Tata Cara dan Niat Mandi Puasa Ramadhan, Muslim Patut Tahu!

Ramadan akan tiba besok hari. bulan ini adalah bulan penuh pahala dan berkah. Maka, tidak heran, jika para umat muslim tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menyambut datangnya Ramadan. salah satunya dengan menyucikan diri yang merupakan bagian dari sunnah dan bentuk iman. Untuk itu, mari kita simak tata cara dan niat mandi puasa ramadhan yang merupakan sunnah berikut ini.

Dalam rukun puasa Ramadhan sebenarnya tidak ada syarat atau aturan khusus untuk mewajibkan mandi besar jelang bulan Ramadan. Karenanya, perintah mengenai mandi sebelum puasa Ramadan bukan suatu kewajiban yang harus dilakukan.

Tujuan mandi ini adalah membersihkan diri dari berbagai hadas sebelum melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.  Oleh karena itu, dengan membaca niat mandi puasa ramadhan, kegiatan mensucikan diri bisa Anda lakukan secara sah sesuai syariat islam.

Oleh karena itu, mari langsung saja kita simak ulasan mengenai niat mandi puasa ramadhan serta tata caranya berikut ini.

Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan

niat mandi puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

1. Baca Niat Mandi Puasa Ramadhan

Urutan cara pertama adalah membaca niat mandi puasa Ramadhan. Niat ini bisa dibaca hanya dalam hati saja.

Bacaan niat inilah yang menjadi pembeda dengan mandi wajib karena junub berhubungan badan atau hadas besar haid dan nifas.

Bacaannya adalah sebagai berikut

Niat Mandi Puasa Ramadhan

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona sunatallillahi ta’alla.

Artinya: “Aku berniat mandi sunah sebelum bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Niat Mandi Puasa Ramadhan Karena Hadats Besar

Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbari Fardhan Lillaahi Ta’aala.

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah ta’ala.”

Doa mandi wajib usai berhentinya darah nifas

Nawaitul Ghusla Lirafil Hadatsil Nifasi Lillahi Ta’ala.

Artinya : “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah ta’ala.”

Doa mandi wajib usai masa haid

Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Haidil Lillahi Ta’ala.

Artinya :“Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

2. Membasuh Kedua Telapak Tangan

Selanjutnya siram dan bersihkan telapak tangan, dimulai dari kanan dan diikuti tangan kiri.

Lakukan gerakan membasuh kedua telapak tangan ini sebanyak tiga kali, seperti hendak berwudhu sebagaimana disebutkan pada hadist berikut

“Nabi Muhammad SAW melakukan mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya tiga kali…” (HR. Muslim)

3. Membersihkan Kemaluan

Setelah menyiram telapak tangan, langkah berikutnya adalah  membersihkan kemaluan. Bersihkan kemaluan dari kotoran seperti hadas besar, hadas kecil, dan air mani menggunakan tangan kiri.

4. Berwudhu

Mandi menjelang puasa Ramadhan akan sempurna dengan melakukan wudu, seperti ketika kita akan melaksanakan shalat.

5. Membasahi Rambut

Siram bagian kepala sebanyak tiga kali. Pastikan air membasahi seluruh bagian rambut. Mulai dari kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri.

6. Menyiram Seluruh Tubuh

Langkah berikutnya adalah menyiram air ke seluruh tubuh. Usahakan, semua bagian tubuh harus terkena basah dengan air. Gerakannya dimulai dari sisi kanan tubuh, kemudian lanjut ke sisi bagian tubuh yang kiri.

Waktu Mandi Wajib Puasa Ramadhan

niat mandi puasa ramadhan
sumber : shutterstock.com

Adapun waktu terbaik untuk melaksanakan mandi sunah awal Ramadan ini adalah pada sore hari saat keesokkannya mengawali puasa. Pilihan terakhirnya, bisa juga dilaksanakan saat malam hari ketika hari besokknya kamu akan berpuasa.

Setelah membersihkan diri dengan keramas puasa Ramadan, maka Anda bisa melanjutkan segala rangkaian ibadah di bulan Ramadan.

Demikian ulasan mengenai niat mandi puasa ramadhan. Semoga dengan adnaya artikel ini bisa bermanfaat dan meningkatkan keimanan kita.

Selamat berpuasa, semoga selalu berkah dan dilindungi Allah!

Untuk melengkapi perlengkapan ibadah, Anda bisa mendapatkan ragam produk kebutuhan muslim sehari-hari di Aplikasi Evermos. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk ini loh dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Mau bisnis tapi masih belum punya modal cukup? Di Evermos Anda bisa di modalin, cukup install dan download aplikasinya untuk bergabung jadi reseller di Evermos!

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok  atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai Doa Niat mandi puasa ramadhan. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

 

×