Berapakah Berat Badan Ideal Tinggi 170 CM? Begini Hitungannya!

Berat badan ideal tinggi 170 – Memiliki tinggi dan berat badan ideal adalah impian semua orang. Namun apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan dan tinggi badan ideal?

Cara menentukan berat badan dan tinggi badan ideal tidak bisa sembarangan. Ada cara dan perhitungan yang harus dilakukan. 

Misalnya Anda memiliki tinggi badan 170 cm, berapakah berat badan yang ideal untuk tinggi badan 170 tersebut?

Jika Anda belum mengetahuinya, simak artikel berikut ini tentang berat badan ideal tinggi 170 dan cara yang tepat untuk memiliki berat badan ideal.

Berat Badan Ideal Tinggi 170 cm adalah?

Berat Badan Ideal Tinggi 170
Sumber: unsplash.com

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak, Anda bisa melakukannya dengan cara menghitung dengan rumus berikut ini.

Rumus atau perhitungan tersebut tentu berbeda antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu rumus tersebut disebut dengan rumus Broca.

Rumus ini pertama kali diciptakan atau ditemukan oleh Paul Broca, oleh karena itu rumus ini dinamakan rumus Broca.

Berikut ini adalah rumus Broca yang bisa Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal laki-laki dan perempuan.

1. Rumus Broca berat badan ideal tinggi 170 untuk laki-laki

Berat badan ideal (kg) = [Tinggi badan (cm)] – 100] – [Tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Contohnya: Anda memiliki tinggi badan 170 cm, maka berapakah berat badan ideal Anda?

(170 – 100) – [(170 -100) x 10%]

= 70 – 7

= 63

Jawabannya adalah 63. Jadi berat badan ideal tinggi 170 cm adalah 63 kg.

2. Rumus Broca untuk perempuan

Berat badan ideal (kg) = [Tinggi badan (cm)] – 100] – [Tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contohnya: Anda memiliki tinggi badan 158 cm, berapakah berat badan ideal Anda?

(158 – 100) – [(158 -100) x 15%]

= 58 – 8,7

= 49,3

Jawabannya adalah 63. Jadi berat badan Anda yang ideal jika memiliki tinggi badan 158 cm adalah 49,3 kg.

Berat Badan Ideal Tinggi 170 cm adalah? Inilah Cara Meninggikan Badan Alami

Berat Badan Ideal Tinggi 170
Sumber: unsplash.com

Jika Anda ingin memiliki tinggi badan yang ideal, berikut ini adalah cara meninggikan badan secara alami dan sehat:

1. Atur pola makan

Jika Anda ingin memiliki tinggi badan yang baik, maka harus bisa mengatur pola makan. Pola makan yang bagus adalah yang mengandung banyak vitamin dan juga mineral.

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, atau biji-bijian, dan hindari makanan yang mengandung gula tinggi atau lemak trans.

Selain itu cara meninggikan badan juga berpengaruh pada kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsi sumber,protein, kalsium, dan vitamin D seperti telur, ayam, ikan sarden, ikan tuna, dan daging tanpa lemak.

2. Olahraga secara rutin

Selain dengan mengatur pola makan, Anda juga bisa berolahraga secara rutin dan konsisten.

Anda bisa menjadwalkan olahraga selama minimal 30 menit dalam sehari, atau lebih bagus 1 jam per hari.

Olahraga yang Anda lakukan bisa membuat otot dan tulang semakin kuat, hal itu akan membuat pertumbuhan tinggi badan Anda semakin efektif.

Caranya Anda bisa melakukan push up dan sit up, selain itu latihan fleksibilitas seperti yoga dan bisa juga dengan latihan aerobik seperti berenang dan bersepeda.

3. Memperbaiki postur tubuh

Kemudian postur tubuh juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan. Misalnya jika Anda sering membungkukkan badan, maka akan berpengaruh kepada tinggi badan Anda. Hal ini tentu akan membuat badan lebih pendek.

Oleh karena itu usahakan untuk menjaga postur tubuh dengan selalu tegakkan punggung dan tarik pundak ke belakang baik duduk maupun berdiri.

4. Atur pola tidur yang cukup

Pola tidur sangat penting untuk membantu meninggikan badan. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin meninggikan badan secara alami untuk mengatur pola tidur.

Waktu tidur yang disarankan adalah 7-9 jam setiap harinya untuk orang dewasa. Sedangkan untuk remaja usia 14-17 tahun adalah 8- 10 jam setiap harinya.

Cara Menggemukkan Badan secara Alami

berat badan ideal tinggi 170
Sumber: pexels.com

1. Konsumsi karbohidrat lebih banyak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Karena dengan mengkonsumsi karbohidrat yang lebih banyak akan membuat lebih banyak asupan kalori yang sangat berguna untuk menggemukan badan.

Mencari karbohidrat bukan hal yang sulit, karena sumber karbohidrat banyak sekali seperti nasi, singkong, ubi, kentang, tepung, hingga gandum.

Meskipun Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat, tetapi jangan sampai terlalu banyak juga karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Konsumsi makanan berkalori tinggi

Kemudian jika Anda ingin menaikkan berat badan berikutnya adalah memakan makanan berkalori tinggi.

Kalori yang ada dalam tubuh Anda harus lebih dari 700 atau bahkan 1000 kalori jika ingin berat badan naik lebih cepat.

Sama seperti karbohidrat, makanan berkalori tinggi juga bisa didapatkan dengan mudah. Jenis makanan berkalori yaitu nasi, keju, paha ayam, salmon, coklat, pisang, daging merah, kurma, minyak kelapa, dll.

Namun tetap harus diperhatikan, ya. Jangan sampai Anda mengonsumsi terlalu banyak karena berbahaya bagi tubuh.

3. Jadwal makan lebih banyak

Jika biasanya Anda hanya makan 2 sampai 3 kali sehari, maka kalau ingin berat badan naik dengan cepat, makanlah lebih banyak.

Cara menggemukan badan dengan cepat dan alami dalam 1 Minggu tanpa obat-obatan yang bisa Anda lakukan adalah makan 3 sampai 4 kali sehari.

Misalnya sarapan pagi, kemudian makan siang, lalu makan sore, terakhir makan malam. Dengan pola seperti itu maka berat badan akan lebih cepat bertambah.

4. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Selain itu apabila Anda ingin berat badan lebih cepat naik, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi.

Karena protein adalah sumber utama untuk otot-otot tubuh Anda. Jika otot tubuh Anda tidak memiliki protein maka kalori yang banyak hanya akan menjadi lemak dan berbahaya.

Jika Anda ingin menggemukan berat badan dengan cepat dalam 1 Minggu, maka Anda perlu memasukkan makanan berprotein ke dalam tubuh Anda sebanyak 1,5 sampai 2,2 gram protein per kilogram berat badan Anda.

Makanan yang berprotein tinggi sangat mudah didapat, misalnya daging, telur, ikan, susu, kacang polong, dan masih banyak lagi.

Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berprotein ini, karena akan mengurangi nafsu makan karena hilangnya rasa lapar.

Demikianlah pembahasan mengenai berat badan ideal tinggi 170 cm dan cara menaikkan berat badan yang baik, semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik alinnya.

Jika Anda ingin berpenghasilan dengan diam di rumah saja langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

×