Bacaan Doa Niat Puasa dan Ketentuannya | Lengkap Dengan Artinya

doa niat puasa

Tanggal 1 Ramadan akan segera tiba esok hari. Menyambut puasa jadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim. Oleh karena itu, banyak persiapan yang perlu dilakukan salah satunya adalah menyiapkan doa niat puasa.

Niat merupakan salah satu rukun puasa yang mana wajib dilaksanakan karena bila ditinggalkan maka puasanya bisa menjadi tidak sah. Oleh karena itu, mari kita simak bacaan doa niat puasa pada ulasan berikut ini.

Doa Niat Puasa

doa niat puasa

sumber : shutterstock.com

Imam An Nawawi pernah menjelaskan secara bahasa bahwa niat (النية) dalam bahasa Arab berarti menginginkan sesuatu atau bertekad untuk mendapatkannya. Sedangkan menurut Imam Al Baidhawi, niat adalah dorongan hati untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan.

Jadi, Niat adalah penegasan status fardu dari puasa Ramadan. Selain itu, hal ini menunjukkan adanya kejelasan dari suatu ibadah, bukan sekadar kehendak menunaikannya.

Oleh karena itu, membaca niat puasa Ramadan penting untuk dikerjakan. Bacaan niat puasa ini wajib diucapkan meskipun di dalam hati. Namun, pelafalan niat puasa sangat dianjurkan

Karena sebagaimana diriwayatkan dalam hadis riwayat Umar ibn Al-Khattab RA, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya…,” (HR. al-Bukhari).

Oleh karena itu langsung saja kiita simak bacaan doa niat puasa berikut ini

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’aala.

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Baca Juga : Doa Makan Sahur dan Hal yang Harus Diperhatikan Soal Makanan Sahur

Waktu Membaca Doa Niat Puasa

doa niat puasa

sumber : shutterstock.com

Namun perlu diingat, bahwa doa niat puasa Ramadhan harus dilakukan di malam hari atau sebelum fajar (sebelum waktu subuh). Jadi, jika Anda membacakan niat di pagi hari maka membuat puasa tidak sah.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَنْ لَمْ يُجْمِعِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ

Barangsiapa yang tidak membulatkan niatnya untuk berpuasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, Tidrmidzi dan Ahmad)

Jika niat dibaca di luar waktu tersebut atau selepas fajar terbit, kecuali tanpa kesengajaan ibadah puasa dapat dianggap tidak sah.

Maksud dari tanpa kesengajaan ialah bahwa hal ini tidak berlaku bagi mereka yang lupa atau tertidur sehingga tidak membaca niat puasa pada waktunya.

Hukum Membaca Doa Niat Puasa

doa niat puasa

sumber : shuttertock.com

Ada beberapa pendapat ketentuan terkait membaca Doa Niat Buka Puasa Ini.

Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan bahwa menurut madzhab Syafi’i, Hanbali dan Hanafi, niat puasa Ramadhan harus diperbarui setiap hari puasa, pada malam hari sebelum tiba waktu fajar.

Menurut madzhab Syafi’i, niat puasa Ramadhan tidak bisa diwakili dengan makan sesuatu pada saat sahur. Kecuali jika saat makan sahur terbetik dalam pikirannya bahwa besok akan berpuasa. Sedangkan menurut madzhab Hanafi, niat puasa Ramadhan bisa diwakili dengan makan sahur. Kecuali jika saat makan itu berniat bukan untuk berpuasa.

Tidak hanya sebagai rangkaian dalam syarat sah puasa saja. Ternyata Doa niat puasa ini juga memiliki beberapa manfaat dan keutamaan yakni sebagai berikut

Keutamaan Membaca Niat Puasa Ramadhan

Membaca niat merupakan suatu hal yang sangat penting. Sebab, membaca niat, termasuk niat puasa Ramadhan, dilakukan untuk membedakan antara ibadah dengan selain ibadah. Apakah amalan yang dilakukan untuk mencari ridha Allah atau untuk hal lainnya. Terlepas dari tujuannya tersebut, membaca niat puasa Ramadhan wajib untuk diamalkan.

Disamping itu, ada beberapa keutamaan membaca niat puasa Ramadhan, di antaranya:
1. Niat Lebih Utama daripada Ibadah
Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda dengan penggalan sebagai berikut:
“فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله عنده حسنة كاملة.
Artinya: “Maka apabila seseorang berniat melakukan sesuatu kebaikan lalu tidak jadi melaksanakannya, Allah akan mencatat pahalanya di sisi-Nya satu kebaikan sempurna.
Hadits tersebut menjelaskan bahwa meskipun amal sangat penting, ada hal yang lebih utama daripada itu, yakni niat. Karena itu, membaca niat puasa Ramadhan penting untuk diamalkan sehingga ibadah puasa yang dijalani semakin dipenuhi dengan keberkahan.
2. Niat Menyempurnakan Amal
Tsabit Al-Banani mengungkapkan, niat seseorang lebih sempurna dari amalnya. Seorang Mukmin berniat melakukan ibadah pada waktu malam, berpuasa di siang hari dan mendermakan sebagian hartanya namun dirinya tidak mengikuti semua itu. Maka, niatnya jadi sempurna dari amalnya. (Hilyah Al-Auliya (2/326)).
3. Mendapatkan Kebahagiaan Dunia Akhirat
Sama halnya dengan ibadah lain, seseorang yang membaca niat puasa Ramadhan dijanjikan kebahagiaan dunia dan akhirat oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Isra ayat 18-19 berikut ini:
مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ الۡعَاجِلَةَ عَجَّلۡنَا لَهٗ فِيۡهَا مَا نَشَآءُ لِمَنۡ نُّرِيۡدُ ثُمَّ جَعَلۡنَا لَهٗ جَهَنَّمَ‌ۚ يَصۡلٰٮهَا مَذۡمُوۡمًا مَّدۡحُوۡرًا (18) وَمَنۡ اَرَادَ الۡاٰخِرَةَ وَسَعٰى لَهَا سَعۡيَهَا وَهُوَ مُؤۡمِنٌ فَاُولٰۤٮِٕكَ كَانَ سَعۡيُهُمۡ مَّشۡكُوۡرًا (19)
Siapa yang menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki. Kemudian Kami sediakan baginya (di akhirat) neraka Jahanam, dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan siapa menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh, sedangkan dia beriman, maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai doa niat puasa dan ketentuannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Untuk melengkapi perlengkapan ibadah, Anda bisa mendapatkan ragam produk kebutuhan muslim sehari-hari di Aplikasi Evermos. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk ini loh dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

 

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai Doa Niat Puasa. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×