Inilah Doa Keramas Mau Puasa Ramadhan yang Harus Anda Tahu

Doa keramas mau puasa Ramadhan – Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam, di mana selama sebulan penuh mereka berpuasa dari fajar hingga maghrib. 

Selama Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik untuk mendapatkan pahala yang lebih besar. 

Salah satu amalan baik yang dapat dilakukan selama Ramadhan adalah doa keramas saat berpuasa.

Doa keramas saat berpuasa adalah doa yang dilakukan sebelum atau sesudah mandi untuk membersihkan diri. 

Doa ini dilakukan dengan tujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan, kesucian, dan kebaikan pada diri yang bersih setelah mandi.

Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui doa keramas mau puasa Ramadhan, berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Doa Keramas Mau Puasa Ramadhan dan Sesudah Keramas

Doa Keramas Mau Puasa Ramadhan
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah doa keramas mau puasa Ramadhan dan doa setelah keramasnya:

1. Doa sebelum keramas

اللّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُسْلِ وَ الْهَرَمِ وَ الْمَأْثَمِ وَ الْمَغْرَمِ، اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَ الآخِرَةِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, kegagalan, dosa, dan kemiskinan. Ya Allah, berikanlah aku kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat.”

2. Doa setelah keramas

أَشْهَدُ أنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku juga bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan bersih dari dosa.”

Kedua doa ini dapat diucapkan secara berulang-ulang selama mandi atau keramas, dengan harapan agar Allah SWT memberikan keberkahan dan kesucian pada diri kita.

Selain itu, selama berpuasa Ramadhan, disarankan untuk memperbanyak doa dan ibadah, termasuk membaca Al-Quran, sholat tarawih, dan berdzikir. 

Dengan melakukan amalan baik ini, diharapkan umat Islam dapat mendapatkan keberkahan dan pahala yang lebih besar selama Ramadhan.

Sunnah yang Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Doa Keramas Mau Puasa Ramadhan
Sumber: google.com/bersosial

Selain dengan keramas, ada juga beberapa sunah yang bisa dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan:

  1. Berpuasa di bulan Sya’ban: Puasa di bulan Sya’ban dapat mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk menghadapi ibadah puasa di bulan Ramadhan.
  2. Memperbanyak istighfar: Istighfar atau memohon ampun kepada Allah SWT, baik secara lisan maupun batin, dapat membantu membersihkan hati dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.
  3. Memperbanyak sedekah: Sedekah atau memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan dapat membantu meningkatkan kebaikan dan keberkahan di dalam hidup.
  4. Membaca Al-Quran: Memperbanyak membaca Al-Quran, baik secara individu maupun berjamaah, dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di dalam diri.
  5. Memperbanyak doa: Berdoa kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh dapat membantu memperbaiki hubungan dengan-Nya dan meningkatkan keimanan.
  6. Menjaga kesehatan: Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk beribadah selama bulan Ramadhan.
  7. Merapikan shalat: Merapikan shalat, baik secara waktu maupun kualitas, dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan.
  8. Memaafkan: Meminta maaf dan memaafkan orang lain dapat membantu membersihkan hati dan meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama.

Apa Hukum Mandi Wajib untuk Menyambut Bulan Ramadhan?

Doa Keramas Mau Puasa Ramadhan
Sumber: google.com/bersosial

Selain dengan keramas, salah satu kebiasaan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah mandi wajib, namun apa hukumnya?

Melansir dari detik.com mandi wajib sebelum puasa Ramadhan tidak termasuk ke dalam hal yang diharuskan jelang bulan suci. Sebab, mandi wajib hanya disyariatkan untuk mereka yang berhadats besar dan hendak melakukan ibadah.

Walau begitu, dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri disebutkan mengenai anjuran mandi saat malam bulan puasa. Namun, mandi tersebut merupakan mandi sunnah, bukan mandi wajib

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu,” tulis kitab tersebut.

Dengan demikian, tidak ada keharusan mengenai mandi wajib sebelum bulan puasa. Hanya saja, terdapat anjuran mandi sunnah yang berlaku pada setiap bulan Ramadhan.

Demikianlah pembahasan tentang doa keramas mau puasa Ramadhan. Jangan lupa untuk selalu kunjungi situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel Islami menarik lainnya. Semoga bermanfaat!


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?