, baik di dunia maupun di akhirat.

3. Mengamalkan Bacaan Wirid Sebagai Doa Setelah Shalat Dhuha

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

4. Melanjutkan Bacaan Dzikir Kalimat Tauhid

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ. لَهُ النِّعْمَةُ وَ لَهُ اْلفَضْلُ وَ لَهُ الثَّنَاءُ اْلحَسَنُ. لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ مُخْلِصِـيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلكَافِرُوْنَ. اَللَّــهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا اْلجَدِّ مِنْكَ اْلجَدُّ

La ilaha illallahu wa la na’budu illa iyya. Lahu-ni’matu wa lahul-fadlu wa lahu-thanaa ul hasan. Laa ilaha illallah, mukhlisina lahuddin walaw karih al-kafirun. Allahumma laa mani’a limaa a’tayta, wa laa mu’tiya lima mana’ta, wa laa yanfa’u dhal-jaddi minka al-jadd.

Artinya: “Tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, milik-Nya segala nikmat, milik-Nya segala keutamaan dan milik-Nya segala sanjungan yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Allah dengan mengikhlaskan agama (ketundukan) untuk-Nya walaupun orang-orang kafir benci. Ya Allah tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan, tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau halangi dan tidak bermanfaat bagi orang yang memiliki kekayaan (dari siksaan-Mu) akan kekayaannya”

5. Membaca Dzikir Kalimat Agung 

لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”

6. Dzikir Tasbih, Tahmid dan Takbir Masing-Masing 33x

Selanjutnya, jika Anda ingin doa setelah sholat Dhuha agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT, maka lanjutkan dengan membaca dzikir tasbih, tahmid, dan takbir berikut ini.

  • Subhanallah (33x) سُبْحَانَ اللهِ, Artinya: Maha Suci Allah
  • Alhamdulilllah (33x) الْحَمْدُلِلهِ, Artinya: Segala Puji Bagi Allah
  • Allahu Akbar (33x) اللهُ اَكْبَرُ, Artinya: Allah Maha Besar

7. Kembali Membaca Bacaan Wirid

Berikutnya, lanjutkan dengan membaca bacaan wirid kembali.

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Baca juga: Kumpulan Lengkap Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu.

8. Membaca Ayat Kursi Sebagai Doa Setelah Shalat Dhuha

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) kecuali Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa seizin-Nya? Allah Mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang di kehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”

9. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas

  • Bacaan Surah Al-Ikhlas 

Qul huwallāhu aḥad allāhuṣ-ṣamad lam yalid wa lam yụlad wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad.

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

  • Bacaan Surah Al-Falaq

Qul a’ụżu birabbil-falaq min syarri mā khalaq wa min syarri gāsiqin iżā waqab wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad.

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”

  • Bacaan Surah An-Naas

Qul a’ụżu birabbin-nās malikin-nās ilāhin-nās min syarril-waswāsil-khannās allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās minal-jinnati wan-nās.

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia, Ilah manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari kalangan jin dan manusia.”

10. Membaca Doa Memohon Keberkahan

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaan.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan amal yang di terima”

11. Membaca Doa Agar Selamat dari Fitnah Dajjal

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajal yang terhapus dari rahmat Allah”

12. Membaca Penutup Doa Setelah Shalat Dhuha

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina.

Artinya: “Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan di limpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam”

Selain doa setelah sholat Dhuha, Anda juga bisa mengamalkan doa sehari-hari untuk berbagai aktivitas. Baca doanya disini: 46 Doa Sehari-Hari Singkat Mudah Dihafal dan Diamalkan.

Keutamaan Shalat Dhuha dan Mengamalkan Doa Sesudah Sholat Dhuha

doa setelah shalat dhuha
Sumber: canva.com

1. Investasi Amal Ibadah dan Pahalanya Seperti Sedekah

Sebagaimana kita tahu bahwa sholat sunah adalah penyempurna bagi sholat wajib 5 waktu. Sehingga, kita bisa mengumpulkan amalan tambahan dari sholat Dhuha.

Selain itu, dari hadits riwayatkan Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi.

Seandainya kita punya banyak pekerjaan kita bisa mengganti semuanya dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha. Ibadah ini praktis namun pahalanya setara dengan bersedekah.

3. Pahala Seperti Haji dan Umrah

Imam Tirmidzi dan Imam At-Thabrani pernah meriwayatkan sebuah hadits yang mengatakan bahwa

“Jika melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid lalu berdiam diri hingga waktu pelaksanaan shalat dhuha kemudian menunaikannya, maka ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umroh.”

Sepertiga malam menjadi waktu yang intim antara seorang hamba dengan Penciptanya. Sambil menunaikan solat tahajud dan amalkan doa sholat Tahajud dan dzikirnya.

4. Dibangunkan Rumah di Surga

Siapa yang tidak ingin punya rumah di surga. Tentunya kita semua ingin mendapatkannya.

Caranya tidak begitu sulit, cukup kita beristiqomah untuk menunaikan ibadah sholat Dhuha di pagi hari. Hal ini sesuai dengan hadits Rasul SAW yaitu,

“Barang Siapa Sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan rumah di surga,” (Shahih al-Jami’: 634)

5. Berkumpul Bersama Rasulullah di Surga

Sebuah anugerah terbesar untuk kita apabila kelak bisa berjumpa dengan Rasulullah SAW, para nabi dan orang sholeh di surga.

Dalam sebuah hadits ada keterangan bahwa dengan memperbanyak sujud di dunia akan membantu kita untuk bertemu Rasulullah nantinya.

Shalat dhuha merupakan salah satu cara untuk kita memperbanyak sujud.

6. Menjaga Kondisi Kebugaran dan Kesehatan

Ketika Anda bangun di pagi hari dan kurang merasa fit, cobalah untuk menunaikan sholat Dhuha.

Ketika Anda shalat dan khusyuk, maka akan ada semacam energi yang dapat mengusir rasa ngantuk dan kemalasan.

Maka jadikanlah sholat Dhuha sebagai bekal anda untuk memulai aktifitas sehari hari.

8. Obat Bagi Penyakit Dalam

Dari penelitian menemukan fakta bahwa ketika melaksanakan shalat Dhuha di waktu kondisi bumi yang mulai panas, maka dapat mengurangi resiko penyakit seperti ginjal dan jantung.

Hal ini karena energi panas dapat mempengaruhi organ hati dan sistem pencernaan.

9. Menambah  Kecantikan

Tentunya semua wanita menginginkan paras yang cantik. Shalat dhuha dapat Anda jadikan solusi untuk menjadikan wajah cantik dan berseri.

Ketika Anda membasuh muka dengan air wudhu maka akan membuat wajah Anda bersih.

Hal ini di karenakan air wudhu akan masuk ke pori-pori sehingga bisa mengencangkan kulit dan membuat wajah berseri.

Demikianlah ulasan mengenai doa dan dzikit setelah shalat dhuha beserta keutamaannya.

Semoga dengan memahami keutamaan dari shalat Dhuha ini dapat menambah menambah semangat dan keimanan Anda untuk rutin menunaikannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Bagi Anda yang ingin membaca artikel islami lainnya Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)