5 Doa Menyambut Bulan Ramadhan 2024 dan Artinya, Amalkan Sebelum Menunaikan Puasa!

Doa menyambut bulan Ramadhan dan artinya baik untuk kamu amalkan menjelang berakhirnya bulan Syaban dan akan memasuki Ramadhan 2024. Sudah tahu apa saja bacaan doa yang dapat diamalkan? 

Artikel ini akan berbagi referensi bacaan doa menyambut bulan Ramadhan Arab, Latin dan artinya. Kamu dapat berdoa sambil mengharapkan ridho, kekuatan serta keberkahan dari Allah SWT. 

Sehingga, sebagai umat Muslim kamu bisa menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dengan lancar. 

Adapun pada tahun 2024 ini, Kemenag RI telah menetapkan secara resmi bahwa 1 Ramadhan 1445 H akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. 

Baca juga: Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan untuk Sebulan Penuh Simak di Sini! 

Bacaan Doa Menyambut Ramadhan Arab dan Artinya

doa menyambut bulan ramadhan dan artinya
Sumber: canva.com

Berikut ini adalah beberapa doa menyambut bulan Ramadhan dan artinya, mulai dari doa melihat hilal hingga doa meminta keberkahan ketika memasuki bulan Ramadhan. Yuk, simak dan amalkan!

1. Doa Bulan Syaban Menjelang Ramadhan 

Syaban adalah bulan penuh kemuliaan sebelum memasuki Ramadhan. Ketika berada di bulan Syaban 1445 H ini, tentu kita berharap agar kita dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan. Sehingga, di bulan Syaban ini mari panjatkan doa Syaban menunju Ramadhan, berikut ini: 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballighnaa ramadhaanaa.

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.”



2. Doa Melihat Hilal Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan ditandai dengan munculnya hilal Ramadhan. Sehingga, kita dapat mengamalkan doa memasuki bulan Ramadhan Ustadz Adi Hidayat, berikut ini: 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبَّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahillaahu ‘alaina bilamni wal iimaani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu.

Artinya: “Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad)

Bacaan di atas adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Ustadz Adi Hidayat dikutip dari hadits yang disampaikan Abdullah bin Umar. 

3. Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang Shahih

Ketika hilal Ramadhan sudah terlihat dan kamu telah mengamalkan doa melihat hilal Ramadhan, selanjutnya mari amalkan doa menyambut Ramadhan dan artinya. 

Salah satu doa berikut ini dikutip dari Kitab ad-Du’a yang ditulis oleh Imam Ath-Thabrani, yaitu sebuah doa yang Rasulullah ajarkan kepada para sahabat. Berikut bacaan doanya: 

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Allahumma salimni min ramadhana wa sallim ramadhana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadan.”

Baca juga: Berikut Kumpulan Doa Menyambut Ramadhan 1442 H

4. Doa Memasuki Awal Ramadhan 

Selain beberapa doa di atas, berikut ini juga ada doa memasuki awal Ramadhan  yang diajarkan oleh Imam Abdul Aziz bin Abi Rawd: 

doa menyambut bulan ramadhan dan artinya
Sumber: Dokumentasi Evermos

Allahumma adhalla syahru ramadhana wa hadhara, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allahummarzuqnii shiyamahu wa qiyamahu shabran wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a’idzni fihi minassaamati wal fatrati wal kasali wan nu’asi, wawaffiqnii fihi li lailatil qadri waj’alha khairan min alfi syahrin.

Artinya: “Ya Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadan. Ya Allah, anugerahilah aku kesabaran dan niat ikhlas mengharap pahala dan ridha-Mu atas puasaku dan shalat malamku, (Ya Allah), anugerahilah aku di bulan Ramadhan ini kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan semangat, (Ya Allah), lindungilah aku di bulan Ramadhan ini dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan banyaknya kantuk, (Ya Allah), berikanlah aku taufiq agar aku mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadhan ini, dan jadikanlah (pahala di malam itu) lebih baik dari seribu bulan.”

