8 Ide Menu Sarapan Sehat yang Mudah dan Praktis Untuk Memulai Aktivitas

Tahukah Anda bahwa sarapan penting bagi tubuh. Tidak hanya menambah energi, namun sarapan juga bisa meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas. Untuk itu, sarapan penting untuk dilakukan sesibuk apapun Anda. Karena itu, berikut kami berikan rekomendasi menu sarapan sehat yang mudah dan praktis.

8 Ide Menu Sarapan Sehat yang Mudah dan Praktis Untuk Memulai Aktivitas

1. Telur orak-arik

menu sarapan sehat
sumber : unsplash.com

Telur ternyata mengandung 13 nutrisi penting untuk tubuh, termasuk kandungan protei tinggi.

Penelitian mengatakan bahwa sarapan dengan menu berprotein tinggi bisa menangkal kebiasaan ngemil tidak sehat sehari-hari.

Selain itu, konsumsi cukup protein juga bisa memberikan rasa kenyang yang lama, dan menjaga massa otot.

Ditambah lagi, kuning telur yang tinggi akan kandungan vitamin B kolin, mampu meningkatkan  ketajaman memori, serta lutein dan zeaxanthin yang menjaga kesehatan mata.

Oleh karena itu, telur ini bisa menjadi Menu sarapan sehat. Telur orak-arik bisa dibilang sebagai olahan sarapan praktis namun tetap bergizi.

Anda bisa menambahkan sayuran seperti irisan wortel, jagung, jamur, ataupun keju parut untuk menambah rasa.  Jika ingin lebih kenyang, Anda bisa menggabungkannya dengan roti tawar.

Baca Juga : Wajib Coba! 8 Kuliner Nusantara yang Mampu Memanjakan Lidah Anda

2. Roti

Menu sarapan sehat
sumber : pexels.com

Roti memang sudah umum menjadi panganan sarapan di berbagai dunia. Selain menjadi sumber gizi dan energi, roti pun cukup mudah untuk diolah. Anda bisa mengoleskan selai, atau menaburkan coklat meses dan parutan keju kemudian dibakar.

Jenis Roti bakar ini sangat umum dikonsumsi sebagai makanan sarapan. Selain karena bergizi namun juga praktis untuk orang yang beraktivitas.

Baca Juga : Inilah 12 Makanan Khas Daerah Jawa Barat yang Menggugah Selera

3. Sereal

menu sarapan sehat
sumber : pexels.com

Sereal menjadi pilihan yang mudah dan praktis dan disukai oleh Anak. Makanan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang super sibuk. kamu yang super sibuk. Dikarenakan penyajiannya sangat mudah, yaitu hanya mencampur sereal dengan susu saja.

Namun jangan khawatir, dibalik makanan yang mudah ini terkandung gizi yang lengkap. Jadi jangan ragu untuk menjadikan sereal sebagai menu sarapan yang sehat dan lezat.

4. Oatmeal

menu sarapan sehat
sumber : unsplash.com

Penyajian oatmeal hampir sama dengan sereal, Namun Anda harus memasak atau menyeduh oatmel dahulu.

Oatmeal memang tidak sepopuler sereal karena rasanya yang hambar menjadi kurang diminati dan kurang umum di lidah masyarakat Indonesia. Karenanya, untuk melengkapi rasa dan gizinya, Anda bisa menambahkan potongan buah dan madu.

Semangkuk bubur oatmeal sudah mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal juga berasal dari gandung utuh yang mampu menurunkan risiko penyakit tertentu termasuk hipertensi, kolsesterol dan diabetes.

Oatmeal juga mengandung lignan yaitu senyawa kimia nabati yang bisa mencegah penyakit jantung. Selain itu, oats juga kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Namun, Anda hal yang harus Anda perhatikan jika Anda akan menyantap oatmeal siap saji. Oatmeal yang baik hanya mengandung biji gandum utuh. Untuk itu hindari oatmeal siap saji yang mengandung gula dan sodium tinggi.

5. Buah/Salad Buah

menu sarapan sehat
sumber : pexels.com

Untuk Anda yang sedang menjalani diet, cocok sekali untuk memilih buah sebagai menu sarapan Anda. Mengonsumsi potongan buah segar bisa menjadi solusi sarapan praktis dan sehat.

Buah yang bisa Anda pilih adalah seperti apel, alpukat, atau pisang. Namun Jika sarapan dengan buah kurang mengenyangkan, maka Anda bisa mengkreasikannya menjadi salad buah.

Anda bisa menambahkan yoghurt, susu kental manis, atau madu dan sedikit keju di atasnya. Buah sudah terkenal sebagai sumber vitamin, sedangkan keju sebagai sumber kalori. Sehingga, kombinasi antara keduanya pasti bisa menunjang aktivitas harian Anda.

Selain itu, Kombinasi antara buah segar dan yoghurt pun sangat baik untuk melancarkan pencernaan di pagi hari. Jadi, untuk gizinya tak perlu Anda ragukan lagi.

6. Sandwich

menu sarapan sehat
sumber : pexels.com

Selain roti tawar menjadi roti bakar, Anda juga bisa membuat sandwich untuk jadi sarapan yang cepat dan menyehatkan. Cukup siapkan bahan utama seperti telur, selada, tomat, bawang Bombay.

Begitu praktis menyiapkannya dan Anda pun bisa menyantapnya di perjalanan menuju kantor atau sekolah.

7. Susu

menu sarapan sehat
sumber : unsplash.com

Menu sarapan sehat yang satu ini memang sudah terkenal kemudahan dan gizinya. Cukup hanya dengan segelas susu, Anda sudah bisa  memenuhi kebutuhan energi pagi hari agar semangat bearktivitas. Jadi, jangan lupa untuk selalu lengkapi sarapanmu dengan susu, ya.

8. Teh

menu sarapan sehat
sumber : pexels.com

Minuman teh bisa menjadi alternatif yang baik untuk sarapan Anda. Hal ini karena teh kaya akan property antioksidan yaitu flavonoid, yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh dan obat anti-peradangan.

Pilihlah teh melati, hijau, atau teh hitam dan jangan pakai gula. Teh cukup ampuh untuk memulai aktivitas karena kandungan L-theanine yang tinggi mampu membantu menajamkan fokus.

8 Ide Menu Sarapan Sehat yang Mudah dan Praktis Untuk Memulai Aktivitas

Demikianlah ulasan mengenai menu sarapan sehat yang mudah dan praktis untuk memulai aktivitas Anda. semoga dengan adanya artikel ini kita senantiasa memikirkan gizi kita dan lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan, ya.

Untuk membaca artikel Kesehatan menarik lainnya, Anda bsia mengunjugni situs Blog Evermos.

×
slot88