8 Makanan Khas Bengkulu yang Pedas, Asin, Manis dan Gurih

Kota Bengkulu adalah salah satu Kota di Indonesia yang kaya akan keragaman flora dan fauna. Di kota tersebut terkenal dengan keindahan bunga raksasa atau memiliki nama Bunga Rafflesia Arnoldi. Tak hanya itu, di kota yang indah dengan ragam cagar budaya dan spot wisatanya, kita dapat menemukan makanan khas Bengkulu yang nikmat dan sedap.Beberapa objek wisatanya yang seru dan unik belum lengkap tanpa adanya makanan khas daerah Bengkulu. Nah bagi Anda yang penasaran dengan apa saja makanan khas Provinsi Bengkulu berikut, yuk simak daftarnya di bawah berikut.

Apa itu Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu adalah kumpulan kuliner dan makanan yang berasal dari daerah Bengkulu. 

Sama seperti selera masyarakat Indonesia pada umumnya, cita rasa makanan khas daerah Bengkulu identik dengan rasa pedas dan gurih. 

Selain itu, makanan khas dari Bengkulu juga terbuat dari rebung, ikan, dan sebagainya yang merupakan hasil kekayaan alam di Bengkulu.

Daftar Makanan Khas dari Bengkulu

1. Lema

Salah satu makanan yang berasal dari daerah Bengkulu dan memiliki cita rasa pedas asin gurih adalah Lema.

Terbuat dari rebung yang dalam prosesnya dicincang-cincang, lalu dicampur ikan mujair atau sepat.

Kemudian adonan tersebut diaduk dan disimpan dalam wadah yang dilapisi daun pisang dan ditutup rapat.

Lema juga berbentuk gulai, walau baunya terbilang cukup unik dan tidak disukai namun siapa sangka rasanya lezat.

2. Lempok Durian

Bagi sebagian masyarakat, nama makanan Lempok Durian cukup terasa asing. Agar lebih mudah membayangkannya, lempok durian adalah sejenis dodol yang terbuat dari buah durian.

Camilan satu ini cocok untuk dinikmati bagi para pecinta durian, yang terbuat dari buah durian, gula, dan sedikit garam.

Rasa manis dan legit saat digigit menjadi cita rasa yang khas dari makanan satu ini.

3. Kue Lepek Binti

Kue Lepek Binti adalah snack ketan dengan isian daging cincang. Atau mirip dengan kuliner kue basah yaitu lemper ayam, hanya isian dan rasanya yang berbeda.

Dengan perpaduan bahan seperti adonan ketan, santan, daging giling sapi yang dibumbui tentu saja rasanya tidak akan pernah gagal.

Sajian sedap ini dapat kita nikmati dengan pendamping kopi atau teh di pagi atau sore hari. 

4. Pendap

Pendap atau biasa disebut ikan pais merupakan salah satu makanan khas di Provinsi Bengkulu. Kuliner Pendap memiliki rasa pedas dan gurih serta aroma khas daun talas yang terbungkus di dalamnya.

Makanan khas Bengkulu ini sering menjadi makanan populer bagi wisatawan dari Sumatera maupun luar Sumatera. Pendap memiliki kesamaan dengan terasi ikan, terutama dalam cara pembuatannya. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan dan daun talas sebagai pembungkus dan diikat dengan tali rafia.

5. Bagar Hiu

Mungkin jika menilai dari namanya, makanan berikut terkesan seram, namun siapa sangka rasanya sangat lezat dan nikmat.

Bagar Hiu adalah olahan daging ikan hiu dengan bumbu rempah. Dan tidak semua hiu bisa dijadikan hiu. Hanya Hiu Punai dan Tanduk yang bisa dibuat menjadi Bagar Hiu Bengkulu. Seperti menu rendang sapi pada umumnya, menu hai bagar disajikan dengan sedikit saus. Karena ikan hiu merupakan ciri khas masakan Bengkulu dan sampai saat ini masih banyak yang menyukainya

6. Bubur Sekoi

Sekoi atau bubur biji barley dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang beragam sehingga bermanfaat untuk berbuka puasa. 

Uniknya, bubur Sekoi umumnya hanya dijual saat bulan Ramadhan saja, karena bubur ini kaya akan vitamin dan sangat cocok dijadikan menu buka puasa. unik dan enak. 

Pedagang kaki lima yang menjual bubur Sekoi rata-rata bisa menjual tidak kurang dari 300 porsi bubur jelai sehari.

Kandungan gizi yang terkandung dalam Sekoi antara lain karbohidrat 84,2 persen, protein 10,7 persen, lemak 3,3 persen, serat 1,4 persen, Ca 37 mg, Fe 6,2 mg, vitamin C 2,5, vitamin B1 0, 48 dan vitamin B2 0,14.

Bubur sekoi yang lezat ini sangat cocok untuk sobat kuliner yang memiliki hobi memasak dan menyiapkan makanan sehat untuk keluarga. Bubur sekoi ini sangat cocok dinikmati saat Anda dan keluarga bersantai bersama sambil menonton TV di rumah.

7. Lemang Tapai

Lemang sendiri adalah makanan dari beras ketan yang dimasak dengan cara ditaruh di dalam bambu dan dibakar.

Makanan yang terdiri dari dua bahan dasar yang sama yaitu beras ketan bila lemang dibuat dari beras ketan putih sedangkan tapai dibuat dari beras ketan hitam.

Sedangkan tapai yang biasa disantap berpasangan dengan lemang adalah tapai ketan hitam yang difermentasi dengan ragi.

Saat memasak lemang, beras ketan putih diletakkan di dalam bambu yang terlebih dahulu dilapisi dengan daun pisang, yang kemudian ditambahkan garam, santan dan berbagai bumbu khas lainnya dan dipanggang dengan bara api hingga matang.

Sedangkan tapai adalah proses fermentasi ketan hitam yang kemudian disebut tapai, proses pembuatan tapai memakan waktu sekitar 2 hari.

Biasanya, makanan ini banyak dijumpai saat bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa.

8. Gulai Pisang

Gulai pisang merupakan masakan khas Bengkulu. Meski tidak diketahui secara pasti kapan kemunculannya, namun diyakini sebagai makanan peninggalan nenek moyang zaman dahulu. Dari segi rasa, gulai pisang memang enak untuk disantap. 

Untuk menyiapkan kari pisang, Anda membutuhkan sejumlah bahan. 

Bahannya adalah satu kilogram lokan, satu sisir pisang, dan setengah kilogram santan. Rasanya tidak diragukan lagi, enak!

Nah itulah beberapa kuliner khas daerah Bengkulu yang dapat Anda coba ketika mengunjungi Bengkulu atau sebagai referensi oleh oleh dari Bengkulu. Jangan lupa untuk mencoba semuanya, ya!

Share artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkan informasi berikut.

Mau cari penghasilan tambahan yang jamin halal dan berkah? Tidak perlu khawatir, Anda bisa bergabung jadi reseller di Evermos tanpa modal atau GRATIS sekarang juga.

Raih komisi penghasilan dari Rp20.000 hingga Rp170.000 setiap produknya!

Yuk, klik tombol di bawah ini dan lakukan pendaftaran hanya sampai 1 menit saja. 😎

DAFTAR DISINI SEKARANG

×