5. Doa Minta Berkah di Bulan Ramadhan

Sebagai umat Muslim, tentu kita mengharapkan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini. Untuk itu, berikut ini doa minta berkah di bulan Ramadhan yang bersumber dari Abu Musa Al Asy’ari yang diriwayatkan dari hadits Imam Bukhari dan Muslim, berikut ini: 

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Allahummaghfirli khothiati wa jahli wa isrofi fi amri wama anta a’lamu bihi minni, Allahummaghfirli jaddi wa hezli wa khoto-i wa ‘amdi wa kullu zalika ‘indi, Allahummaghfirli ma qoddamtu wama akhkhortu wama asrortu wama a’lantu wama anta a’lamu bihi minni antal muqoddimu wa antal muakhkhiru wa anta ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaan ku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Baca juga: Doa Akhir Ramadan Ini, Amalkan 10 Hari Terakhir Agar Puasa Diterima.

Selain Doa, Ini 5 Persiapan Penting Menyambut Ramadhan 2024

doa menyambut bulan ramadhan dan artinya
Sumber: canva.com

Itulah doa-doa menyambut bulan Ramadhan dan artinya yang dapat kamu amalkan di bulan Syaban menjelang bulan Ramadhan 2024. Tentunya, kita berbahagia untuk memasuki bulan Ramadhan. 

Untuk itu, selain berdoa juga ada beberapa persiapan penting menyambut Ramadhan. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Melunasi Hutang Puasa di Ramadhan Tahun Sebelumnya 

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi seluruh umat Muslim yang berakal, baligh dan sehat. Sehingga, jika Ramadhan tahun lalu ada puasa yang belum terlaksana, maka wajib hukumnya untuk diganti. 

Nah, sebelum menyambut Ramadhan 2024 ini, maka kamu perlu memastikan bahwa seluruh hutang puasa di tahun sebelumnya sudah diganti, ya!

2. Mempersiapkan Fisik dan Jasmani yang Sehat 

Persiapan selain doa menyambut bulan Ramadhan dan artinya yang kedua yaitu menjaga fisik dan jasmani agar tetap sehat. Kedua aspek tersebut penting sebab pada bulan Ramadhan kita akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam. 

Sehingga, tak hanya kuat menahan lapar dan haus, dengan mempersiapkan kesehatan jasmani dan fisik kita juga dapat menjaga hawa nafsu lainnya seperti emosional, perkataan hingga perbuatan yang tidak baik. 

3. Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan

Persiapan menyambut bulan Ramadhan yang ketiga yaitu dengan mandi keramas. Hukum mandi keramas menjelang puasa adalah sunnah dan tidak wajib, sebab kegiatan ini sudah menjadi tradisi umat Islam. 

Tujuan mandi keramas menjelang Ramadhan adalah untuk menyucikan jiwa dan raga dari berbagai najis agar siap untuk menjalankan ibadah puasa. Tata cara mandi keramas ini sama dengan mandi besar. 

Namun, terdapat beberapa tambahan doa yang dapat kamu baca disini: Tata Cara dan Niat Mandi Puasa Ramadhan yang Benar, Muslim Patut Tahu! 

4. Melakukan Ziarah Kubur 

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 2024, kamu juga dapat melakukan ziara kubur yang hukumnya adalah sunnah. Tujuan ziarah kubur yaitu sebagai pengingat diri sendiri akan kematian dan akhirat. 

Melakukan ziarah kubur sebelum Ramadhan ini memang sudah menjadi tradisi beberapa kelompok umat Muslim. Namun, sebetulnya ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja dan tidak harus saat Ramadhan. 

Jika kamu ingin melakukan ziarah kubur dalam rangka menyambut Ramadhan, mari simak adab ziarah kubur disini: Perhatikan 8 Adab Ziarah Kubur Sesuai dengan Ajaran Islam

5. Persiapan Kebutuhan Ramadhan Sehari-Hari

Persiapan terakhir untuk menyambut Ramadhan 2024 adalah dengan menyiapkan kebutuhan Ramadhan sehari-hari, seperti daftar menu sahur dan buka puasa, perlengkapan ibadah dan persiapan keuangan. 

Selain itu, persiapan keimanan juga tak kalah penting, mulai dari mengetahui doa dan amalan yang dapat dilaksanakan hingga target ibadah di bulan suci Ramadhan 2024.

Itulah beberapa doa menyambut bulan Ramadhan dan artinya yang dapat kamu baca serta amalkan. Selamat menyambut bulan Ramadhan dan menunaikan ibadah puasa!

Untuk membaca informasi menarik lainnya terutama mengenai Ramadhan, kamu bisa kunjungi blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)