Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri & Keluarga serta Cara Perhitungannya

Zakat Fitrah Merupakan Kewajiban para umat muslim. Zakat fitrah dalah zakat yang wajib dibayarkan umat Islam di bulan ramadan hingga waktu salat Idul Fitri tiba. Saat menunaikan pembayarannya, tentu kita harus melafalkan niatnya. Oleh karena itu, mari kita simak tata cara dan bacaan niat zakat fitrah serta cara menghitungnya pada artikel berikut ini.

Tata Cara Zakat Fitrah serta Niatnya 

niat zakat fitrah
sumber : google/bersosial

Keutamaan ibadah ini ini bahkan tercantum ke dalam rukun Islam ketiga. Adapun firman Allah SWT yang memerintahkan untuk berzakat ada pada surat al baqarah yang berbunyi :

“Dan dirikanlah zakat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala-Nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 110).

Sebagaimana kita tahu, bahwa segala suatu niat kebaikan dan ibadah senantiasa hendaknya diawali dengan bacaan niat sebagai wujud dari kesungguhan hati. Ada beberapa niat pembayaran zakat fitrah yang dapat dilafalkan seorang muslim dilihat dari kondisinya.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak bacaan niat zakat fitrah hingga cara menghitungnya pada ulasan di bawah ini

Baca Juga : Bagaimana Hukum Bayar Zakat Fitrah Online, Sah Atau Tidak?

Niat Zakat Fitrah

niat zakat fitrah
sumber : google/bersosial

Bacaan niat zakat fitrah ini dibaca sesuai dengan kondisi orang yang memberikannya. Pembagianya adal  niat zakat fitrah untuk diri sendiri, keluarga, istri, dan juga untuk anak. Adapun bacaan niatnya adalah sebagai berikut

1. Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Terjemahannya, “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

2. Niat Zakat Fitrah Untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ زَوْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

3. Untuk Anak Laki-Laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ وَﻟَﺪِيْ … ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

4. Niat Zakat fitrah untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……..(sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

5. Untuk Diri Sendiri dan Seluruh Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ وَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَ ﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋً ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

6 Untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَنْ أُﺧْﺮِجَ زَﻛَ ةَ ﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿً ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَ ﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan nama spesifik), fardhu karena Allah Taala.”

Doa Menerima Zakat Fitrah

Bagi Orang yang menerimanya pun disunnahkan untuk mendoakan pemberi zakat dengan doa yang baik. Adapun contoh doa yang bisa dilafalkan oleh penerima zakat adalah sebagai berikut

آﺟَﺮَك ﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَ َﻋْﻄَﻴْﺖَ، وَﺑَ رَكَ ﻓِﻴْﻤَ َﺑْﻘَﻴْﺖَ وَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْرً

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Syarat Zakat Fitrah :

Adapun sebelum menunaikan ibadah ini kita perlu mengetahui persyaratan wajib mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut. Beberapa persyaratan agar seseorang bisa mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut

  1. Beragama Islam
  2. Hidup pada saat bulan Ramadhan
  3. Punya kelebihan kebutuhan pokok untuk malam hari raya dan di saat hari raya Idul Fitri

Cara Menghitung Jumlah Zakat Fitrah

Di Indonesia sendiri kebijakan untuk membayar zakat fitrah sudah diatur dalam SK Ketua Baznas Nomor 27 Tahun 2020 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidyahh. Zakat fitrah yang bisa dibayarkan adalah sebesar Rp. 25.000– Rp. 40.000 perjiwa atau setara dengan 2,5 kg beras.

Untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan sekitarnya, ditetapkan nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp 40.000 per jiwa.

Waktu Untuk Membayar Zakat Fitrah

Zakat Fitrah sudah bisa dibayarkan mulai akhir bulan Ramadhan sampai dengan 1 syawal, sedangkan untuk waktu spesifiknya adalah akadnya tidak boleh melewati waktu maghrib.

Untuk tata cara pembayaran zakat Fitrah pun caranya sangat mudah. Anda tinggal menyerahkan sejumlah uang yang sudah ditentukan kepada panitia zakat fitrah yang ada di masjid daerah masing-masing.

Manfaat Zakat Fitrah

1. Mensucikan harta dan meningkatkan nilai keimanan

Secara bahasa zakat bermakna suci atau bersih. Mengeluarkan zakat artinya mensucikan harta kekayaan dunia yang kita punya. Mensucikan harta akan menjauhkan kita dari segala sifat kikir yang berasal dari dalam hati yakni sifat selalu menyimpan dan menimbun harta tanpa berniat sekalipun untuk berinfaak dan bersedekah.

Di dalam harta yang kita punya terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi lewat membayar zakat. Berzakat akan membuat harta yang kita punya menjadi berkah untuk kehidupan.

Selain itu, membayar zakat juga mengangkat derajat keimanan seseorang sekaligus membantu sesama saudara yang membutuhkan. Karena berzakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi sebagai hamba Allah SWT.

2. Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Percayalah, dengan berzakat maka tidak akan membuat rugi siapapun. Memberi dengan ikhlas atas harta yang kita miliki pada saudara yang lebih membutuhkan tidak akan membuat kita kehilangan kebahagiaan, justru Allah SWT akan memberi keberkahan dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat.

Membayar zakat fitrah juga mendekatkan diri kita pada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Dua malaikat turun setiap pagi. Yang satu berkata: ‘Ya Allah, berikan orang yang mengeluarkan sesuatu, sebagai ganti dari apa yang ia keluarkan. Dan yang lainnya berkata:‘ Ya Allah, berikan penghancuran kepada orang-orang yang kikir.” (Hadist Riwayat: Al-Bukhari)

Kamu perlu tahu, apapun yang kamu keluarkan dengan niat beramal dan ikhlas, akan kembali padamu, mungkin bukan dalam bentuk yang sama tapi yakinlah Allah SWT mempersiapkan balasan yang setimpal untuk setiap amalan.

3. Menenangkan hati dengan membantu orang lain

Ada yang namanya istilah Fastabiqul khoirot, yang artinya berlomba-lombalah berbuat kebajikan.

Salah satunya dengan kegiatan berzakat ini yang dapat melatih umat muslim untuk ikhlas.

Jika dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan dan pamrih sedikitpun maka zakat yang dikeluarkan bisa menjadi media untuk melatih diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih ikhlas dan tulus dalam melakukan kebajikan.

Membayar zakat tidak akan membuat hartamu berkurang, malah Anda akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa dalam menjalani kehidupan.

Buat Anda yang mampu secara finansial untuk mensisihkan hartanya zakat menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Baik kamu yang sudah bekerja maupun yang masih mencari pekerjaan, membantu sesama yang lebih membutuhkan jadi amalan yang mulai dan atas izin Allah SWT, setiap jalan kebaikanmu akan diberi kemudahan.

Demikianlah ulasan mengenai Niat Zakat Fitrah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kualitas ibadah dan keimanan Anda semakin meningkat. Lengkapi perlengkapan ibadah Anda untuk persiapan lebaran Anda di di aplikasi Evermos

Selain untuk penggunaan pribadi, produk produk ini pun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha. Ingin memulai bisnis online tanpa modal? maka Anda bisa mencoba bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

 

Mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai Niat Zakat Fitrah ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

×