13 Jenis Tanaman Obat yang Manjur Sembuhkan Penyakit

Jenis tanaman obat – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, bahkan banyak sekali tanaman yang dijadikan sebagai obat dari segala penyakit.

Sampai-sampai salah satu penyebab Indonesia dijajah oleh beberapa negara adalah karena kekayaan alamnya.

Dahulu, sebelum orang-orang menggunakan resep dokter untuk mengobati suatu penyakit, banyak orang yang menggunakan tanaman untuk mengobati penyakitnya.

Sampai saat inipun penggunaan tanaman sebagai obat masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Apa saja tanaman obat yang bagus untuk mengobati segala penyakit? Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Tanaman Obat yang Manjur untuk Segala Penyakit

Bagi Anda yang ingin menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita, berikut ini adalah jenis tanaman obat yang manjur untuk segala penyakit:

1. Jenis tanaman obat kencur

Jenis Tanaman Obat
Sumber: google.com/bersosial

Tanaman obat yang pertama adalah kencur. Kencur atau dengan nama latinnya adalah kaempferia galanga adalah jenis tanaman obat yang memiliki banyak khasiat.

Salah satu khasiat dari kencur adalah untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan daya tahan serta stamina tubuh.

Khasiat lainnya dari obat herbal ini adalah untuk melancarkan haid, mengatasi flu, diare, masuk angin, sakit kepala, batuk, dan radang lambung.

Kencur sangat mudah ditemukan dan harganya cukup murah. Jadi Anda tak usah susah-susah mencari kencur untuk mengobati penyakit yang sedang diderita.

2. Jahe

Jenis Tanaman Obat
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian ada jahe yang menjadi obat herbal dengan khasiat yang sangat banyak. Di dalam jahe terdapat sebuah zat anti radang dan anti oksidan tinggi atau disebut dengan gingerol.

Selain itu jahe ampuh untuk mengobati sakit perut, mual, vertigo, muntah, haid, meredakan rematik dan osteoarthritis, hingga sakit kepala.

Namun, Anda jangan sampai mengkonsumsi jahe secara berlebihan agar tetap aman dan tidak mengalami resiko yang tidak diinginkan.

Penggunaan jahe yang tepat dalam satu hari adalah 5 gram atau sama dengan satu sendok teh per hari.

Karena jika menggunakan jahe terlalu banyak atau berlebihan, maka akan ada efek yang cukup buruk, yakni sakit perut, kembung, dan iritasi mulut.

3. Jenis tanaman obat temulawak

Jenis Tanaman Obat
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah temulawak. Tanaman obat satu ini adalah jenis obat herbal yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Temulawak adalah jenis obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung.

Tanaman yang dapat dijadikan obat ini juga bermanfaat sebagai penambah nafsu makan. Namun, ada efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, seperti mengakibatkan iritasi pada lambung hingga muntah.

4. Kunyit

Kunyit
Sumber: google.com/bersosial

Kunyit adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak khasiat yang ampuh untuk mengobati segala penyakit.

Selain itu kunyit juga dimanfaatkan untuk bumbu dapur, jamu, hingga produk kecantikan. Manfaat kunyit untuk kesehatan tak terlepas dari kandungan zat kurkumin.

Sebagai contoh, membantu menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kurkumin pada tanaman obat kunyit juga dapat membantu mengatasi sesak nafas, dengan cara mengurangi obstruksi jalan napas untuk melawan asma.  

Namun, orang yang punya masalah lambung, seperti maag dan GERD, serta yang sedang rutin menggunakan obat pengencer darah tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi kunyit.

5. Lidah buaya

Lidah buaya
Sumber: google.com/bersosial

Jenis tanaman obat lainnya adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman obat keluarga lainnya yang juga bermanfaat untuk kecantikan. 

Ini bisa Anda coba mengoleskannya ke kulit,rambut, atau mengkonsumsinya secara langsung.

Beberapa manfaat lidah buaya, antara lain menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati jerawat.

Umumnya, penggunaan lidah buaya pada kulit aman dilakukan untuk jenis luka yang tergolong ringan. 

Jika Anda mengkonsumsi secara langsung, perhatikan apakah muncul tanda-tanda alergi.

Wanita yang sedang hamil, ibu menyusui, dan anak berusia di bawah 12 tahun, tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara langsung.

6. Lengkuas

Lengkuas
Sumber: google.com/bersosial

Lengkuas atau laos mengandung galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid yang baik bagi tubuh.

Selain itu, jenis tanaman obat alami ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga serat.

Beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

7. Jenis tanaman obat daun kemangi

Daun kemangi
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian adalah daun kemangi. Bagi sebagian orang, daun kemangi sering dijadikan sebagai lalapan atau makanan pelengkap yang berfungsi menambah aroma pada makanan.

Namun, ternyata kemangi juga dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat dijadikan obat herbal. Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

8. Daun ketumbar

daun ketumbar
Sumber: google.com/bersosial

Daun ketumbar adalah tanaman obat yang juga mempunyai manfaat kesehatan. Beberapa studi membuktikan, daun ketumbar baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Hal ini karena kandungan di dalamnya mampu menghilangkan zat beracun pada sistem pencernaan.

9. Jeruk nipis

Jeruk nipis
Sumber: google.com/bersosial

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Umumnya, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, asam yang terkandung di dalamnya bisa mengakibatkan rasa perih pada luka serta memicu sakit maag dan GERD.

10. Jenis tanaman obat daun kumis kucing

daun kumis kucing
Sumber: google.com/bersosial

Kumis kucing umumnya juga kerap digunakan sebagai salah satu jenis tanaman obat herbal di rumah.

Jenis tanaman obat alami ini biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal, radang kandung kemih, kencing batu, diabetes, dan asam urat.

11. Sambiloto

sambiloto
Sumber: google.com/bersosial

Selain di Indonesia, ada juga obat herbal yang berasal dari Asia Selatan, yakni sambiloto. 

Sambiloto atau green chiretta, biasa juga disebut Andrographis Paniculata. Ini adalah tanaman asli negara di Asia Selatan. 

Umumnya, digunakan sebagai tanaman obat tradisional India, Ayurveda. Daun dan batang tanaman obat sambiloto dipercaya bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Ini berkaitan dengan kemampuannya mencegah virus flu.

Selain itu, orang menggunakan sambiloto sebagai obat herbal dalam membantu mengatasi pilek, osteoarthritis, radang tenggorokan, amandel, dan penyakit ulcerative colitis. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaat sambiloto.

12. Bawang putih

Bawang putih
Sumber: google.com/bersosial

Selain bisa digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Ada kandungan berupa vitamin C, vitamin B6, dan magnesium.

Kaya akan antioksidan membuat bawang putih bermanfaat meningkatkan sistem imun, meredakan flu, melawan penuaan dini, menjaga tekanan darah, serta mencegah penyakit jantung.

13. Jenis tanaman obat daun sirih

jenis tanaman herbal
Sumber: google.com/bersosial

Jenis tanaman obat yang terakhir yaitu daun sirih. Daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. 

Antioksidan tanin dalam jenis tanaman obat ini juga mempercepat respon tubuh untuk pembekuan darah dan menyembuhkan luka.

Menurut beberapa hasil penelitian, ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan, seperti, mengatasi diabetes, meredakan asma, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

Demikianlah ulasan lengkap tentang jenis tanaman obat yang manjur untuk mengobati segala penyakit. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG

×