Wajib Coba! 8 Kuliner Nusantara yang Mampu Memanjakan Lidah Anda

Kuliner Nusantara

Kuliner nusantara mulai dikenal bangsa asing karena rasanya kaya akan rempah-rempah. Hal tersebut yang kemudian membuat Indonesia pantas dijuluki sebagai surganya para penikmat kuliner.

Adanya perbedaan budaya di setiap daerah di Indonesia membuat pengolahan produk makanan menjadi berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing.

Misalnya, masakan orang Sumatera yang cenderung pedas akan sangat berbeda dengan masakan Jawa yang cenderung manis.

Meskipun masakan nusantara dinilai kaya akan rempah-rempah, namun dalam proses memasaknya tidak begitu sulit karena resepnya terbilang mudah. Jadi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Penasaran dengan kuliner nusantara yang mampu memanjakan lidah? Yuk, simak pada ulasan artikel berikut ini!

Baca juga: 7 Cara Dan Tips Memulai Bisnis Kuliner Yang Pasti Menguntungkan

Kuliner Nusantara yang Mampu Memanjakan Lidah

1. Soto Betawi

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Hampir semua orang mengenal dan menyukai sajian berkuah yang satu ini, yaitu Soto khas Betawi.

Sajian Soto khas Betawi ini agak berbeda dengan soto-soto kebanyakan, karena memiliki kuah yang lebih pekat dan nyaris menyerupai kuah sop kaki kambing.

Agar semakin enak saat menyantapnya, sajian soto khas Betawi juga ditambahkan nasi putih, sate daging asap atau sate telur puyuh.

Apalagi kenikmatannya semakin lengkap, jika dipadukan sambal yang cukup pedas di lidah.

Selain enak dan mengenyangkan, ternyata soto khas Betawi juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh lho!

2. Garang Asam Iga Sapi

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Garang asam iga berisi potongan iga sapi empuk dengan kuah yang asam segar. Rasa asam berasal dari penggunaan belimbing sayur dan tomat hijau.

Baca Juga:  5 Tips Aman Memilih Tempat Wisata Akhir Tahun Saat Pandemi

Garam asam dengan kuah bercitarasa pedas asam memang nikmat. Disajikan hangat-hangat, garang asam enak disantap dengan nasi plus iga sapi. Masakan ini pun bisa jadi hidangan spesial saat keluarga berkumpul.

Apalagi hangat segar kuahnya cocok disantap saat udara dingin. Paduan rasa asam, gurih, dan pedas tentu membuat badan lebih segar.

3. Rendang

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini. Rendang saat ini sudah sangat di kenal di berbagai pelosok dunia, bahkan rendang juga telah mewakili Sumatera Barat sebagai trendsetter di bidang kuliner.

Rendang yang merupakan makanan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging serta santan sebagai bahan utama dalam kandungan yang kaya dengan rempah-rempah ini memiliki citarasa pedas dan di sukai oleh berbagai kalangan.

Untuk memasak rendang menjadi nikmat dan lezat, harus menggunakan santan dari kelapa yang tua untuk mendapatkan rasa gurih di balik lemak yang terkandung hanya dari kelapa yang tua.

Sebenarnya memasak rendang itu gampang-gampang susah, karena tidak sembarangan memasaknya agar mendapatkan cita rasa yang khas.

4. Cumi Saus Padang

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Masakan cumi menjadi salah satu dari sekian banyak masakan laut paling digemari. Selain rasanya lezat, cumi memiliki tekstur dan daging yang kenyal. Tak heran banyak orang menyukai berbagai resep masakan cumi.

Cumi bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti cumi asam manis, cumi goreng tepung, oseng cumi atau yang paling digemari yaitu cumi saus padang.

Perpaduan antara daging cumi yang kenyal dengan saus padang yang pedas, menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya.

Pada umumnya saus padang memiliki cita rasa yang pedas, karena kebanyakan bahan menggunakan cabai dan saus pedas.

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, sangat rekomendasi untuk mencicipi masakan nusantara yang satu ini.

Baca Juga:  Tata Cara Membayar Zakat Fitrah, Niat Serta Besaran yang Dikeluarkan

Baca juga: 6 Peluang Usaha Makanan Kekinian Dengan Omset Jutaan Rupiah

5. Bebek Betutu

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Pernahkah Anda mendengar tentang sajian kuliner Bebek Betutu? Bebek Betutu merupakan masakan kebanggaan masyarakat Bali.

Daging bebek yang diolah untuk membuat Bebek Betutu adalah bebek lokal. Betutu adalah cara masak untuk bebek yang sangat khas dari Bali.

Kuliner yang satu ini biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat.

Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang. Kemudian bebek dikukus selama 1 jam dan di panggang selama 45 menit dengan suhu sedang.

Bebek betutu dahulu digunakan pada saat jamuan upacara adat atau upacara keagamaan. Namun seiring berjalannya waktu bebek betutu banyak dijual di warung-warung makan, restoran maupun hotel-hotel berbintang.

Tidak hanya orang lokal saja yang menyukai hidangan ini, namun turis-turis asing sangat menyukai salah satu makanan khas Bali ini.

6. Mie Aceh

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner khas dari Aceh, yang memiliki cita rasa yang sangat pedas.

Hidangan ini menggunakan bahan utama mie, dengan jenis mie yaitu mie kuning tebal, yang dicampur dengan bumbu-bumbu spesial khas Aceh.

Mie Aceh biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti udang dan cumi, dengan kuah sup sejenis kari yang gurih dan pedas.

Lalu ditaburi bawang goreng, kerupuk melinjo, irisan bawang merah mentah, cabai rawit mentah, potongan mentimun, dan jeruk nipis. Bagaimana, sudah terbayang kan kelezatannya?

7. Tongseng

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Tongseng merupakan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih “tajam”. Perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya.

Baca Juga:  Ampuh! Sindiran Halus Kata Bijak untuk Orang Sombong

Hidangan ini dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Tongseng pada umumnya menggunakan daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi.

Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, tomat dan kecap. Bumbunya merupakan oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada.

Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing. Tongseng dianggap sebagai makanan khas daerah Solo, Magelang dan sekitarnya.

8. Rawon

Kuliner Nusantara

Sumber: google/bersosial

Rawon merupakan makanan tradisional dari Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam.

Warna hitam dari kuah Rawon ini terbuat dari kluwak dan dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera.

Rawon ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dan menjadi salah satu icon kuliner di Jawa Timur.

Hidangan ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge kecil yang sudah direbus terlebih dahulu.

Untuk penambah rasa, kita bisa menambahkan seperti daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai dengan selera kita.

Rawon ini sangat pas bila disantap selagi hangat bersama menu lain seperti kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Nah, itulah beberapa masakan atau kuliner nusantara yang mampu memanjakan lidah kita. Untuk masakan nusantara sendiri memiliki begitu banyak variasi dalam hal bumbu dan resep masakan.

Maka tidak heran, jika masakan nusantara sering menjadi topik atau pilihan menu yang menjanjikan dan tidak akan membuat bosan.

Dan hampir setiap daerah di nusantara memiliki masakan nusantara sendiri yang sesuai dengan karakter masyarakat di daerah tersebut.

Anda lebih suka masakan kuliner nusantara yang mana nih?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya hanya pada blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×